Thursday, 01 October, 2020

10 Negara Dengan Gaji Dokter Tertinggi Di Dunia



Gaji dokter
Gaji dokter

Ajaib.co.id – Bukan rahasia lagi jika profesi dokter memiliki gaji yang cukup besar. Bahkan di Indonesia sendiri, penghasilan dokter bisa mencapai puluhan juta untuk profesi dokter spesialis. Diberitakan CNN Indonesia, gaji dokter di Indonesia bisa mencapai Rp11,2 juta per bulan.

Untuk bisa mendapatkan gelar sebagai dokter adalah perjalanan yang tidak mudah. Masuk di universitas ternama dan lulus dari jurusan kedokteran adalah hal yang harus ditempuh jika seseorang ingin jadi dokter.

Biaya yang dikeluarkan pun tidak murah, biaya untuk dua semester dalam jurusan kedokteran bisa menelan biaya hingga ratusan juta rupiah. Bisa dibayangkan apa yang terjadi jika mendapatkan gaji di bawah rata-rata. Apalagi dengan jam kerja yang bisa dibilang berat sampai 40 jam per minggu. Tentu gaji yang diharapkan harus seimbang.

 Jika kamu tertarik untuk menjadi dokter dan mampu untuk menempuh pendidikan di jurusan kedokteran, daftar negara dengan gaji dokter tertinggi di negara-negara ini mungkin menarik minat untuk bersekolah kedokteran. Bisa jadi setelahnya bisa bekerja sebagai dokter di luar negeri karena gaji besar yang ditawarkan. Berikut sepuluh negara dengan gaji dokter tertinggi saat ini:

1. Selandia Baru

 Berbicara mengenai gaji dokter tertinggi, Selandia Baru adalah salah satu negara yang memiliki teknologi kedokteran yang maju dari negara tetangganya, Australia. Selandia Baru memiliki jumlah besaran gaji dokter umum hingga spesialis tersendiri sesuai rekomendasi dan layanan yang diberikan.

 Dari data mengenai gaji dokter, Selandia Baru memiliki gaji untuk profesi ini tertinggi ke-10 yaitu dengan rata-rata gaji sebesar $138.000, setara dengan Rp.2 miliar per tahun. Dengan bahasa Inggris yang menjadi bahasa utama di negara ini, mungkin negara ini cocok untuk menjadi negara tujuan pendidikan untuk menempuh gelar dokter.

 2. Israel

 Sebagai salah satu negara yang memiliki prioritas pelayanan publik, Israel memiliki berbagai teknologi yang canggih untuk urusan kesehatan. Teknologi kesehatan di negara ini tergolong maju daripada negara-negara tetangganya.

 Rumah sakit dan klinik di Israel sangat peduli untuk menyediakan alat kesehatan dan fasilitas kesehatan terbaik untuk pasien yang berobat di sana. Banyak orang yang membutuhkan layanan kesehatan termaju untuk berobat di negara ini.

Dengan rata-rata gaji pokok dokter sebesar $147.000, setara dengan Rp2,1 miliar per tahun, menempuh pendidikan dan berkarir sebagai dokter cukup menjanjikan di negara ini. Israel memiliki universitas kedokteran yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya.

 3. Jerman

Sebagai negara dengan kekuatan ekonomi modern yang maju di benua Eropa, Jerman berada di posisi ke-8 dengan gaji dokter tertinggi di dunia. Rata-rata gaji dokter di negara ini bisa mencapai $150.000, setara dengan Rp2,3 miliar per tahun.

 Gaji dokter di negara ini juga didanai oleh pemerintah dengan sistem keuangan yang kompleks. Seperti layaknya di Indonesia yang punya Program Nusantara Sehat yang diatur oleh undang-undang. Jadi, jika kamu ingin menjadi dokter di Jerman, sangat disarankan untuk belajar bahasa Jerman agar komunikasi dengan pasien menjadi lancar.

Seperti kebanyakan negara di Eropa, bahasa Inggris adalah bahasa kedua yang tidak banyak digunakan oleh negara-negara di Eropa. Meskipun banyak juga yang bisa berbahasa Inggris, namun kebanyakan orang tidak dapat mengkomunikasikan bahasa Inggris dengan lancar.

 4. Belanda

 Tepat di seberang negara Jerman, negara yang memiliki sisi historis dengan negara Indonesia ini memberikan gaji dokter-dokter yang berada di negara itu dengan cukup layak. Berada di posisi ke-7, seorang dokter bisa mendapatkan gaji sebanyak $171.000 per tahun, setara dengan Rp2,5 miliar, menurut Euro Health Consumer Index (EHCI).

 Belanja menjadi salah satu negara yang menawarkan sistem kesehatan terbaik di Eropa. Tidak hanya itu, di negara ini, pendidikan untuk mendapatkan gelar kedokteran adalah salah satu pendidikan terbaik di dunia.

 5. Inggris

 Sejak terbentuknya National Health Service (NHS) di tahun 1948, Inggris menjadi salah satu negara yang memiliki sistem kesehatan yang bebas diakses oleh siapapun dan kualitas pelayanannya yang lebih murah dari negara-negara lain. Terlepas dari pemberitaan Brexit baru-baru ini, gaji dokter di negara ini menjadi salah satu gaji dokter tertinggi di dunia. Dokter bisa mendapatkan rata-rata $174.000 per tahunnya.

 6. Irlandia

 Salah satu negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya adalah negara Irlandia. Dalam beberapa dekade terakhir, Irlandia adalah negara yang memiliki teknologi medis termaju di Eropa. Gaji dokter di negara ini berkisar pada $186.000, setara dengan Rp2,7 miliar per tahunnya.

 7. Islandia

 Negara yang identik dengan musim dinginnya ini menjadi salah satu negara yang memiliki sistem kesehatan yang didanai pemerintah. Sistem kesehatan di negara ini menjadi salah satu sistem penting utama yang diunggulkan.

 Pajak yang dibayarkan oleh penduduknya membuat negara ini maju di berbagai bidang, dan salah satunya di dunia medis. Gaji dokter di negara ini mencapai $202.000 per tahunnya, setara dengan Rp2,9 miliar.

 8. Amerika Serikat

 Dengan sistem medis negara yang didanai pemerintah, Amerika Serikat berada di posisi ketiga dengan gaji dokter tertinggi di dunia. Gaji dokter di negara ini bisa mencapai $250.000, setara dengan Rp3,6 miliar per tahunnya. Biaya pendidikan yang mahal untuk jurusan kedokteran dan biaya operasional yang tinggi, membuat gaji dokter di negara ini juga ikut naik.

 9. Swiss

Di semua daftar dengan gaji tertinggi untuk profesi apapun, kemungkinan negara Swiss akan muncul di dalam daftar itu. Swiss adalah negara yang memiliki status ekonomi yang paling stabil di dunia. Tidak heran jika gaji dokter di negara ini dalam setahun bisa membawa pulang $258.000.

Tapi, untuk bisa menjadi dokter di negara ini bukanlah jalan yang mudah, kriteria dan persyaratan untuk menjadi dokter di negara ini harus memiliki pengalaman yang panjang di dunia kedokteran di Eropa.

10. Luksemburg

 Seperti negara Swiss, negara ini memiliki banyak sektor yang menguntungkan untuk para bankir dan akuntan. Dengan populasi negara yang kecil, banyak mahasiswa lulusan kedokteran bersaing untuk mendapatkan pekerjaan sebagai dokter di rumah sakit. Gaji dokter di negara ini bisa mencapai $357.000 untuk satu tahun, setara dengan Rp5,1 miliar.

 Itu dia sepuluh negara dengan gaji dokter tertinggi di dunia. Jelas, hidup dan bekerja sebagai dokter adalah pekerjaan yang sulit dan memiliki tanggung jawab yang besar terhadap nyawa seseorang. Pendidikan untuk mendapatkan gelar dokter juga tidak mudah.

Jika kamu berniat untuk menjadi dokter, kamu harus siap secara mental dan finansial. Salah satu cara untuk menyiapkan secara finansial adalah menabung. Tapi, menabung saja tidak cukup. Kamu harus mengembangkan uangmu dengan cara berinvestasi.





Source link

0 comments on “10 Negara Dengan Gaji Dokter Tertinggi Di Dunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *