Tuesday, 13 October, 2020

10 Rekomendasi Situs Kerja Freelance, Cocok untuk Milenial


Perkembangan teknologi dan komunikasi membuat dunia kerja kini tidak terbatas waktu dan tempat. Jika dahulu semua harus datang ke kantor dengan jam kerja “nine to five”, sekarang banyak pekerjaan yang fleksibel, yang bisa dikerjakan dimana saja dan kapan saja.

Pekerjaan ini biasa disebut dengan freelance atau pekerjaan lepas. Ini jenis pekerjaan yang banyak dilirik oleh generasi milenial.

Pekerjaan freelance tidak terbatas hanya bagi mereka yang belum memiliki pekerjaan saja, tetapi juga mereka yang telah memiliki pekerjaan tetapi masih ingin mendapatkan uang tambahan.

Tidak heran banyak bermunculan situs yang menjadi tempat negosiasi pencari kerja dan pemberi kerja freelance. Jika kamu tertarik mencobanya, berikut 10 rekomendasi situs kerja freelance yang cocok untuk generasi milenial.’

1. Sribulancer

Situs kerja freelance ini didirikan pada September 2014. Ada berbagai macam jenis lowongan pekerjaan freelance yang bisa kamu temukan di sini. Mulai dari desain web, desain grafis, pemrograman, penulis artikel, penerjemah dan masih banyak lagi.

Sudah lebih dari 770 proyek yang terpampang di situs ini, dari berbagai perusahaan dan Individu. Sudah ada lebih dari 18.800 freelancer terdaftar.

Sistem pembayaran yang diterapkan di sini melalui transfer bank, klien dapat melakukan pembayaran ke rekening Sribulancer yang bertindak sebagai akun rekening bersama. Ini tentu saja lebih cocok dengan pasar di Indonesia yang sebagian besar penduduknya belum memiliki kartu kredit.

Jika kamu telah berhasil menyelesaikan pekerjaan yang kamu dapatkan, komisi kamu dapat dicairkan menggunakan sistem EveryDay Payout yang bisa kamu lakukan kapan saja, atau sesuai tanggal cut off yang telah ditentukan.

Pembayaran akan ditransfer ke rekening aktif yang telah kamu daftarkan saat proses registrasi. Freelancer akan dikenakan biaya komisi 10 persen dari total penawaran yang diterima.

2. GetCraft

GetCraft situs kerja freelance yang saat ini cukup populer di kalangan kaum milenial. Sebenarnya situs ini tidak pernah menyatakan sebagai situs pekerjaan freelance, karena ada beberapa pekerjaan yang butuh waktu yang intens untuk melakukan kerja sama dan kolaborasi secara langsung.

Namun seiring berjalannya waktu banyak bermunculan pekerjaan freelance yang ditawarkan di situs ini.

Pekerjaan seperti digital marketing, researcher, tech specialist, fotografer, desainer, penulis, editor, video editor dan kerja sama dengan para media banyak tersedia di sini.

3. Upwork

Upwork merupakan situs kerja freelance yang berasal dari Amerika. Penggunaan teknologi cloud yang membuatnya memiliki jumlah klien dan freelancer terbesar di dunia. Situs ini telah memiliki teknologi keamanan yang canggih yang dapat mendeteksi indikasi penipuan klien.

Untuk awal kamu bisa mendaftarkan diri dengan gratis. Namun jika kamu menginginkan lebih lanjut maka Upwork akan mengenakan komisi untuk setiap proyek pekerjaan yang kamu dapatkan.

Situs ini menawarkan beberapa jasa atau pekerjaan mulai dari penulisan, jasa desain grafis, pembuatan website, pembuatan aplikasi, customer service, akuntansi, hingga pemasaran.

4. StudentJob

Untuk pelajar SMA atau SMK hingga fresh graduate StudentJob bisa dimanfaatkan untuk mencari pekerjaan freelance, part time, magang, volunteer ataupun full time. Sebagai jaringan komunitas pelajar, StudentJob juga rutin mengadakan kegiatan bulanan seperti Student Coach.

Penggunaan situs ini cukup sederhana. Pelajar yang ingin mencari pekerjaan freelance di situs ini cukup melengkapi data diri dan melamar pekerjaan yang diminati.

Di sini tidak hanya memberikan info mengenai lowongan pekerjaan, akan tetapi pelajar juga akan mendapatkan tips, kuis, info even, pembahasan seputar pekerjaan.

5. Fastwork

Fastwork merupakan startup yang menghubungkan perusahaan (terutama perusahaan kecil dan menengah) dengan lebih dari 3.000 freelancer yang ahli dalam 50 kategori. Seperti pengembangan perangkat lunak, desain dan ilustrasi, pemasaran konten, dan pengeditan video.

Tidak seperti situs kerja freelance lainnya, Fastwork melindungi kedua sisi pasar. Sebagai pekerja freelance, kamu tidak perlu khawatir tidak mendapatkan bayaran. Selama kamu bisa menyelesaikan proyek sesuai dengan persyaratan yang disepakati dan tepat waktu, kamu akan diberi bayaran.

Di sisi lain klien juga dijamin transaksinya aman. Fastwork tidak hanya memeriksa freelancer di situsnya melalui pemeriksaan latar belakang dan sistem penilaian, tetapi juga menyediakan layanan escrow, yang menahan pembayaran hingga klien menandai pekerjaan memuaskan.

6. LinkedIn Jobs

Untuk nama yang satu ini mungkin bagi para pencari kerja sudah tidak asing. Linkedin merupakan jejaring sosial tempat berkumpulnya para profesional mencari pekerjaan ataupun mencari pekerja.

LinkedIn seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lainnya. Tetapi LinkedIn adalah situs jejaring sosial untuk kalangan profesional, yang dirancang untuk membantu orang membuat koneksi bisnis, berbagi pengalaman dan resume, dan mencari pekerjaan, termasuk pekerjaan freelance.

7. Freelancer

Situs kerja freelance ini memberikan fasilitas untuk para pemilik bisnis yang tengah mencari pekerja lepas untuk menyelesaikan proyeknya. Di sini kamu nantinya bisa mengambil beberapa penawaran sekaligus.

Lengkapi profil dengan benar plus portofolio yang menarik, karena pemilik proyek akan melihatnya dan memilih sesuai dengan kriteria yang mereka cari.

Setiap member yang mendaftar akun sebagai pemilik instansi maupun calon pelamar kerja harus memenuhi data secara lengkap dan valid sesuai kenyataan.

8. Ruangguru

Nah, kalo situs yang satu ini cocok buat kamu yang memiliki keahlian mengajar. Ruangguru perusahaan startup yang fokus pada layanan pendidikan.

Ada lebih dari 80 persen pemerintahan provinsi Indonesia yang bekerja sama dengan Ruangguru. Kerja sama tersebut bertujuan untuk memberikan pendidikan yang berkualitas melalui Learning Management System (LMS).

Sebagai guru lepas, nantinya kamu dapat mengelola kelas secara digital dan memberikan tugas maupun pengarahan secara online. Kamu juga bisa menggunakan bahan atau materi ajar yang telah disiapkan oleh Ruangguru maupun guru lainnya.

9. iWriter

Buat kamu yang suka menulis dan ingin mendapatkan pekerjaan yang dibayar dengan dolar kamu bisa kunjungi iWriter. Situs ini akan mempertemukan para penulis dengan orang yang membutuhkan konten artikel.

Keunikan situs kerja freelance ini adalah pengkhususannya hanya untuk bidang pekerjaan tulis menulis. Jadi cocok banget nih buat kamu yang terbiasa dengan pekerjaan content writer atau copywriter.

10. 99Designs

Selain ada situs lowongan pekerjaan yang khusus tulis menulis, ada juga situs khusus pekerjaan bidang desain yaitu 99Designs. Situs kerja freelanceasal Amerika ini menawarkan banyak pekerjaan yang berkaitan dengan desain, mulai dari desain website, logo, brosur, dsb.

Situs ini memiliki standar harga yang baik untuk desain, selain itu ada sistem kontes desain dan untuk menjadi anggota pendaftarannya pun gratis.

Itulah beberapa situs yang bisa kamu coba untuk dapatkan pekerjaan freelance. Buat kamu yang tidak ingin kerja kantoran dengan waktu yang tidak fleksibel tentunya situs-situs tersebut akan membantu kamu menghasilkan uang meski kerja dari rumah sekalipun.

Segera daftar dan buat profil dan portofoliomu semenarik mungkin untuk menarik para pencari kerja. Selamat mencoba dan semoga sukses mendapat pendapatan tambahan dari pekerjaan freelance pilihanmu!

0 comments on “10 Rekomendasi Situs Kerja Freelance, Cocok untuk Milenial

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *