Tuesday, 29 September, 2020

4 Rekomendasi Buku Manajemen Keuangan yang Inspiratif



Ajaib.co.id – Ketika kamu mengambil jurusan manajemen keuangan, ada beberapa buku manajemen keuangan yang wajib kamu miliki.

Nah, buku manajemen keuangan tentunya penting. Selain untuk referensi dalam studi, buku manajemen ini juga bisa kamu gunakan untuk implementasi dalam kegiatan kamu yang berkaitan dengan sektor finansial.

Maka dari itu, ada beberapa rekomendasi buku manajemen ini yang bisa menjadi inspirasi kamu untuk kegiatan kamu di dunia finansial.

Memang terkadang, buku manajemen keuangan sangat dibutuhkan bagi siapa saja yang sadar pentingnya pengelolaan uang untuk menjamin masa depan dan terbebasnya kondisi finansial di masa tua.

Namun pola penulisan dan teori yang menyulitkan dan berat membuat orang jarang memiliki ketertarikan untuk membaca buku manajemen keuangan. 

Simak 4 rekomendasi buku manajemen keuangan yang perlu kamu miliki antara lain :

1.    50 Financial Wisdom (Eko P Pratomo)

Buku berjudul 50 Financial Wisdom pada dasarnya mempunyai beberapa seri. Namun, dalam membahas topik khusus manajemen keuangan yang mencakup reksa dana, usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), dan investasi ada pada seri ke 4.

Buku ini tersusun dari bahasa yang sangat mudah dipahami oleh semua orang. Bahkan ketika posisi kamu merupakan seorang pemula.

2.    The Total Money Makeover: A Proven Plan for Financial Fitness (Dave Ramsey)

Buku manajemen keuangan ini merupakan buku finansial yang ditulis oleh analis, ahli dan praktisi Dave Ramsey. Ramsey merupakan seorang konsultan dan pengajar finansial, serta berpengalaman selama 20 tahun di bidang finansial.

Buku ini ditulis agar semua kalangan dapat memperoleh edukasi finansial secara menyeluruh.

Pada websitenya, Dave Ramsey semapat menulis bahwa ia sangat berharap pembacanya bisa melakukan perombakan keuangan yang meliputi penyelesaian utang, meluruskan mitos keuangan yang tidak benar, serta pentingnya memiliki simpanan untuk keperluan darurat dan dana pensiun.

Tidak mengherankan jika buku manajemen keuangan ini banyak diburu, karena tulisan dan materinya dirancang untuk seluruh kalangan dengan usia dan latar belakang yang berbeda-beda.

3.    All Your Worth: The Ultimate Lifetime Money Plan (Elizabeth Warren, Amelia Warren Tyagi)

Buku selanjutnya adalah All Your Worth: The Ultimate Lifetime Money Plan. Buku ini ditulis oleh Elizabeth Warren bersama dengan putrinya Amelia Warren Tyagi.

Buku ini membuat para pembaca beranggapan bahwa keputusan-keputusan finansial yang diambil tentunya akan berdampak pada masa depan.

Buku manajemen keuangan ini sangat bagus bagi pembaca yang berusia antara 20 tahunan sampai dengan 30 tahunan. Karena pada usia ini banyak orang yang memulai masa produktifnya, namun tidak sedikit yang mulai merasakan kesulitan dalam masalah finansial dan berupaya mencari jalan keluar,

Buku manajemen keuangan ini menyajikan struktur penulisan yang sangat praktis sehingga memudahkan pembaca untuk memahami maksud dan tujuan penulis.

Pembaca bisa dengan mudah mengambil langkah sistematis untuk mengimplementasikan isi dari buku tersebut. Gaya bahasa yang cenderung positif juga memudahkan para pembaca yang mengalami kesulitan termotivasi dengan apa yang disampaikan.

4.    Make Your Kid A Money Genius (Even If You’re Not) (Beth Kobliner)

Selanjutnya ada buku manajemen berjudul Make Your Kid A Money Genius (Even If You’re Not). Buku ini sangat cocok dan sesuai bagi para orang tua untuk memudahkan pelatihan finansial kepada anak-anaknya.

Penulis Beth Kobliner menyajikan kemudahan dalam penulisan dan tata bahasa yang membuat para pembacanya enggan meninggalkan buku barang sejenak.

Buku ini menceritakan pengalaman dan pengetahuan yang penting mengenai dasar finansial dan edukasi untuk seluruh kategori umum termasuk anak-anak.

Dengan begitu, para orang tua bisa perlahan mengajarkan teori finansial kepada anak mereka berdasarkan buku Kobliner tersebut.

Menurut Beth, pengetahuan finansial sangat penting dikenalkan sejak masa anak-anak, karena dengan begitu, anak akan terbiasa untuk mengelola finansialnya secara mandiri dan menghindari sikap boros yang umum terjadi pada anak-anak dan membuat anak di masa remajanya terlilit utang.

Buku ini menjelaskan teori dan cerita mengenai kondisi finansial yang rumit dan acap kali dialami oleh orang tua. Namun, buku ini juga menjelaskan metode yang perlu dilakukan dalam mengantisipasi kondisi tersebut dengan memberikan pelatihan kepda anak terkait manajemen finansial.





Source link

0 comments on “4 Rekomendasi Buku Manajemen Keuangan yang Inspiratif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *