Tuesday, 29 September, 2020

5 Cara Menabung Uang Sambil Peduli Lingkungan di Tahun 2020



Ajaib.co.id – Di masa krisis lingkungan seperti sekarang ini, mengubah cara konsumsi kita mungkin tidak akan membawa banyak perubahan. Kamu bisa mengubah gaya hidupmu sekaligus sebagai cara menabung uang. 

Musuh kita bersama sebenarnya adalah gaya konsumsi kita yang berpengaruh pada perubahan iklim. Laporan PBB di tahun 2018 bahwa manusia memiliki waktu 12 tahun untuk mengurangi emisi karbon untuk menyelamatkan planet. Hal ini bisa kita usahakan bersama-sama, Andrea George, direktur Kantor Pengelola Lingkungan dan Keberlanjutan di Vanderbilt University menyatakan jika ingin hidup berkelanjutan, jangan berharap perubahan instan.

Fokus pada perubahan kecil secara bertahap dapat membantu perubahan lebih stabil. Hal ini tidak hanya membantu keuangan kita, tapi juga membantu bumi mengurangi emisi karbon. Inilah lima cara untuk menabung uang secara berkelanjutan yang dilansir Redaksi Ajaib dari cnbc.com.

Kurangi konsumsi

Andrea George menyarankan perubahan paling besar yang bisa dilakukan manusia adalah mengurangi konsumsi. “Hierarki konsumsi yang dikenal biasanya adalah 3R reduce (mengurangi), reuse (menggunakan kembali), dan recycle. Sebenarnya bagian paling pentingnya adalah mengurangi. Lebih baik lagi kalau tidak belanja sama sekali.”

Membeli merek pakaian ramah lingkungan, membeli mobil hybrid memang baik, tapi jauh lebih baik jika menggunakan apa yang ada di rumah selama masih bisa digunakan. Industri teknologi membuat banyak sekali jejak karbon. Cobalah mengurangi penggunaan gawai baru selama kamu masih bisa memperbaikinya.

Coba pikirkan kembali yang kamu butuhkan dan kamu inginkan. Setidaknya kurangi belanja daring dan pengiriman jarak jauh yang membawa dampak buruk bagi lingkungan dan implikasi humaniora yang buruk bagi buruh. Inilah salah satu langkah konkrit bagi kamu yang termasuk eco-conscious.

George menyampaikan peningkatan sampah setiap generasi semakin tinggi di Amerika. Hal ini didukung belanja daring, terutama pengiriman overnight yang membuat pembakaran karbon meningkat.

Bagi kamu yang sudah peduli lingkungan, pasti tidak asing dengan komitmen ‘pantang belanja’. Cobalah saran dari CNBC Make It berikut ini:

  • Lacak pengeluaranmu satu bulan ini. Jangan seperti burung unta yang mengubur kepalanya di pasir ketimbang menghadapi realita. Biasanya kita menolak saran sederhana seperti membawa bekal dan kurangi frekuensi nongkrong di restoran mewah bersama teman.
  • Cari jalan mudah, bagi kamu yang suka belanja, coba pisahkan alamat email supaya saat kamu kerja tidak fokus pada promosi belanja daring. Berikutnya, coba kamu buat daftar hal-hal yang kamu inginkan lalu abaikan beberapa lama. Daripada beli makanan di luar, coba buat resep sederhana setiap hari.
  • Bagi kamu yang ingin membawa perubahan lingkungan, coba cari referensi alternatif konsumsi dari blogger yang peduli lingkungan. Sedikit demi sedikit bukan hanya uangmu yang membaik dengan tidak menghabiskan uang, tapi juga berdampak pada lingkungan.
  • Akan sulit bagimu untuk berjuang sendirian, cari komunitas di media sosial terkait zero-waste. Ada orang yang menjalankan zero-waste untuk menggambar lebih banyak, ada juga yang senang mencatat progres di Google Sheet untuk melihat uang tabungan yang tersimpan. Kalau kamu?
  • Tidak apa-apa kalau kamu kelepasan hari ini, besok bisa mulai lagi. Selama kamu masih punya dana cadangan dan tidak mengganggu finansialmu, aman!
  • Lalu nikmati saat segalanya menjadi lebih mudah. Bagi kamu yang suka warna-warni dan kode-kode pada Google Sheet, kini kamu sudah lebih terbiasa dan tidak lagi bingung membagi kode pengeluaran. Gunakan aplikasi anggaran jika kamu ingin variasi. Cobalah selama satu bulan dan lihat berapa banyak uang yang kamu simpan!

Bepergian dengan lebih cerdas

Ingat Greta Thunberg yang melintasi benua dengan kapal untuk mengurangi emisi gas? Kamu tidak perlu sejauh Thunberg, tapi dengan mengubah moda transportasi bepergian ke luar negeri penting bagi lingkungan. George mengatakan 12% emisi gas rumah kaca AS berasal dari pesawat terbang. Bagi kamu yang sering bolak-balik naik pesawat, kamu bisa membuat perubahan pilihan bepergian.

“Dengan membeli tiket pesawat terbang, kita ikut menyumbang emisi karbon,” jelas Andrea George. Pembelian tiket membuat emisi karbon, jadi jika kita mau menghemat bahan bakar pesawat, jangan beli tiket penerbangan.

Sama halnya dengan berkendara, jika kamu ingin bebas macet dan mengurangi penggunaan bensin, gunakan transportasi umum. Mungkin jarak tempat tinggal dan kantormu bisa ditempuh dengan bersepeda atau jalan kaki, coba jadikan sebagai moda transportasi utamamu.

Makan lebih banyak sayur

Data departemen agrikultur AS mencatat sekitar 30-40% makanan di AS dibuang. Mungkin kita saat makan di luar porsinya terlalu banyak, daripada dibuang, coba beli makanan yang cukup untukmu. Misalnya makan berdua dengan teman atau bawa kotak bekal saat makan keluar untuk menyimpan makanan sisa.

Mengurangi konsumsi daging juga sangat penting untuk mengurangi perubahan iklim. Biasanya makanan berdaging harganya lebih mahal nih, jadi dengan makan lebih banyak sayur otomatis kamu mengurangi pengeluaran juga.

Biasanya mungkin setiap makan kamu harus menikmati daging, coba kurangi dan rasakan dampaknya bagi kesehatanmu. Emisi gas yang digunakan di peternakan lebih tinggi dari pertanian, jadi ketika kamu ingin membawa dampak baik bagi lingkungan cobalah pilihan sayuran.

Memberi barang yang ramah lingkungan

Paling susah membuat keluarga dan temanmu mengerti tentang ramah lingkungan tanpa menjadi terlalu kritis. Nah, cobalah memberi kado yang ramah lingkungan seperti botol minum ramah lingkungan, bungkus makanan dari lilin lebah, atau sabun buatan tangan.

Kita pasti tidak suka kalau dikonfrontasi bahwa apa yang kita lakukan salah. Jadi daripada menghabiskan waktu bertengkar dengan orang yang belum sadar lingkungan, mulailah dengan memberi kado yang ramah lingkungan.

Jangan menyerah

Mudah sekali orang menjadi sinis pada pilihan kita untuk lebih ramah lingkungan. Tapi yakinlah peduli lingkungan ibarat kesehatan. Semakin kita sering melakukan, akan lebih baik bagi diri kita sendiri dan bagi lingkungan.

Jangan lupa kesehatan keuanganmu juga dijaga sampai nanti usia kamu pensiun. Mulai dengan membuat portofolio keuangan dengan investasi. Masih pemula? Tenang, mulai investasi di Ajaib harga reksa dana dan saham terjangkau dan dijamin aman karena terdaftar dan diawasi oleh OJK dan IDX. Kamu tertarik? Yuk, coba sekarang!





Source link

0 comments on “5 Cara Menabung Uang Sambil Peduli Lingkungan di Tahun 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *