Thursday, 01 October, 2020

5 Cara Menghindari Penipuan Lowongan Pramugari Garuda



Pramugari Garuda

Ajaib.co.id – Garuda Indonesia Airways (GIA) adalah maskapai penerbangan Indonesia yang saat ini melayani 83 destinasi di seluruh dunia dan menjadi maskapai andalan utama dan premium yang ada di Indonesia.

Garuda Indonesia menjadi maskapai bintang lima, dengan berbagai pengakuan dan apresiasi berskala internasional , di antaranya pencapaian ‘The World’s Best Cabin Crew” selama empat tahun berturut-turut, dari tahun 2014 hingga 2017; “The World’s Most Loved Airline 2016” dan “The World’s Best Economy Class 2013” dari Skytrax, lembaga pemeringkat penerbangan independen berbasis di London.

Dengan pencapaian yang luar biasa di dunia internasional, tak salah jika Garuda Indonesia menjadi tujuan banyak orang untuk melamar pekerjaan dan menjadi bagian dari perusahaan maskapai terbesar itu.

Seleksi yang dilakukan untuk menjadi pegawai atau pramugari Garuda Indonesia adalah seleksi yang sangat ketat dan banyak peminat. Oleh karena itu, banyak oknum yang memanfaatkan kesempatan ini untuk mengambil untung dengan mengiming-imingi posisi yang ada di sana.

Banyak cara yang dilakukan oleh para oknum, salah satunya adalah menebarkan berita palsu atau lowongan palsu yang disebarkan melalui internet. Sayangnya, banyak orang yang masih tertipu dengan hal ini.

Melalui akun twitter resmi tim recruitment Garuda di @recruitmentGA, berikut cara menghindari penipuan lowongan pegawai dan pramugari Garuda agar kamu atau teman-teman kamu tidak terjebak oleh oknum nakal:

1. Registrasi Hanya Dilakukan secara Online

Perlu diketahui, jika Garuda Indonesia tidak membuka lowongan setiap saat. Perusahaan maskapai ini membuka lowongan jika memang ada posisi yang sedang kosong. Begitu juga dengan posisi untuk menjadi pramugari Garuda.

Garuda Indonesia mengumumkan lowongan pekerjaan melalui media sosial resminya di Twitter @recruitmentGA, dan website resminya di https://career.garuda-indonesia.com/. Selain daripada itu adalah oknum saja.  

Untuk menjadi karyawan atau pramugari Garuda Indonesia, kamu harus memenuhi kriteria yang dibutuhkan dan mulai mengisi form pendaftaran secara online. Semua proses regristrasi dan pendaftaran dilakukan secara online.

Jika ada seseorang yang menawarkan untuk mengisi form secara langsung (offline), kamu sebaiknya menolak karena Garuda Indonesia tidak lagi membuat pendaftaran secara offline.

2. Korespondensi Hanya Melalui Email Resmi

Pendaftaran dilakukan secara online, yang berarti melalui website resmi Garuda Indonesia. Bukan mengirim CV dan lamaran melalui e-mail.

Banyak orang yang tidak memeriksa domain yang ada di surel, walaupun terlihat terpercaya tapi bisa jadi itu adalah penipuan.

Seperti informasi palsu berikut ini, yang sudah diklarifikasi oleh Garuda Indonesia melalui akun Twitter @recruitmentGA.

Garuda Indonesia

Alamat email yang tertera memang terlihat meyakinkan dengan @asia.com sebagai nama domainnya. Namun alamat email resmi Garuda selalu dan HANYA menggunakan domain @garuda-indonesia.com

Berikut adalah alamat korespondensi email resmi Garuda Indonesia:

Waspadai jika email yang tertera tidak menggunakan domain @garuda-indonesia.com, Garuda Indonesia tidak memiliki email di luar dari domain tersebut, seperti Gmail, Yahoo, Hotmail, garuda-indonesia.asia, [email protected], dll.

3. Tidak Ada Penggantian Biaya Maupun Kerja Sama Travel Agent

Garuda Indonesia tidak pernah bekerja sama dengan travel agent untuk membuka lowongan pekerjaan awak kabin Garuda. Jadi, Garuda Indonesia tidak membuka lowongan melalui travel agent atau agen-agen serupa.

Semua rekrutmen dilakukan secara satu pintu yaitu melalui website resmi recruitment Garuda. Dan, Garuda Indonesia tidak mengganti biaya transportasi dan akomodasi yang dilakukan oleh calon karyawannya.

Banyak oknum yang memanfaatkan ini sebagai mencari cara agar banyak orang yang tertarik untuk melamar pekerjaan dengan harapan uang kembali, namun mereka akan membebani biaya-biaya pendaftaran yang fantastis.

4. Keputusan Tim Rekrutmen dan Seleksi Tidak Dapat Diganggu Gugat

Jika kamu sudah mendaftar dan diberitahukan tidak lolos seleksi, lalu beberapa jam kemudian ada pemberitahuan jika kamu lolos seleksi, maka kamu harus berhati-hati.

Kamu harus memeriksa ulang pemberitahuan yang kedua, karena Garuda Indonesia tidak pernah memutuskan ulang jika telah ada pemberitahuan tidak lolos seleksi.

Berikut adalah salah satu pemberitahuan palsu rekrutmen karyawan dan pramugari Garuda Indonesia:

Pramugari Garuda

Cobalah untuk tidak terkecoh dengan surat, tanda tangan, atau alamat yang diberikan. Lihatlah lagi domain pengirim email, jika di luar dari @garuda-indonesia.com, maka dipastikan bahwa email tersebut adalah email palsu.

5. Cek Berkali-kali

Kamu harus terus memeriksa kebenaran lowongan dan cek berulang-ulang dengan cara di atas agar kamu tidak terkena tipu oleh oknum yang mengatasnamakan sebagai PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk.

Di pernyataan resminya, Garuda Indonesia tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang timbul akibat penipuan yang mengatasnamakan perusahaannya. Jadi, ada baiknya kamu terus memeriksa kebenaran satu informasi lowongan.

Jika tidak ada lowongan di website resmi Garuda Indonesia, maka memang tidak ada lowongan pekerjaan yang sedang dibuka di sana. Tetaplah waspada akan penipuan yang semakin marak.

Itu dia lima cara untuk menghindari penipuan lowongan pekerjaan di Garuda Indonesia. Walaupun bekerja di Garuda Indonesia adalah impianmu yang paling kamu inginkan, namun tetaplah pintar dalam menerima informasi.

Tetaplah semangat dan positif untuk bisa masuk ke perusahaan maskapai impianmu itu.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai recruitment, kamu bisa menghubungi Human Capital Management – Talent Management Garuda Indonesia di 021-2560 1038 atau melalui email di [email protected]

Lebih baik kamu menghindari penipuan-penipuan yang ada daripada terlanjur terlalu masuk ke dalamnya dan menyesal.

Yuk, tetap waspada akan penipuan yang mengatasnamakan Garuda Indonesia, terapkan cara-cara di atas untuk memeriksa kealsian dan kepalsuan sebuah lowongan pekerjaan di maskapai Garuda Indonesia.

Sementara menunggu informasi lowongan impianmu di Garuda Indonesia, tidak salahnya kamu mencoba berinvestasi terlebih dahulu. Jangan mengira investasi itu membutuhkan dana yang tidak sedikit. Kini investasi tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam.

Ajaib membuktikan bahwa berinvestasi tidak perlu mengeluarkan dana besar. Jangan khawatir, Ajaib telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Ajaib menawarkan jenis investasi saham atau reksa dana. Ajaib merupakan media investasi online yang dapat membantu kamu berinvestasi langsung melalui smartphone.

Kamu bisa membuat rekening investasi secara online dengan mengakses aplikasi Ajaib. Kamu bisa memilih saham-saham perusahaan yang menghasilkan keuntungan secara besar, atau reksa dana sekalipun.

Jadi tunggu apalagi, yuk download aplikasi Ajaib di smartphone kamu dan temukan kemudahan dalam berinvestasi sekarang.





Source link

0 comments on “5 Cara Menghindari Penipuan Lowongan Pramugari Garuda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *