Tuesday, 29 September, 2020

5 Langkah Beli Untung Saham untuk Pemula



Sumber: Pixabay

Ajaib.co.id – Mencoba peruntungan di dunia saham adalah salah satu hal yang banyak orang inginkan. Jika kamu sudah pernah mencoba untuk berinvestasi di reksa dana, maka lain halnya dengan mencoba investasi dengan jenis saham.

Salah satu pilihan yang banyak digemari oleh pemula adalah trading saham. Trading saham adalah kegiatan jual atau beli saham untuk mendapatkan keuntungan dengan cara beli untung saham yang dapat dilihat dari hari beli ke harga jual, umumnya trading saham dilakukan untuk kegiatan membeli dan menjual daham dalam waktu yang relatif sebentar. 

Trading adalah hal yang sangat mudah dilakukan oleh siapa saja, dengan sistem beli untung saham, cara ini populer untuk mendapatkan keuntungan yang relatif mudah dan cepat. 

Berbeda dengan investasi saham, dasar trading saham adalah kejelian untuk melihat data harian atau live trade dari broker, sedangkan investasi saham adalah membeli saham (dengan harga yang relatif jauh lebih murah) yang kemudian disimpan dan dijual kembali di masa depan, dengan harapan saham yang ia miliki berkembang.

Berikut adalah lima langkah beli untung saham untuk pemula yang ingin mencoba trading saham! 

Identifikasi Saham Yang Menguntungkan  

Hal pertama yang harus kamu ketahui (dan pelajari) adalah mengetahui prinsip harga. Kamu harus mengetahui prinsip harga yang termasuk dalam kategori ‘murah’ dan prinsip harga yang masuk dalam kategori ‘mahal’. 

Gunakan chart yang tersedia di internet atau aplikasi yang sedang kamu gunakan saat ini, dan lihatlah pergerakan harga saham. Ini juga tergantung pada berapa lama kamu ingin trading saham. 

Misalnya, kamu ingin melakukan trading saham untuk bulan ke depan, maka lihatlah data harga saham dari hari ini hingga dua bulan ke belakang. Cobalah untuk mengalikan waktu trading-mu sebanyak 2-3x lipat. Contohnya, jika kamu ingin melakukan trading saham untuk 3 bulan, maka lihatlah data chart pergerakan harga saham dari 6 bulan ke belakang atau 9 bulan ke belakang. 

Mengidentifikasi harga saham di titik terendah, tertinggi, dan titik amannya akan memudahkan kamu melihat saham yang akan menguntungkan. 

Jika harga saham berada di periode titik terendah, maka saham tersebut dikategorikan sebagai saham yang layak beli. Namun jika saham berada di periode trend point (titik tertinggi), maka jangan lakukan pembelian, karena potensi harga naik akan sangat kecil dibanding dengan potensi harga turun. 

Selalu ingat untuk menggunakan range waktu dalam melakukan trading. 

Untung Yang Direncanakan 

Beli untung dalam trading saham bukanlah sesuatu yang bisa kamu lakukan secara spontan dalam pembelian saham untuk dijual kembali dalam waktu dekat. Semuanya butuh perhitungan dan perencanaan. 

Merencanakan keuntungan dalam trading saham adalah rencana yang bijak dan baik bagi seorang trader. Banyak pemula yang ingin mengambil untung sebanyak-banyaknya dalam sekali trading, tapi kamu harus ingat: Roma tidak dibangun dalam semalam. 

Banyak trader yang lupa jika harga naik, pasti akan turun. Apalagi jika kamu belum cermat melihat situasi. Sebaiknya, tentukan keuntungan dari awal, jika kamu melihat keuntungan sebanyak 3%, maka jual pada titik itu.

Jika harga saham tetap naik, maka itu sudah bukan hal yang perlu kamu pikirkan dan sesali. Karena kamu telah menentukan keuntunganmu sebelumnya, dengan kata lain: kamu telah mencapai targetmu. 

Jangan trading saham menggunakan perasaan. Gunakan data lalu sesuaikan titik beli dan titik jual dari awal. Tentukan target. Dan hitung risiko dari titik yang kamu tandai. 

Cari Harga Saham Yang Bergerak Naik

Dengan melihat chart data harga saham, kamu akan melihat pergerakan harga saham dari bulan ke bulan. Pilihlah pergerakan saham yang naik atau berada di daerah support-nya. Jangan memilih saham yang berada di titik resistance, karena membeli pada saat harga saham berada di trend point adalah keputusan yang salah. 

Tetaplah periksa pergerakan saham dari bulan ke bulan, sesuai dengan jangka waktu yang kamu tentukan di awal. Jika pergerakan saham bagus dan tidak terlalu berombak dalam kurun waktu yang singkat, maka beli saham dari titik support-nya. 

Disiplin 

Seorang trader saham yang baik adalah trader yang menetapkan batasan untuk dirinya sendiri. Termasuk batas untung atau rugi, batas toleransi, mengetahui kapan harus stop loss, dan menentukan besaran tabungan saham per bulan. 

Pastikan untuk tidak menggunakan 100% tabungan sahammu untuk melakukan satu trading saja, gunakanlah paling maksimal 25% dari total tabunganmu untuk trading saham. Kamu harus membatasi diri dengan cara disiplin pada diri sendiri untuk mencari keuntungan. 

Ingatlah, jika trading saham juga berkaitan dengan psikologis seseorang. Jangan diperdaya atau terpengaruh pada ‘uang cepat’, gunakan trading saham sebagai ‘jual beli untung’ yang menyehatkan. 

Pilih Aplikasi Yang Tepat

Hal terpenting untuk melakukan trading saham adalah memilih aplikasi trading yang tepat. Jika tidak jeli, kamu bisa terjebak di platform broker forex nakal. Pilihlah aplikasi trading saham yang terpercaya dan telah disertifikasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Salah satu aplikasi untuk melakukan trading saham saat ini adalah Ajaib. Di Ajaib, kamu bisa melakukan trading saham dengan mudah. Kamu bisa membuka rekening saham kamu di dalam aplikasi dengan cara mendaftar yang sederhana. 

Kamu bisa mengunduh aplikasi Ajaib melalui App Store (untuk pengguna smartphone Apple) dan Google Play Store (untuk pengguna smartphone Android). Dengan interface aplikasi yang sederhana, pengalaman trading saham-mu akan lebih nyaman dan aman. 





Source link

0 comments on “5 Langkah Beli Untung Saham untuk Pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *