Wednesday, 30 September, 2020

6 Tips Membangun Rumah Sederhana, Mudah dan Praktis!



6 Tips Membangun Rumah Sederhana, Mudah dan Praktis!

Ajaib.co.id – Membangun rumah sederhana menjadi salah satu trendsetter yang saat ini berkembang di masyarakat. Selain harganya yang relatif lebih terjangkau, juga perawatan rumah yang tidak terlalu besar. Bahkan akhir-akhir ini konsep rumah sederhana menjadi banyak diminati oleh masyarakat luas.  Mengingat semakin berkurangnya lahan perumahan karena jumlah penduduk yang semakin padat, juga karena keterbatasan waktu untuk merawat rumah. Nah, apa saja tips membangun rumah sederhana tersebut? Yuk, ketahui selengkapnya di bawah ini!

Tentukan Besar Lahan Rumah Sederhana

Tips membangun rumah pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan desain dan model rumah minimalis, konsep dasarnya sudah sangat jelas yaitu tidak membutuhkan lahan yang luas. Namun perlu diperhatikan bahwa lahan di depan dan belakang rumah juga penting untuk tempat bermain anak dan menjemur pakaian. Jika kamu memilih rumah bergaya minimalis, usahakan di bagian depan atau belakang rumah terdapat space khusus sebagai tempat anak bermain.

Pastikan Sirkulasi Udara & Cahaya Berjalan Baik

Kadangkala kondisi rumah yang terlalu kecil dan sempit membuat sirkulasi udara tidak berjalan dengan baik. Kamu bisa menyiasati hal ini dengan cara meninggikan atap rumah dan memberikan ventilasi pada setiap sudut atas rumah.

Sirkulasi udara yang berjalan dengan baik menjadi salah satu faktor yang membuat rumah kamu terasa sejuk dan nyaman untuk dihuni. Namun perlu kamu ketahui bahwa penggunaan ventilasi yang berlebih pada bagian atas rumah. Jika tidak dilakukan dengan baik akan membuat dampak buruk.

Sesuaikan Warna yang Modern

Memilih desain rumah minimalis bisa melihat dari warna rumahnya, pastikan warna rumah minimalis yang kamu terkesan modern dan sederhana. Jika perlu lakukan konsultasi dengan ahli desain interior untuk mendapatkan desain dengan warna terbaik untuk kamu.

Kamu juga bisa menggunakan berbagai warna di setiap ruangan, misalnya untuk ruang keluarga kamu bisa memilih warna yang soft. Sedangkan untuk kamar tidur kamu bisa memilih warna yang sedikit gelap, dan sebagainya.

Tentukan Desain & Model Rumah yang Kamu Inginkan

Ketika melakukan pembangunan rumah, kamu juga harus menentukan terlebih dulu desain dan model rumah seperti apa yang kamu inginkan. Apakah rumah modern minimalis, rumah bergaya klasik, rumah bernuansa putih, dan sebagainya. Dengan mengetahui desain dan model rumah, kamu bisa melakukan proses pembangunan dengan lebih mudah dan tanpa banyak pertanyaan di belakangnya.

Untuk menentukan desain, kamu bisa coba mencari berbagai rekomendasi desain di beberapa situs seperti arsitag.com, dekoruma.com, pinterest.com, dan sebagainya. Di sini, kamu bisa menemukan rumah dengan desain minimalis hingga klasik. Kamu juga bisa menemukan desain ruang tamu, ruang makan, dapur, ruang keluarga, kamar tidur anak, dan sebagainya.

Gunakan Motif Interior Sederhana dan Kecil

Rumah minimalis memilik satu ciri khas, yaitu desain interior yang terkesan sederhana dan modern. Karena itulah, untuk membangun rumahnya, kamu harus menggunakan motif interior yang sederhana dan kecil. Kesan dari interior yang lebih sederhana akan menampilkan suasana rumah yang lebih luas dan membuat ruangan menjadi lebih elegan.

Mulai dari jumlah kamar yang akan digunakan, kesan tematik rumah yang diinginkan hingga kesukaan terhadap model bangunannya. Satu hal pasti, kamu juga wajib memperhatikan jenis material bangunan yang digunakan agar mendapatkan kualitas bangunan terbaik.

Mudah Direnovasi untuk Pengembangan

Mengingat kondisi lahan yang terbatas maka dari itu pastikan desain arsitektur terutama untuk pondasi rumah dan kerangka dasar. Bertujuan untuk memenuhi standar minimal dalam pengembangan perluasan rumah dengan bangunan bertingkat. Perencanaan ini akan membantu kamu menghindari pemborosan biaya yang mungkin timbul akibat pengembangan space dan area di masa yang akan datang.

Pemilihan Material Bangunan

Material bangunan menjadi salah satu hal penting untuk membuat bangunan rumah impian. Meski dana terbatas, hindari pembelian bahan bangunan dengan harga material yang miring, karena biasanya ini tidak memiliki kualitas yang cukup bagus. Perhatikan dengan baik harga bahan yang ingin kamu beli dan cobalah tanyakan langsung ke tukang bangunan yang membantu kamu untuk membuat rumah tersebut, biasanya mereka lah yang akan memahami material apa yang bagus untuk membangun rumah idaman.

Kamu juga bisa melakukan riset harga bahan material ke beberapa material untuk menemukan perbandingan. Misalnya, di toko bangunan A, kamu menemukan harga keramik Rp50.000 per meter. Sedangkan di toko bangunan B Rp60.000. Toko mana yang akan kamu pilih? Tentu toko A yang akan kamu pilih bukan? Namun, selain harga kamu juga harus memerhatikan biaya ongkos kirim dan biaya lainnya yang mungkin kamu tanggung.

Menentukan untuk Menggunakan Jasa Borongan

Tips membangun rumah terakhir yang harus kamu perhatikan adalah menentukan jasa tukang untuk membangun rumah idaman kamu. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan, mulai dari siapa yang akan mengerjakan hingga berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk pengerjaan pembangunan.

Cari tahu tukang bangunan yang dapat dipercaya, biasanya informasinya akan kamu dapat dari saudara atau relasi dekat. Selain dapat dipercaya, pilih tukang yang berpengalaman dan memiliki reputasi kerja yang tidak diragukan lagi.

Nah, sistem kerja tukang bangunan ada dua, yaitu dengan sistem harian dan borongan. Jika ingin menekan pengeluaran, lebih baik pilih sistem borongan.

Dengsn sistem harian, berarti kamu harus mengawasi pengerjaan mereka setiap hari. Jika dalam beberapa hari ke depan pengerjaannya terlihat tidak beres, maka kamu berhak memberhentikannya saat itu juga.

Sedangkan dalam sistem borongan, kamu tidak perlu mengawasi mereka setiap hari. Karena biasanya akan ada mandor yang bekerja di atas mereka, namun pastikan kamu merekrut orang yang kamu percayai sehingga pembangunan dapat berjalan lancar sampai selesai.

Jika dilihat dari biayanya, sistem borongan bisa lebih menghemat budget daripada sistem harian. Namun, karena sistem borongan dibayar langsung sekaligus, mereka sering kali terburu-buru mengerjakan sampai tidak memerhatikan kualitas bangunannya.

Sebaliknya, sistem harian membutuhkan lebih banyak biaya karena para tukang akan lebih memerhatikan kualitas bangunan. Namun tidak jarang mereka bertindak curang dengan mengulur-ulur waktu agar mendapatkan bayaran yang lebih banyak.

Jadi, sudah tahu dong apa saja tips membangun rumah sederhana? Model rumah sederhana memang memiliki tantangan tersendiri bagi yang merancangnya. Sebab dengan ketersediaan lahan yang terbatas harus mampu menyediakan beberapa ruangan yang diperlukan.

Nah, ketika kamu ingin membangun rumah tentu kamu membutuhkan biaya pembangunan yang tidak sedikit dan cenderung mahal. Jadi, bagi kamu yang ingin membangun rumah secara bertahap, kamu juga bisa mulai menabung secara bertahap. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menabung, salah satunya berinvestasi.

Ajaib merupakan salah satu platform investasi yang dapat membantu kamu memulai investasi kapan dan di mana saja secara online. Dengan Ajaib, kamu sudah bisa memulai investasi hanya dengan modal Rp10 ribu dan bisa disesuaikan dengan tujuan investasi kamu, misalnya untuk membangun rumah idaman. Jadi tunggu apalagi? Yuk mulai investasi kamu sekarang juga dan wujudkan rumah impianmu mulai hari ini.





Source link

0 comments on “6 Tips Membangun Rumah Sederhana, Mudah dan Praktis!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *