Wednesday, 14 October, 2020

7 Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Perlu Disiapkan



Perlengkapan Bayi Baru Lahir

Ajaib.co.id – Ketika kamu bersiap untuk membawa pulang bayi baru lahirmu yang manis, kamu mungkin bertanya pada diri sendiri: “Apa yang benar-benar dibutuhkan bayi di minggu-minggu pertama di rumah?” Jawabannya adalah: tidak banyak.

Tentu saja, jika kamu berkonsultasi dengan teman, atau meminta pendapat mengenai kebutuhan bayi yang baru lahir ke pegawai toko perlengkapan bayi, mungkin terdengar seperti bayi kamu butuh segala yang bisa kamu lihat di toko.

Memang, beberapa orang tua terkadang lapar mata ketika melihat perlengkapan bayi di toko dan menginginkan semua produk bayi dan gadget keren yang dapat membuat hidup bersama si kecil menjadi lebih nyaman.

Tetapi untuk para minimalis, orang tua dengan anggaran terbatas, atau orang tua baru yang kewalahan dengan datangnya si kecil, tidak apa-apa untuk mencari barang-barang yang esensial saja.

Berikut adalah daftar perlengkapan bayi baru lahir yang penting dan dibutuhkan untuk tiga bulan pertamanya:

1. Pakaian

Meskipun kamu mungkin ingin memakaikan pakaian imut dan memamerkan bayi kamu ke media sosial atau teman-teman, bayimu tidak memerlukan sesuatu yang mewah untuk dikenakan pada minggu-minggu pertamanya.

Jadi kenakan pakaian bayi yang sederhana, polos, dan bersahabat di kantong saja bagi si buah hati.

Jangan membeli terlalu banyak baju bayi, karena bayi kamu akan tumbuh dengan cepat. Bayi juga akan membutuhkan pakaian yang tidak ribet dan bisa dikenakan dalam sekejap.

Karena, bayi yang baru lahir dapat dengan mudah membuat pakaiannya kotor. Maka, pertimbangkan pula kemungkinan bahwa kamu akan sering mencuci baju.

Sebagian besar dokter juga merekomendasikan bayi yang baru lahir memakai topi dalam beberapa minggu pertamanya. Begitu juga dengan pakaian lengan panjang dan lengan pendek.

2. Popok

Popok benar-benar menjadi dasar perlengkapan bayi baru lahir. Tapi, memilih jenis popok terbaik untuk bayi kamu sebenarnya bisa membingungkan dan membuat stres.

Jika kamu sibuk menimbang-nimbang antara menggunakan popok kain atau sekali pakai, cobalah untuk ingat bahwa pada akhirnya, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pilih apa yang cocok untuk kebutuhan si buah hati dan gaya hidupmu.

Banyak keluarga melakukan kombinasi popok kain dan popok sekali pakai. Kamu dapat mencoba keduanya dan menilai apa yang akan kamu sukai.

Bayi baru lahir dapat menggunakan 8 hingga 10 popok dalam sehari, jadi pastikan kamu memiliki banyak popok. Ingat juga, bahwa bayi akan bertumbuh besar dengan cepat, jadi jangan terlalu banyak membeli popok dengan ukuran yang sama.

3. Barang untuk Mandi

Untuk minggu pertama atau kedua, sampai tali pusar bayi lepas, dokter menyarankan untuk memandikan bayi kamu dengan spons lembut. Setelah itu, kamu tidak perlu memandikan bayi setiap hari. Empat kali seminggu sudah cukup.

Memandikan bayi terlalu sering dapat mengeringkan atau mengiritasi kulit mereka. Namun, jangan khawatir, di antara penggantian popok yang sudah kotor, akan ada banyak kesempatan untuk membilas tubuhnya dengan kain hangat.

Kamu bisa saja tidak bersikap minimalis alias berhemat dengan pembelian kamu di sini. Jangan ragu untuk membeli sabun dan baby oil atau minyak telon yang ramah untuk bayi yang baru lahir, karena kulit bayi bisa sangat sensitif. Tapi, sesuaikan dengan kantong juga, ya.

4. Perawatan/Pertolongan Pertama

Pada masa-masa awalnya, kamu tidak perlu mengisi lemari kamu dengan segunung produk perawatan bayi atau peralatan P3K yang lengkap. Pastikan saja kamu punya peralatan untuk memotong kuku bayi.

Kamu juga harus bisa mengukur suhu bayi kamu, dan membersihkan ingus dari hidungnya, jika perlu.

Menurut The Asian Parent, bayi juga merasakan nyeri seperti orang dewasa pada saat baru lahir. Biasanya, nyeri ini biasanya akan menyebabkan si buah hati demam.

Kamu dapat menunda pembelian obat pereda nyeri dan demam pada bayi hingga bayi kamu sedikit lebih besar, karena tidak direkomendasikan bahwa bayi baru lahir diberi obat pereda demam dan nyeri sampai setelah usia 3-6 bulan, tergantung pada obat dan rekomendasi dokter.

5. Kebutuhan Tempat Tidur

Apapun tempat tidur yang kamu pilih untuk bayi baru lahir, sangat direkomendasikan jika bayi tidur di kamar yang sama dengan kamu selama 6-12 bulan pertamanya. Selain itu, selimut, bantal, dan mainan lunak tidak direkomendasikan untuk diletakkan di tempat tidur bayi.

Kadang-kadang, sebagian besar ibu akan tertidur bersama bayinya kala menyusui. Jadi, ketahui tata cara berbagi tempat tidur yang aman dengan si buah hati.

Saat ini, banyak popok yang memiliki daya serap hebat, jadi kamu tidak harus membersihkan atau menggantinya terlalu sering saat tengah malam.

Namun, pastikan kamu telah membuat kasur kamu kedap air dengan bantuan alas bayi, pastikan kamu memiliki beberapa lembar alas baru yang tersedia untuk penggantian alas tempat tidur, jika diperlukan.

6. Persediaan Makanan

Seorang ibu wajib berkonsultasi mengenai kondisi fisik dan mental, alergi, dan obat yang sedang dikonsumsinya ke dokter. Tanyakan apakah ada dampak negatif dari kondisi ibu, yang mungkin dapat menyebabkan pemberian ASI adalah pilihan yang kurang tepat.

Jika kamu berencana memberi susu formula, ada baiknya mendiskusikan merek dan jenis susu formula dengan dokter kamu serta berapa banyak susu formula yang diperlukan saat kamu membawa bayi pulang.

7. Perlengkapan

Berlawanan dengan kepercayaan populer, satu-satunya perabot yang benar-benar kamu butuhkan dan yang akan digunakan untuk bayi kamu sehari-hari adalah tempat untuk mereka tidur dan tempat untuk menyimpan pakaian mereka.

Banyak dari kita memilih lebih dari itu, seperti meja khusus untuk mengganti popok, lemari rias, glider bayi, tempat mainan, kursi goyang, hingga ayunan bayi. Belum lagi mendekorasi kamar bayi, yang agaknya masih terlalu dini untuk bayi baru lahir.

Jika kamu mau, kamu dapat menunda hal-hal itu sampai bayi kamu lebih besar, dan kamu memiliki gambaran yang lebih baik tentang apa yang benar-benar mereka butuhkan.

Kamu memerlukan perlengkapan bayi seperti kereta dorong (stroller) jika kamu ingin mengajaknya berjalan-jalan ke luar ruangan. Jika kamu melakukan banyak aktivitas di mobil sendirian, maka kamu perlu membelikan kursi bayi yang khusus untuk mobil.

Itu dia tujuh perlengkapan bayi baru lahir yang bisa kamu siapkan sebelum buah hatimu lahir. Tetap semangat dan terus mencintainya selamanya.





Source link

0 comments on “7 Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Perlu Disiapkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *