Thursday, 01 October, 2020

7 Strategi Belanja Bulanan Hemat di Supermarket



Ajaib.co.id – Belanja bulanan adalah hal yang cukup sering dilakukan oleh banyak orang. Namun dalam belanja bulanan hal yang paling sulit adalah menahan nafsu untuk membeli barang-barang diskon, yang pada kenyataannya belum tentu terpakai.

Walau demikian ada banyak cara yang dilakukan seseorang untuk menghindari pemborosan dan untuk menghemat uang belanja bulanan. Beberapa hal tersebut mulai dari membuat daftar belanjaan, mengalokasikan bujet dan banyak lagi.

Lalu, bagaimana cara atau strategi belanja bulanan yang hemat di supermarket atau pusat perbelanjaan?

Ajaib merangkum beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar bisa hemat belanja bulanan, antara lain :

1.    Buat Daftar Belanja

Jika kamu ingin belanja bulanan tetap hemat dan tidak membeli barang-barang yang unfaedah kamu bisa membuat daftar belanja bulanan terlebih dahulu sebelum menuju supermarket.

Kamu bisa mulai membuat rencana masakan apa saja yang akan kamu sajikan dalam beberapa pekan ke depan dan mencukupi belanjaan bulanan kamu.

Cara seperti ini, tentunya membuat belanja bulanan kamu lebih bermanfaat, antara lain :

a.    Lebih efisien

Jika kamu membuat daftar belanjaan, kamu tentunya bisa bersikap disiplin dalam membuat daftar menu makanan dan menghemat banyak barang untuk sekali belanja. Kamu juga bisa memanfaatkan diskon-diskon wajar produk yang memang ada di daftar belanjaan kamu.

b.    Lebih hemat

Dengan membuat daftar belanja yang semakin hemat, kamu tentunya tidak akan tergoda untuk membeli barang lain di luar daftar kebutuhan bulanan. Terutama barang itu tidak dibutuhkan.

Kamu juga jangan tergoda untuk membeli barang berdasarkan mereknya, namun lebih kepada fungsinya.

c.    Skala prioritas

Sangat pengting bagi kamu untuk melakukan cek skala prioritas dalam membeli barang rumah tangga.

Misalkan saja barang apa saja yang harus kamu beli dan barang mana yang tidak harus kamu beli. Dengan begitu kebuthan kamu akan terpenuhi dan menyampingkan keinginan kamu.

d.    Mengatur anggaran

Dengan mengatur anggaran kamu bisa menetapkan daftar belanja apa saja yang akan kamu beli saat di supermarket atau di pasar tradisional. Kamu juga bisa mengetahui alokasi dana yang kamu butuhkan bulan ini untuk belanja bulanan.

Dengan begitu kamu akan mengetahui jumlah uang yang kamu gunakan setiap bulannya. Dengan pengelolaan kamu bisa meminimalisir dan mencegah pemborosan barang yang tidak penting.

2.    Belanja Banyak Sekaligus

Untuk lebih hemat, kamu juga bisa melakukan belanja bulanan sekaligus banyak dan dalam jumlah besar. Dengan begitu, kamu bisa lebih menghemat pengeluaran kamu.

Misalkan saja kamu belanja untuk dua bulan sampai tiga bulan ke depan. Dengan belanja sekaligus banyak, kamu tentunya akan mendapatkan harga yang lebih murah.

3.    Cermat Membandingkan Harga

Secara umum dalam belanja bulanan, seorang wanita sangat cermat untuk membandingkan harga. Hal ini tentunya sangat bermanfaat untuk diterapkan dalam belanja bulanan.

Dengan begitu, kamu akan tahu toko mana yang memberikan harga lebih murah, sehingga kamu bisa hemat dalam belanja bulanan.

4.    Bayar Tunai 

Membayar belanjaan kamu dengan cara tunai tentunya akan lebih menguntungkan. Ini karena kamu tidak perlu membayar bunga kartu kredit.

Melakukan pembayaran dengan tunai mencakup penggunaan kartu debit dan uang digital.

5.    Manfaatkan Kartu Member

Ketika kamu berbelanja, dengan memanfaatkan kartu member kamu tentunya akan memperoleh keuntungan baik dari segi harga maupun poin yang akan kamu peroleh. Kamu tentunya akan memperoleh diskon belanjaan kamu jika kamu memanfaatkan kartu member.

Adapun keuntungan-keuntungan yang bisa kamu peroleh dengan menggunakan kartu member, antara lain :

a.    Diskon khusus produk supermarket.

b.    Diskon program tertentu seperti hotel, restoran, tempat hiburan, rumah sakit dan banyak lagi.

c.    Mendapatkan poin dan cashback.

d.    Bisa membayar nontunai.

6.    Bijak dalam Menyikapi Bonus dan Hadiah

Tak berbeda dengan kartu member, banyak supermarket yang memberikan bonus dan hadiah yang bisa kamu nikmati.

Kuncinya kamu harus tetap bijak dan menghindari barang-barang yang memang tidak menjadi kebutuhan kamu. Misalkan saja, beli dua barang akan mendapatkan bonus barang lainnya.

Kamu perlu lebih memikirkan apakan barang tersebut kamu butuhkan atau tidak. Dengan begitu kamu tidak perlu menghamburkan uang yang kamu miliki untuk sesuatu yang tidak kamu butuhkan.

7.    Cerdik dalam Memanfaatkan Kupon 

Hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah cerdas memanfaatkan kupon. Banyak supermarket bekerja sama dengan perusahaan produk memberikan kupon melalui koran, majalah atau secara online.

Kupon tersebut memberikan banyak diskon kepada salah satu barang yang kamu butuhkan. Jika kamu tidak cerdik memanfaatkan kupon tersebut maka kamu akan menghabiskan uangmu untuk berbelanja hal yang tidak kamu butuhkan. 

Itulah beberapa tips mudah yang bisa kamu lakukan untuk berhemat belanja bulanan. Berbelanja adalah sebuah kebutuhan, namun jika berbelanja akan menghabiskan uang untuk suatu yang tidak dibutuhkan, benar-benar mubazir bukan?





Source link

0 comments on “7 Strategi Belanja Bulanan Hemat di Supermarket

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *