Wednesday, 21 October, 2020

7 Tips Mendapatkan Gaji yang Besar seperti Gaji Menteri



Sumber: Kominfo

Ajaib.co.id – Gaji menteri memang terlihat sangat besar bagi karyawan biasa. Apalagi kalau kamu seorang fresh graduate, mungkin tidak terbayang untuk mendapatkan gaji seperti gaji menteri per bulan. Padahal, karyawan di perusahaan swasta pun banyak yang gajinya setara bahkan lebih dari menteri. 

Jabatan menteri memiliki tanggung jawab yang besar terhadap pekerjaannya. Wajar saja jika gaji dan tunjangan yang diterima sebanding dengan tugas dan kewajibannya. Begitu juga dengan karyawan perusahaan swasta, dibutuhkan keahlian khusus dan tanggung jawab yang besar jika ingin memperoleh gaji yang tinggi. 

Berikut ini 7 tips naik gaji agar bisa mendapatkan gaji yang besar seperti  gaji menteri yang bisa kamu simak. Walaupun kamu karyawan biasa di perusahaan swasta, kesempatan akan selalu ada untuk orang yang berusaha. Semangat!

Pilih yang Tepat

Tujuan untuk mendapatkan gaji yang besar perlu dimulai sejak awal. Ketika memutuskan untuk melamar pekerjaan ke sebuah perusahaan, teliti dahulu seperti apa perusahaan tersebut. Jika kamu merasa cocok dengan bidang bisnis dan visi misinya, pantaskan dirimu agar bisa lolos diterima sebagai karyawan di perusahaan tersebut.

Selain menjawab pertanyaan dengan cerdas, kamu juga disarankan mengajukan pertanyaan saat wawancara. Dari wawancara ini kamu bisa memiliki gambaran awal tentang bagaimana nilai-nilai yang dianut perusahaan dijalankan. Kamu bisa mempertimbangkan sejak awal, berapa tahun kamu akan bertahan di perusahaan tersebut.

Tingkatkan Kompetensi

Tingkatkan kompetensi, baik hard skill maupun soft skill. Untuk mencapai gaji yang tinggi dibutuhkan keahlian yang tidak banyak dimiliki orang lain. Oleh karena itu, kamu perlu terus mengasah kompetensi dan menjadi yang terbaik di bidangmu.

Meningkatkan kompetensi dapat dilakukan dengan berbagai cara. Kamu dapat mengikuti pelatihan seperti seminar dan lokakarya. Selain itu, kamu juga bisa menambah pengetahuan dengan membaca buku dan menonton film dan tayangan edukasi. Bercengkrama dan berbagi pengalaman dengan orang lain juga dapat meningkatkan kompetensi dan memperkaya pengalamanmu.

Bersinergi

Jika ingin berjalan cepat, berjalanlah sendiri. Namun jika ingin berjalan jauh, ajaklah orang lain bersama-sama. Tujuan untuk mendapatkan gaji yang tinggi setara menteri merupakan perjalanan yang jauh. Kamu membutuhkan orang lain untuk berjalan bersama.

Dalam sebuah sinergi, tidak ada menang-kalah. Kamu dan orang lain bekerja bersama untuk mencapai satu tujuan tanpa ada pihak yang dirugikan. Win-win solution sebaiknya selalu menjadi budaya dalam bekerja.

Selain dengan rekan kerja dan relasi bisnis, kamu juga perlu membangun sinergi dengan lingkungan di sekitarmu. Keluarga dan para tetangga dekat secara tidak langsung dapat mendukung kesuksesan  karirmu.

Konsisten

Tujuan yang besar biasanya membutuhkan usaha yang lebih keras dan berlangsung secara kontinyu. Kadang kala mungkin kamu merasa bosan dan lelah karena tidak mendapatkan hasil yang signifikan. Kamu bisa kecewa sebentar saja, namun jangan menyerah. Sabarlah dan segera bangkit lagi.

Konsisten adalah kata kunci agar kamu bisa meraih tujuanmu. Jika yang kamu lakukan adalah kebiasaan baik, lakukanlah secara konsisten. Mungkin kamu tidak melihat hasilnya dalam waktu singkat, namun jangan berhenti sampai tujuanmu tercapai.  

Tegar

Masalah akan selalu ada dimanapun kamu berada. Bekerja sebagai karyawan maupun berwirausaha, pasti ada masalah tersendiri. Penyebab masalah juga beraneka ragam, bisa karena hal yang tidak bisa dikendalikan, kelalaian diri sendiri, maupun ada orang lain yang sengaja membuat masalah.

Tidak semua orang yang kamu temui adalah orang baik. Siapa saja bisa membuatmu mengalami kesulitan dan bersedih. Baik itu rekan kerja, atasan, maupun relasi bisnis di luar perusahaan. Kamu perlu memiliki jiwa yang tegar untuk dapat menghadapi semua masalah yang terjadi.

Komunikasi dengan Atasan

Perihal gaji bukanlah hal yang tabu untuk dibicarakan. Pelajarilah peraturan perusahaan yang berlaku. Ada beberapa perusahaan yang memiliki peraturan khusus tentang berapa lama periode untuk menaikkan gaji karyawan. Diskusikan dengan HRD di perusahaanmu tentang aturan kenaikan gaji, golongan karyawan, maupun jabatan.

Jika kamu sudah merasa layak untuk mendapatkan promosi jabatan, kamu bisa melakukan komunikasi dengan atasan. Kamu juga bisa bertanya langsung jika dalam beberapa tahun tidak mendapatkan kenaikan gaji.

Pindah

Tidak semua perusahaan memiliki struktur yang memungkin para karyawannya untuk naik jabatan. Besar kecilnya keuntungan perusahaan juga dapat menjadi pengaruh terhadap besar kecilnya gaji karyawan. 

Jika kamu sudah beberapa tahun bekerja namun tidak ada peningkatan karir, kamu dapat mempertimbangkan untuk pindah bekerja ke perusahaan lain. Tentu saja ini tidak mudah. Kamu perlu analisa mendalam dan menyiapkan strategi yang tepat sebelum memutuskan untuk pindah pekerjaan.

Diperlukan keberanian untuk keluar dari zona nyaman.  Sulit bagimu mencapai tujuan yang besar jika terus terkurung dalam kebiasaan sehari-hari yang melenakan. Kamu bisa memikirkan kembali apa prioritas dalam hidupmu. Apakah kamu ingin hidup biasa saja seperti yang kamu jalani sekarang, atau kamu menginginkan kehidupan yang lebih baik secara materi. Semua ada di tanganmu.

Saat ini, banyak profesi yang memungkinkan seorang karyawan memiliki gaji yang besar. Apapun bidang pekerjaanmu, lakukanlah 7 tips naik gaji di atas agar kamu bisa mendapatkan gaji yang besar seperti  gaji menteri. 

Jangan lupa untuk tetap menggunakan uang dengan bijak. Konsumsi dan gaya hidup secukupnya. Investasikan uangmu pada instrumen yang tepat. Kamu bisa investasi pada saham dan reksa dana melalui Aplikasi Ajaib yang telah berpengalaman sebagai perusahaan sekuritas yang terpercaya.





Source link

0 comments on “7 Tips Mendapatkan Gaji yang Besar seperti Gaji Menteri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *