Thursday, 15 October, 2020

7 Tips Mengembangkan Bisnis Ke Pasar Global



Ajaib.co.id – Memiliki bisnis yang dikenal di negara sendiri adalah sesuatu yang membanggakan, tapi memiliki bisnis yang bisa masuk ke pasar global dan dikenal di negara lain juga sesuatu yang diidam-idamkan oleh banyak pebisnis. 

Jika kamu memiliki bisnis yang sudah menangani banyak pelanggan, dan dikenal oleh orang-orang, mungkin bisnis kamu sudah siap untuk bersaing di pasar global. Membuka bisnis di negara lain adalah pekerjaan rumah (PR) yang berat bagi kebanyakan pebisnis. 

Tidak hanya mengenai pemasaran tapi bisnis yang siap bersaing di pasar global harusnya sudah memiliki sistem perusahaan yang sudah siap untuk berjalan sendiri sementara kamu mengurusi bisnis kamu secara global. Baik dari bagian SDM maupun di bagian finansial

Apabila bisnis kamu sudah memiliki sistem yang baik dan kamu dan tim sudah semangat untuk membawa bisnis dan mengembangkannya lebih besar lagi, berikut adalah tips-tips untuk mengembangkan bisnis ke pasar global:

1. Buat Dream Team

Tips pertama adalah membuat dream team atau tim impianmu. Memiliki sekelompok orang yang ahli di bidangnya adalah salah satu langkah pertama untuk membawa bisnis kamu menjadi semakin maju. 

Pilihlah anggota yang memiliki latar belakang pekerjaan yang sempurna, jelas, kreatif dan mau berinovasi dalam mengembangkan pasar. Tawari mereka untuk menjadi tim sukses kamu untuk mengembangkan bisnis kamu lebih jauh lagi. Rekrut beberapa orang yang layak untuk mendapatkan posisi di tim kamu. 

Jangan asal memilih, karena tim ini akan menentukan bagaimana jalan bisnis kamu agar sukses dan berhasil memasuki pasar global. Luangkanlah waktu untuk brain storming bersama mereka, apa saja yang bagus dan hal apa yang harus dihindari untuk mengembangkan bisnis lebih luas lagi. 

2. Manfaatkan Jaringan 

Setiap anggota yang kamu rekrut adalah seseorang yang profesional, dan memiliki jaringan pertemanan yang berbeda denganmu. Biasanya jaringan pertemanan mereka berhubungan dengan bidang yang mereka dalami dan tekuni. 

Manfaatkan jaringan dari para anggota untuk mendapatkan informasi dan kemudahan untuk membantu bisnis kamu agar bisa berhasil di pasar global. Manfaatkan juga jaringanmu saat ini dan mintalah bantuan jika kamu memerlukan sesuatu demi kepentingan bisnis kamu. 

3. Research Pasar

Hal utama yang harus dilakukan adalah research pasar. Meriset tempat di mana bisnis kamu akan dibuka adalah hal penting sebelum kamu memutuskan untuk membuka bisnis kamu di sana. 

Kamu harus mempelajari selera pasar dan hal apa yang harus dihindari jika ingin produk laku di sana. Penyesuaian terhadap produk pada pasar yang dituju telah banyak dilakukan oleh restoran-restoran cepat saji seperti McDonald dan KFC. 

Menu-menu yang berkaitan dengan cita rasa lokal selalu menjadi andalan utama McDonald. Contoh hal ini dan sesuaikan dengan layanan atau produk yang bisnismu tawarkan. Relevansi antara produk dan masyarakat adalah salah satu kunci untuk membuat produk atau layanan menjadi ramai peminat. 

4. Pelajari Sistem Perpajakan 

Setiap negara memiliki hukum yang berbeda. Lakukan riset mengenai sistem perpajakan dan perizinan hukum dari negara yang kamu tuju. Apakah kamu memenuhi kualifikasi? Atau ada perizinan tambahan sebelum kamu membuka bisnis. 

Pelajari hal ini dengan cermat, sewa pengacara dari negara yang kamu tuju dan tanyakan apa saja persyaratan resmi untuk membuka bisnis di negara tersebut. Ingatlah untuk mematuhi sistem hukum yang berlaku dan sistem perpajakan yang ada di negara tersebut. 

5. Hitung Keuntungan & Kerugian 

Hal paling mengerikan yang bisa saja terjadi di dunia bisnis adalah bangkrut. Jika sebuah bisnis bangkrut, maka perusahaan akan mengalami kerugian yang akan berdampak ke kestabilan keuangan perusahaan. 

Untuk menghindari ini, hitunglah keuntungan yang bisa kamu dapatkan dalam satu kuartal. Tentukan hal ini dengan melihat kemungkinan keuntungan tertinggi hingga keuntungan terendah dalam sehari. 

Setelah itu, hitunglah kerugian yang bisa saja terjadi. Kerugian ini bisa berarti pengeluaran dan seberapa rugi jika produk atau layanan kamu tidak memiliki pelanggan selama satu bulan. Jangan takut untuk memikirkan kerugian, dengan memikirkan hal ini, kamu dapat mengantisipasi kemungkinan terburuk dan kemungkinan terbaik di bisnismu.  

6. Buat Plan B 

Jika kamu merasa rencana yang sedang kamu buat saat ini sudah sempurna, maka kamu harus berhati-hati dengan apa yang akan terjadi di masa mendatang. Di pasar global, semua kemungkinan dapat terjadi.

Jadi, sangat disarankan untuk membuat rencana cadangan atau plan b untuk bisnismu. Susunlah rencana cadangan ini bersama tim kamu, dengan menghitung kemungkinan yang akan terjadi. 

Perkirakan kemungkinan atau halangan apa yang terjadi, dan temukan solusi sebelum kamu menjalani rencana utamamu. Ini hal yang bermanfaat untuk keberlangsungan bisnismu. Jadi, kamu tidak akan menemui jalan buntu jika ada hal yang menimpa bisnismu di kemudian hari. 

7. Monitor Situasi

Setelah membuka bisnismu di negara lain, kamu bisa memonitor situasi dengan cara melihat data penjualan yang disetorkan. Mengoptimalisasi cash flow di perusahaan sangat penting untuk keberlangsungan bisnis. 

Analisis data yang kamu miliki dan bandingkan satu data ke data yang lainnya, jika penjualan menurun maka kamu harus membuat rencana promosi baru untuk menaikkan penjualan. Hal ini adalah salah satu cara preventif untuk menghindari kebangkrutan di bisnis. 

Itu dia tujuh tips untuk mengembangkan bisnis di pasar global. Memiliki bisnis yang bisa bersaing di pasar global adalah impian banyak orang, khususnya pebisnis. Walaupun tidak mudah, tapi pebisnis yang sukses mengerti cara masuk dan menawarkan bisnisnya di negara lain.





Source link

0 comments on “7 Tips Mengembangkan Bisnis Ke Pasar Global

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *