Tuesday, 13 October, 2020

9 Panduan Hidup Mapan di Usia Muda yang Wajib Kamu Tahu



mapan di usia muda

Ajaib.co.id – Inilah panduan hidup mapan di usia muda ala Ajaib yang wajib diketahui banyak orang. Bagaimana caranya? Simak ulasan berikut ini.

Setiap orang pasti mengidam-idamkan untuk bisa hidup mapan di usia muda. Tidak hanya orang tua, kini anak muda pun juga sudah pasti selalu berusaha untuk bisa hidup mapan.

Perlu diingat, untuk mecapai kehidupan yang mapan tidak bisa secara instan begitu saja. Jika ingin mencapainya, kamu harus mulai untuk bekerja keras dan terus berusaha hingga apa yang diinginkan bisa kamu raih.

Dalam mencapai hidup mapan di usia muda, sudah tentu akan dibarengi dengan rencana keuangan yang matang. Sebab, kedua hal itu memiliki keterikatan yang kuat satu sama lain. Jika keuanganmu tidak terkontrol, maka impian untuk menjalani hidup yang mapan akan sulit untuk diraih.

Begitu juga sebaliknya, jika kamu mampu untuk mengontrol keuangan seperti tabungan yang dimiliki sehat, punya dana darurat, dan sebagainya, sudah pasti hidup mapan bisa kamu dapatkan dengan mudah.

Bagi yang belum bisa mencapainya hingga saat ini, tidak perlu khawatir. Karena untuk menggapai kemapanan selain butuh kerja keras juga butuh proses yang panjang. Nah, agar kerja keras dan proses panjang yang kamu jalani mampu memberikan hasil yang maksimal, cobalah untuk mengikuti cara merencanakan hidup mapan di bawah ini:

Disiplin

Hal pertama yang harus dimiliki agar bisa mencapai kemapanan ialah disiplin. Kedisiplinan ini harus diterapkan disemua aspek yang sedang kamu lakukan. Sebab, jika tidak disiplin maka yang ada usaha yang kamu lakukan akan sia-sia. Jadi pastikan kamu memiliki gaya hidup disiplin, mulai dari bangun tidur hingga disiplin mengelola keuangan. Semuanya harus kamu lakukan dengan konsisten agar bisa kaya di usia muda.

Punya Motivasi yang Kuat

Memiliki motivasi yang kuat juga diperlukan. Dengan motivasi yang kuat, kamu bisa berhasil untuk merencanakan keuangan yang matang serta hidup yang mapan. Sama halnya seperti saat ingin merencanakan sesuatu. Sudah pasti butuh perencanaan yang benar-benar matang agar hasil yang didapatkan maksimal. Maka dari itu, pastikan kamu memiliki motivasi yang kuat untuk mencapai hidup yang mapan.

Punya Target yang Realistis

Untuk mencapai hasil yang maksimal sudah tentu tidak instan. Begitu juga saat kamu ingin memiliki keuangan yang aman dan nyaman. Kamu harus melakukan perubahan mulai dari diri sendiri sehingga kondisi keuangan bisa menjadi lebih baik dari hari ke hari.

Agar hal itu bisa tercapai, kamu harus melakukan semua hal secara realistis. Artinya, rencana yang dimiliki harus sesuai dengan kemampuanmu, namun jangan terlalu rendah karena akan mudah untuk dicapai.

Kurangi Pengeluaran Konsumtif

Mulai sekarang, perlahan tapi pasti, kamu harus mengatur pengeluaran di dalam keuangan. Kurangi berbagai pengeluaran yang tidak penting dan bersifat konsumtif. Hal itu dilakukan agar tidak memiliki dampak buruk bagi kebutuhan pokok. Lalu, sisihkan dana ini secara terpisah dan jangan satukan lagi dengan dana lainnya di dalam keuangan, agar tidak terpakai untuk hal yang tidak perlu dengan alasan apapun.

Banyak orang yang masih mengalami kesulitan untuk menahan keinginan belanja atau keperluan lainnya. Jika kamu termasuk salah satu orang yang memiliki kecenderungan seperti itu, sebaiknya saat menerima gaji, langsung sisihkan sebagian untuk semua kebutuhan dan untuk tabunganmu. jika ada sisa, bisa kamu gunakan untuk hal-hak yang sifatnya keinginan.

Lunasi Utang yang Tidak Produktif

Utang merupakan salah satu hal yang bisa mengganggu rencana keuanganmu. Apalagi jika porsinya tidak ideal terutama jika utang tersebut bersifat tidak produktif. Usahakan untuk bisa menghindari utang yang tidak produktif di dalam keuanganmu.

Selain tidak memberikan manfaat, utang seperti ini juga bisa saja membebani keuangan dalam waktu yang sangat panjang. Namun jika kamu sudah terlanjur memiliki utang seperti itu, maka segera lakukan pelunasan. Bila kamu belum mampu melakukan pelunasannya secara langsung, lakukan secara bertahap dan disiplin.

Perbesar Porsi Tabungan

Agar tujuannya bisa segera tercapai, alangkah baiknya untuk memperkecil pengeluaran dan memperbesar porsi tabunganmu tiap bulannya. Hal ini jelas akan membawa dampak positif ke dalam kondisi keuanganmu.

Sebagai contoh, jika kamu sebelumnya hanya memiliki porsi tabungan sebesar 10 persen dari pendapatanmu, mulai sekarang kamu bisa meningkatkannya menjadi 20 hingga 30 persen dari pendapatan. Dengan begitu, kamu bisa memangkas pengeluaran yang tidak berguna agar bisa meningkatkan jumlah tabungan yang dimiliki.

Investasi

Selain menabung, kamu juga harus memanfaatkan uang untuk berinvestasi. Sebab, dengan berinvestasi, kamu akan merasakan ketenangan di masa yang akan datang. Saat ini ada banyak jenis-jenis investasi yang bisa kamu pilih. Contohnya ialah investasi emas, investasi saham, properti, reksa dana, deposito, dan lain sebagainya. Dengan berinvestasi, tentu tabungan yang kamu miliki tidak bisa diganggu gugat.

Bagi kamu yang ingin memulai investasi, kamu bisa memanfaatkan aplikasi Ajaib. Di sini kamu bisa memulai invetasi hanya dengan modal Rp10 ribu untuk reksa dana, dan Rp100 ribu untuk investasi saham. Dengan berinvestasi di Ajaib mulai hari ini, kamu bisa kaya di usia kurang dari 30 tahun.

Kamu juga bisa mengajak teman-temanmu berinvestasi di Ajaib dengan menggunakan referral code yang kamu miliki. Di mana, orang-orang yang menggunakan referral codemu akan mendapatkan saldo Rp10 ribu, dan kamu pun bisa mendapatkan tambahan dana investasi di Ajaib.

Pelajari Kemampuan Mengelola Keuangan

Untuk bisa merencanakan keuangan dengan baik dan maksimal, kamu wajib memiliki kemampuan yang baik dalam mengelola keuangan. Pastikan kamu selalu memperdalam ilmu keuangan dengan beragam informasi yang ada saat ini dalam pengelolaan keuangan. Ada banyak sumber informasi yang bisa kamu kunjungi dengan mudah, baik itu berupa artikel keuangan yang ada di internet maupun buku-buku yang mengulas tentang keuangan. Jika berhasil, tentu hidup mapan sudah bisa kamu raih dengan mudah.

Evaluasi

Terakhir, jangan lupa untuk melakukan evaluasi. Hal itu tentu sangat penting untuk bisa memantau perencanaan keuanganmu agar tetap stabil dan target yang diinginkan bisa tercapai dengan maksimal.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan jika ingin meraih kehidupan mapan. Yang perlu diingat ialah, kamu harus memiliki niat dan tekad yang kuat untuk mencapainya. Dengan memiliki tekad dan niat yang kuat, kamu dipastikan perlahan tapi pasti bisa mencapai kehidupan mapan. Selamat mencoba.





Source link

0 comments on “9 Panduan Hidup Mapan di Usia Muda yang Wajib Kamu Tahu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *