Wednesday, 14 October, 2020

Apa Itu Admin Media Sosial? Ini Penjelasannya



Ajaib.co.id – Banyak lowongan pekerjaan yang dibuka oleh perusahaan-perusahaan besar di Indonesia. Pekerjaan ini muncul di era internet dan media sosial yang memiliki banyak pengguna. Lalu, apa itu admin media sosial? Dan apa saja pekerjaannya? 

Admin media sosial adalah pekerjaan untuk seseorang yang diserahkan dari perusahaan untuk mengurusi atau mengatur akun media sosial perusahaan di internet. Pekerjaan ini sedikit mirip dengan pekerjaan public relations atau profesi seseorang sebagai representative dari perusahaan. Seorang admin media sosial memiliki pekerjaan untuk memonitor dan memberikan jawaban/pengarahan untuk pelanggan yang bertanya melalui media sosial. 

Pekerjaan ini berkaitan dengan kehadiran perusahaan di media sosial sebagai satu orang yang mewakili perusahaan untuk memberikan informasi mengenai produk atau jasa terbaru yang ditawarkan oleh perusahaan

Banyak perusahaan besar membutuhkan seorang pekerja untuk mengurusi hal-hal yang berkaitan langsung dengan pelanggan, dan di era internet, kehadiran admin media sosial menjadi ‘suara’ baru untuk pelanggan atau calon konsumen menanyakan produk terkait melalui media sosial. 

Admin media sosial juga menjaga citra perusahaan dan bertugas untuk membuat konten yang menarik banyak perhatian pengguna media sosial untuk meningkatkan brand awareness ke banyak orang (khususnya pengguna media sosial). Ini termasuk media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan YouTube. 

Itu dia penjelasan mengenai apa itu admin media sosial, lalu apa yang dikerjakan seorang admin media sosial sehari-hari? 

Seorang admin media sosial bertugas untuk mengenalkan perusahaan agar tetap up-to-date dengan tren saat ini di media sosial. Pekerjaan ini juga berdampingan dengan tim yang mengurusi promosi dan public relation di perusahaan agar tujuan perusahaan tetap sama dan perusahaan dapat lebih membaur dan dikenal di internet

Kemampuan yang harus dimiliki adalah penulisan, research, koneksi, dan kemampuan untuk menyampaikan dan berhubungan antara pengguna media sosial yang bisa efektif untuk mengenalkan perusahaan/menawarkan produk perusahaan. Pekerjaan ini memerlukan seseorang yang tech savvy atau melek teknologi dan mengerti tentang tren terbaru yang sedang banyak diperbincangkan oleh pengguna media sosial. 

Umumnya, seorang admin media sosial memantau perkembangan sehari-hari mengenai perusahaan di internet. Jika seseorang mengeluh di media sosial, tugas admin media sosial adalah untuk membantu pengguna tersebut. 

Banyak perusahaan yang membutuhkan admin media sosial yang memiliki kemampuan lebih yakni seperti pandai design untuk kepentingan media sosial, pandai memanfaatkan hal yang sedang viral untuk kepentingan marketing, mengerti mengenai advertising online, dan lain-lain yang berhubungan dengan media sosial. 

Pekerjaan dan tanggung jawab

Selain harus dapat memegang kendali dan pintar berkomunikasi di media sosial, seorang admin media sosial memiliki tugas lain seperti: 

  • Mengoptimalisasi engagement dan respon di media sosial.
  • Mengatur kampanye di media sosial untuk meningkatkan engagement.
  • Menganalisis, mengulas, dan melaporkan keefektivitasan dari kampanye yang dijalankan.
  • Membuat buzz di media sosial untuk memasarkan produk, layanan, atau events yang berkaitan dengan perusahaan.
  • Menumbuhkan atau menaikkan pengikut di media sosial.
  • Mengatur kalender promosi yang tepat untuk mempromosikan sesuatu di media sosial.
  • Membuat konten yang berkaitan dengan tren terkini yang relevan dengan perusahaan.
  • Memonitor dan menjawab ke komunitas online dari perusahaan.
  • Menaikkan impresi dari postingan di media sosial (baik dari paid promotion atau organic post).
  • Menyediakan laporan bulanan mengenai aktivitas di media sosial ke perusahaan.
  • Melakukan promosi secara maksimal di semua media sosial terkini.

Bagaimana caranya untuk menjadi admin media sosial? 

Banyak admin media sosial yang berasal dari lulusan bisnis, manajerial, marketing, PR, jurnalis, atau lulusan-lulusan lainnya yang berkaitan dekat dengan komputer, komunikasi, dan bisnis. Tapi banyak juga perusahaan yang menilai kandidat dari pengalaman menggunakan media sosialnya sendiri. 

Seseorang dengan pengalaman menjadi admin media sosial adalah salah satu nilai plus untuk perusahaan. Kamu bisa mendapatkan pengalaman ini dari mengurusi media-media sosial dari teman atau keluarga.

Perekrut biasanya menilai pengalaman kandidat mengurusi media sosial adalah hal yang tidak semua orang miliki, tapi bisa dinilai dari media sosial yang dimiliki kandidat. Perusahaan-perusahaan besar mungkin lebih memilih untuk merekrut lulusan dari perguruan tinggi atau kandidat yang memiliki pengalaman kerja menjadi admin media sosial. 

Lowongan ini bisa dilamar oleh siapa saja yang memiliki strategi media sosial yang tinggi dan mengerti esensi tentang apa itu admin media sosial dan apa saja pekerjaan seorang admin media sosial. 

Jadi, jika kamu tertarik untuk bekerja sebagai admin media sosial, maka kamu harus memiliki strategi yang cukup kuat untuk meyakinkan perusahaan dan mempelajari perusahaan mengenai produk hingga layanan apa saja yang ditawarkan di sana. Dengan melakukan riset lebih awal, kamu memiliki nilai plus untuk meyakinkan perusahaan jika kamu layak mendapatkan posisi sebagai admin media sosial. 

Itu dia penjelasan mengenai apa itu admin media sosial dan pekerjaannya, banyak perusahaan yang membutuhkan admin sosial untuk mengatur dan membuat media sosial perusahaan tidak sepi dan lebih banyak dipandang oleh pengguna internet. 

Kekuatan internet dan media sosial tidak bisa diremehkan di era ini, banyak orang yang telah menggunakan media sosial dan banyak orang yang bisa mengenal perusahaan melalui internet khususnya dari media sosial. 

Pekerjaan ini membutuhkan komitmen tinggi dan penyusunan strategi secara matang. Karena dari media sosial, citra perusahaan dipertaruhkan, menjadi admin media sosial berarti menjadi ‘suara’ dari perusahaan tersebut di media sosial.





Source link

0 comments on “Apa Itu Admin Media Sosial? Ini Penjelasannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *