Wednesday, 14 October, 2020

Arti Cashless, serta Untung dan Rugi Metode Pembayaran Ini



Ajaib.co.id – Saat ini ada banyak individu maupun perusahaan yang berlomba menciptakan teknologi. Teknologi yang tidak asing lagi saat ini dan membantu di setiap kali kamu mengalami kesulitan dalam melakukan pembayaran adalah teknologi cashless atau nontunai.

Arti cashless adalah metode pembayaran tanpa menggunakan uang fisik, atau bisa dikatakan pembayaran digital.

Dengan arti cashless ini, kamu tidak perlu mengeluarkan uang dengan cara cash. Sehingga beban biaya yang harus kamu bayarkan hanya menggunakan digital payment seperti Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

Menggunakan sistem cashless sangat umum dilakukan di masa kini, karena kemajuan teknologi yang terus memacu pertumbuhan digital.

Dengan menggunakan metode cashless, pembayaran tentunya akan lebih mudah. Manfaatnya kamu tidak perlu sering-sering memegang uang fisik yang menjadi merupakan tempat pertukaran kuman.

Selain itu, kamu juga bisa meminimalisir uang kembalian yang terkadang tidak mencukupi oleh kasir tempat kamu berbelanja.

Sebagai bentuk kemajuan dalam teknologi keuangan, maka metode pembayaran cashless juga tentunya akan menghindari potensi pencurian dan pencopetan.

Ini karena sistem yang digunakan, selain menggunakan keamanan sandi, juga menggunakan scan barcode dan One-Time Password (OTP) yang hanya bisa dilakukan oleh pemiliknya saja.

Walau terlihat canggih dan terbaru, namun sistem transaksi ini tentunya mempunyai kekurangan dan kelebihan. Nah, untuk lebih jelasnya simak keuntungan dan kelebihan dari sistem cashless ini, antara lain:

Ada lima kelebihan yang didapat jika kamu menggunakan metode pembayaran secara cashless, antara lain :

1.    Hemat Waktu dan Praktis

Salah satu keuntungan dari penggunaan metode transaksi cashless adalah prosesnya yang sangat menghemat waktu dan cukup praktis.

Jika kamu menggunakan uang elektronik, kamu tentunya tidak perlu repot untuk melakukan transaksi keuangan dalam jumlah besar.

Selain itu kamu juga tidak perlu kewalahan saat harus membawa uang tunai dalam jumlah yang banyak saat berpergian.

Hal ini karena tingkat kriminalitas cukup tinggi, sehingga perlu bagi kamu berhati-hati saat menggunakan uang tunai.

2.    Meminimalkan Tindakan Kriminal

Hal selanjutnya yang menjadi keuntungan kamu saat melakukan transaksi menggunakan cashless adalah meminimalisir tindakan kriminal yang umumnya terjadi lantaran ada kesempatan.

Ketika pelaku kriminal melihat uang berbentuk cash dalam jumlah banyak, maka mereka cenderung akan melancarkan aksinya. Dengan metode cashless hal ini minim terjadi, karena metode penggunaannya yang memiliki sekuriti berlapis.

3.    Tak Perlu Mengantre Lama

Hal selanjutnya yang kamu peroleh dari sistem cashless adalah penggunaan metode yang cenderung memangkas proses atau waktu bertransaksi.

Kamu tentunya tidak perlu mengantre lama saat melakukan transaksi apapun. Karena dengan uang elektronika kamu bisa melakukan serangkaian aktivitas dengan mudah.

4.    Banyak Promo

Untuk mengingkatkan literasi keuangan dan membawa masyarakat melek digital, penyedia sistem pembayaran cashless umumnya memberikan berbagai macam promo yang menarik.

Promo tersebut umumnya berbentuk cashback yang bisa kamu nikmati misalkan untuk nongkrong di supermarket, restoran, coffee shop, dan kawasan lainnya.

Tak heran ada banyak sekali promo yang menarik yang bisa kamu nikmati, menjadi nilai tambah penggunaan metode transaksi cashless.

5.    Jika Hilang Mudah Ditemukan

Jika kamu merupakan pengguna uang digital dengan pembayaran cashless tentunya kamu tidak asing jika uang digital kamu hilang bisa dengan mudah ditemukan kembali dengan nominal yang sama.

Berbeda dengan kehilangan dompet yang cenderung cukup sulit untuk ditemukan dan kalaupun bisa ditemukan tentunya uang yang ada belum tentu memiliki nominal yang sama.

Namun demikian, penggunaan metode cashless juga memiliki kekurangan, antara lain :

1.    Jadi Lebih Sering Belanja

Banyaknya promo diskon dan cashback yang diberikan oleh penyedia layanan keuangan membuat kamu sangat tergiur untuk berbelanja atau shopping dengan sesuka hati.

Hal ini selain tidak berfaedah, kamu tentunya hanya akan membuang-buang uang kamu untuk sesuatu yang belum tentu kamu butuhkan.

Sebagai manusia, tentunya melihat promo diskon besar akan sangat mengganggu keberlangsungan finansial. Maka dari itu perlu sikap bijaksana dalam membelanjakan uang kamu melalui metode cashless.

2.    Rentan Aksi Cyber Crime

Jaman sekarang pencopet nyatanya sudah cukup canggih, dengan melakukan peretasan akun tentu saja para pelaku aksi cyber crime berkeliaran di dunia maya untuk terus berupaya mencari mangksa.

Jika kamu lengah, kamu akan menjadi target cyber crime tersebut dengan memanfaatkan akun uang digital milik kamu.

3.    Konsumtif

Mengingat kemudahan dalam bertransaksi dan promo yang diberikan, perilaku konsumtif nampaknya sulit dihilangkan.

Orang cenderung melihat kemudahan dalam bertransaksi dan memperoleh barang, sehingga enggan untuk bersikap hemat dan terus terpacu untuk berbelanja apapun.

Padahal belum tentu, barang yang dibelanjakan memiliki manfaat dan fungsi dalam keseharian kamu.

Namun mengingat promo dan kemudahan tersebut banyak orang cenderung kalap dalam belanja dan bersikap konsumtif.

4.    Masih Terbatas

Walaupun saat ini teknologi cashless sudah mulai beredar secara masif, namun nyatanya penggunaaan metode cashless masih terbatas pada kalangan tertentu. Misalkan saja menengah keatas, namun bagi kalangan menegah kebawah hal ini masih dianggap mahal.

Mungkin metode seperti ini dininilai membutuhkan banyak tambahan untuk bisa dijalankan seacra optimal. Misalkan saja, akses internet dan telepon pintar yang bagi beberapa kalangan sangat mahal, sementara biaya hidup sehari-hari saja masih susah.





Source link

0 comments on “Arti Cashless, serta Untung dan Rugi Metode Pembayaran Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *