Thursday, 01 October, 2020

Asuransi Takaful, Asuransi Syariah dengan Banyak Manfaat



Ajaib.co.id – Prinsip Asuransi Takaful sangat islami di mana menggunakan konsep diyat atau denda bagi seseorang yang membunuh orang lain dalam syariat Islam. Di sisi lainnya dengan asuransi ini maka keluarga korban akan mendapatkan pengganti uang darah yang disebut dengan diyat.

Adapun konsep yang diterapkan tentunya tak jauh beda atau mirip dengan prinsip asuransi yang menanggung kerugian tertanggung berupa asuransi jiwa, sehingga hadirnya asuransi syariah di Indonesia berkaitan erat dengan syariat Islam yang sudah dijalankan sejak zaman nabi.

Konsep tolong menolong juga sudah menjadi salah satu prinsip yang dijalankan oleh asuransi syariah seperti Takaful Keluarga. Dengan bentuk dari alasan itulah maka bisa mendorong hadirnya asuransi syariah di Indonesia.

Perusahaan asuransi syariah mengumpulkan dana peserta dengan tujuan dan dimanfaatkan untuk tolong menolong terutama ketika ada salah satu peserta yang mendapatkan kemalangan.

Sejarah PT Asuransi Takaful Keluarga

Asuransi Takaful dikenal di Indonesia sejak tahun 1994 dengan hadirnya PT Takaful Indonesia sebagai syarikat  takaful Indonesia menjadi bukti perwujudan nyata dari sebuah komitmen dan kepedulian yang tulus terhadap perkembangan perekonomian berbasis syariah di lndonesia yang ditujukan untuk kemakmuran yang adil bagi masyarakat lndonesia secara keseluruhan.

Kelahiran Takaful Indonesia sebagai holding company PT Asuransi Takaful keluarga dan PT Asuransi Takaful Umum Asuransi Jiwa dan Umum Syariah pertama di Indonesia merupakan hasil dari komitmen dan kepedulian berbagai elemen bangsa yang tergabung dalam TIM Pembentukan Asuransi Takaful lndonesia (TEPATI) untuk mewujudkan tercapainya kemajuan pembangunan ekonomi syariah di bumi Nusantara.

Kelahiran Takaful lndonesia merupakan buah dari prakarsa berbagai elemen yaitu lkatan Cendikiawan Muslim lndonesia (lCMl) melalui Yayasan Abdi Bangsa, Bank Muamalat lndonesia Tbk, PT Asuransi Jiwa Tugu Mandiri, Departemen Keuangan Republik Indonesial, para pengusaha Muslim lndonesia, dengan bantuan teknis dari Syarikat Takaful Malaysia Bhd. (STMB)

Asuransi syariah Takaful berkomitmen untuk membantu perkembangan ekonomi berbasis syariah di Indonesia dengan tujuan untuk kesejahteraan yang adil dan merata bagi seluruh rakyat Indonesia.

Dengan potensi inilah yang menjadikan investor dari dalam dan luar negeri tertarik pada Takaful Indonesia. Dalam perjalanannya PT Asuransi Takaful Umum membuktikan keberadaannya dengan baik sampai mendapatkan berbagai penghargaan termasuk menerapkan sistem layanan mutu dengan jaminan ISO 9001:2008.

Asuransi Takaful juga menerapkan bentuk program baru yakni sharing of risk yang pernah atau sudah diterapkan pada zaman nabi untuk membantu keluarga yang mengalami musibah. Prinsip ini kemudian diadopsi dan diyakini mampu memupuk solidaritas serta mempererat tali silaturahmi antar peserta.

Jenis Asuransi Takaful

Asuransi Takaful, antara lain Takaful Personal, Takaful Dana Pendidikan, Takafulink Salam, Takafulink Salam Cendekia, Takafulink Salam Ziarah Baitullah, Takafulink Salam Wakaf, Takaful Salam Community, Takaful Al Khairat Individu, Takaful Kecelakaan Diri Individu, Takaful Korporat, Takaful Al-Kahirat Kumpulan, Takaful Ziarah, Takaful Bancassurance dan Takaful Pembiayaan.

Syarat menjadi peserta sudah berusia 17 tahun dan maksimal berusia 60 tahun. Produknya juga tidak sebatas produk individual saja, tapi juga mencakup produk asuransi keluarga dengan jumlah minimal peserta dua orang.

Manfaat Asuransi Takaful

Manfaat yang diberikan Asuransi Takaful antara lain:

1. Biaya rawat inap karena sakit atau kecelakaan.

2. Santunan kematian karena sakit atau kecelakaan.

3. Santunan tetap jika peserta mengalami cacat total karena sakit atau kecelakaan sehingga tidak bisa mencari nafkah lagi.

4. Bisa dobel klaim.

5. Bisa memilih rumah sakit untuk rawat inap.

6. Bagi hasil jika tidak ada klaim selama masa pertanggungan sampai periodenya selesai.

Lebih lanjut lagi, kamu bisa mendapatkan manfaat lebih besar jika menggunakan produk asuransi kumpulan atau kelompok yang ditawarkan Asuransi Takaful, seperti :

1. Biaya rawat inap serta perawatan medis termasuk ICU, kamar, intervensi medis seperti bedah dan obat, kunjungan dokter, ambulan dan gawat darurat.

2. Santunan kematian.

3. Proses klaim cepat dan mudah.

4. Tidak ada batasan kuota biaya perawatan.

5. Penyakit yang sudah ada sebelum menjadi peserta tetap dijamin mendapatkan perawatan.

6. Bagi hasil jika tidak klaim.

7. Layanan klaim 24 jam nonstop.

Kelebihan Asuransi Takaful

Salah satu kelebihan Asuransi Takaful adalah sesuai syariah dan tidak mengenakan riba dengan konsep tolong menolong. Jika dibandingkan dengan asuransi konvensional, tentu ada cukup banyak perbedaan antara asuransi syariah dengan asuransi konvensional.

Pengawasan asuransi syariah berada di bawah dewan pengawas syariah yang akan memastikan tidak ada yang melenceng baik dari pengelolaan dana investasi maupun dalam membangun sistem yang sejalan dengan ketentuan syariah serta hukum Islam.





Source link

0 comments on “Asuransi Takaful, Asuransi Syariah dengan Banyak Manfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *