Thursday, 01 October, 2020

Bank dengan Bunga Deposito Terbaik: Jangka 1,3,6 dan 12 Bulan



Ajaib.co.id – Salah satu produk perbankan untuk menyimpan dana adalah tabungan deposito. Berbeda dengan produk lainnya seperti tabungan biasa dan tabungan berjangka, deposito memiliki beberapa karakteristik serta kelebihan dan kekurangannya sendiri. Salah satu kelebihannya adalah bunga deposito terbaik jika dibandingkan dengan tabungan biasa atau tabungan berjangka. Tapi tentunya persyaratan membuka deposito juga tidak semudah dua jenis rekening tabungan lainnya.

Pengertian Deposito

Deposito adalah produk simpanan berjangka di mana nasabah menitipkan atau menyimpan uang di bank selama jangka waktu tertentu yang telah disepakati dengan pihak bank. Selama jangka waktu tersebut, nasabah setuju untuk tidak mengambil dana yang disimpan hingga waktu jatuh tempo.

Jadi, apabila Anda membuka tabungan deposito, dana tersebut tidak bisa Anda tarik selama masa perjanjian. Namun demikian, bunga deposito terbaik yang dibayarkan pihak bank bisa dicairkan atau ditransfer pada rekening aktif lain untuk Anda gunakan pada jangka waktu tertentu

Keunggulan Deposito

Berikut ini adalah beberapa keunggulan dari berinvestasi pada tabungan deposito.

  • Jangka Waktu Cukup Fleksibel

Walaupun selama jangka waktu penyimpanan Anda tidak dapat mengambil dana yang ditabungkan, namun Anda dapat memilih jangka waktu yang cukup fleksibel. Di antara beberapa pilihannya adalah menyimpan dana selama: 3, 6, 9 dan 12 bulan. 

Apabila jatuh tempo, deposito juga dapat diperpanjang otomatis dengan Automatic Roll Over (ARO). Sehingga jangka waktu deposito dapat diperpanjang kembali tanpa proses dari awal. Anda juga dapat memilih jangka waktu deposito yang lebih pendek, mulai dari 7 hari. Nama deposito untuk jangka waktu singkat ini adalah Deposito on Call. Deposito ini bisa dicairkan kurang dari jangka waktu satu bulan.

Salah satu tawaran menggiurkan tabungan deposito bagi para nasabahnya adalah bunga deposito terbaik jika dibandingkan dengan produk tabungan lainnya.

  • Salah Satu Investasi Terbaik

Deposito juga salah satu investasi terbaik di perbankan. Selain lebih aman karena adanya jaminan dari pihak Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS), deposito juga terbilang aman, menawarkan imbal balik yang pasti (bunga), risiko yang terbilang sangat kecil, serta bunga deposito dapat dicairkan tanpa menarik tabungan deposito. 

Kekurangan Deposito

Tentunya, jika dibandingkan dengan produk simpanan bank lainnya, deposito juga memiliki beberapa kelemahan. Di antaranya adalah sebagai berikut.

Jika dibandingkan dengan tabungan reguler, tabungan pendidikan atau tabungan pensiun, dana setoran awal deposito terbilang lebih tinggi. Setoran minimal biasanya mencapai lebih dari Rp5 juta bahkan hingga puluhan juta rupiah.

Namun jangan khawatir, jika ingin bisa membuka tabungan deposito dengan setoran awal lebih kecil, maka Anda dapat memilih tabungan deposito syariah. Beberapa bank syariah menyediakan tabungan deposito dengan setoran awal 1-2 juta rupiah. Hanya saja, jangka waktu minimal yang disediakan biasanya tidak kurang dari 12 bulan.

Inflasi pasti terjadi setiap tahunnya. Tabungan deposito yang disimpan dalam jangka waktu lama juga tidak terbebas dari risiko ini. Oleh karena itu, deposito hanya disarankan sebagai bentuk investasi jangka pendek. Karena, dalam jangka waktu lama, uang yang Anda simpan berupa deposito akan mengalami penurunan nilai, walaupun memiliki bunga deposito terbaik. 

  • Dikenakan Pajak Penghasilan

Bunga yang didapatkan dari deposito termasuk ke dalam jenis penghasilan. Oleh karena itu, bunga tersebut akan termasuk objek pajak dan dikenakan pajak penghasilan yang cukup besar, yakni 20% per tahun bagi deposito di atas Rp7.500.000.

Jika Anda menarik dana deposito sebelum batas waktu yang ditentukan (jatuh tempo), maka bank akan mengenakan biaya penalti pada uang dana tersebut. Oleh karena itu, ada kalanya menabung deposito malah merugikan, jika uang yang Anda gunakan bukan benar-benar dana pasif. Sebaiknya pastikan Anda telah memiliki persiapan keuangan bagi kebutuhan mendesak atau gawat darurat, sebelum memutuskan membuka rekening deposito.

Bunga Deposito Terbaik Agustus 2020

Mengutip dari laman pusat data kontan, berikut ini adalah daftar bank yang memberikan bunga deposito terbaik berdasarkan data Pusat Informasi Pasar Uang Bank Indonesia (PIPU BI) per 3 Agustus 2020.

  • Bunga Deposito 1 Bulan Terbaik

Untuk deposito berjangka 1 bulan, bunga deposito tertinggi ditawarkan oleh Bank Mega dengan 6,75%. Sementara itu Bank Mayora menempati posisi kedua tertinggi dengan penawaran bunga deposito sebesar 6,00%. Bank UOB Indonesia memberikan penawaran sebesar 5,75% sementara bank OCBC NISP< Bank BNI, Bank Mandiri dan Bank Bukopin sama-sama menawarkan bunga sebesar 5,50% untuk deposito jangka 1 bulan.

  • Bunga Deposito 3 Bulan Terbaik

Penawaran bunga deposito berjangka 3 bulan yang paling tinggi masih datang dari Bank Mega. Di mana Bank Mega menawarkan suku bunga hingga 6,85%. Bank Mayora, Bank Commonwealth dan Bank UOB Indonesia sama-sama menawarkan tingkat suku bunga sebesar 5,75%. Sementara Bank BTN, OCBC NISP, Bank DBS Indonesia, Bank Bukopin dan J Trust Bank menawarkan suku bunga 5,50%.

  • Bunga Deposito 6 Bulan Terbaik

Bank Mega juga menawarkan bunga tertinggi bagi Anda yang ingin membuka tabungan deposito berjangka 6 bulan. Bunga yang ditawarkan adalah sebesar 6,25%, masih lebih tinggi 0,5% dari bank Mayora dan Bank Bukopin yang menawarkan suku bunga sebesar 5,75% untuk produk deposito 6 bulan. 

  • Bunga Deposito 12 Bulan Terbaik

Untuk produk deposito 12 bulan, lagi-lagi Bank Mega menduduki posisi pertama sebagai bank dengan penawaran suku bunga deposito terbaik di angka 6,25%. Selanjutnya ada Bank Mayora dan Bank Bukopin yang memberikan penawaran 5,75%  disusul oleh Bank BTN, Bank BNI, Bank DBS Indonesia dan J Trust Bank dengan suku bunga mencapai 5,50%.





Source link

0 comments on “Bank dengan Bunga Deposito Terbaik: Jangka 1,3,6 dan 12 Bulan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *