Wednesday, 21 October, 2020

Begini Cara Mengisi Pulsa Listrik yang Benar



Sumber: 99.co

Ajaib.co.id – Cara mengisi pulsa listrik bisa dilakukan siapa saja, tidak perlu meminta bantuan petugas PLN. Cara mengisi pulsa listrik ke meteran bisa kamu lakukan sendiri karena prosesnya mudah dan cepat. Pastikan kamu telah memiliki token berupa 20 digit angka yang kamu dapatkan setelah melakukan pembelian pulsa listrik.

Listrik merupakan kebutuhan yang sangat penting pada masa sekarang ini. Bukan sekadar untuk penerangan, namun banyak sekali aktivitas sehari-hari kita yang membutuhkan peralatan elektronik. Berbagai macam peralatan elektronik ini mengandalkan listrik sebagai sumber dayanya. Bisa kamu bayangkan saat aliran listrik terganggu, repot sekali, bukan?

Bagi pelanggan PLN yang baru beralih dari penggunaan layanan listrik pascabayar ke prabayar, mungkin masih bingung bagaimana cara membeli pulsa listrik dan cara mengisi token listrik. Ketahui juga penyebab kegagalan isi token listrik. Simak uraian selengkapnya berikut ini.

Cara Membeli Pulsa Listrik

Buat kamu pelanggan layanan listrik prabayar, jangan lupa untuk mengisi pulsa listrik sebelum habis. Sangat penting untuk memperhatikan hal ini karena peralatan elektronik akan cepat rusak bila aliran listrik tidak stabil atau mati tiba-tiba. 

Cara membeli pulsa atau token listrik sangat mudah. Berikut ini beberapa cara membeli pulsa listrik yang dapat kamu lakukan. 

Membeli Pulsa Listrik di Tempat Penjualan Langsung

Membeli token listrik di tempat penjualan langsung merupakan cara yang sejak lama digunakan orang. Cara ini  mudah dan sederhana. Kamu cukup mendatangi loket-loket atau counter yang menjual pulsa listrik, seperti minimarket, KUD, toko, maupun counter pulsa. Tunjukkan nomor ID pelanggan PLN kepada penjual, kemudian bayarlah harga pulsa listrik yang kamu beli. Penjual akan memberikanmu angka kode token berupa 20 digit kode unik yang harus diinput ke meteran listrik.

Membeli Pulsa Listrik di Marketplace

Cara membeli pulsa listrik lainnya yang cukup populer saat ini adalah dengan menggunakan online marketplace. Kamu bisa membeli pulsa listrik di Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, maupun marketplace lainnya. Prosesnya praktis dan cepat. Selain itu, ada banyak promo cashback yang ditawarkan. Lumayan banget, hehe.

Membeli Pulsa Listrik Lewat ATM dan Internet Banking

Selain mendatangi tempat penjualan langsung dan lewat online marketplace, kamu juga dapat membeli pulsa listrik lewat ATM maupun internet banking. Hampir semua bank menawarkan layanan pembelian token listrik untuk nasabahnya. Kamu bisa membeli listrik lewat ATM maupun internet banking BCA, BNI, BRI, Mandiri, dan bank lainnya tempat kamu memiliki rekening.

Membeli Pulsa Listrik Lewat Aplikasi Pembayaran dan Uang Digital

Saat ini, banyak bermunculan aplikasi pembayaran yang menawarkan jasa pembayaran online. Kamu bisa membeli pulsa listrik melalui aplikasi OVO, Dana, GO-PAY, dan aplikasi pembayaran. Berbagai aplikasi fintech ini juga sering menawarkan promosi berupa diskon maupun cashback. 

Itulah cara membeli pulsa listrik yang bisa kamu pilih. Kamu bisa berganti-ganti tempat pembelian, loh. Cari saja tempat pembelian yang sedang menawarkan program promo paling menguntungkan. Lumayan hemat, kan. 

Cara Mengisi Pulsa Listrik Mudah dan Cepat

Setelah kamu melakukan pembelian pulsa listrik, kamu akan mendapatkan token berupa 20 digit kode unik. Berikut ini cara mengisi pulsa listrik yang benar.

  1. Siapkan kode unik yang berisi 20 digit angka.
  2. Masukkan kode dengan tekan tombol angka pada meteran listrik berurutan sesuai kode unik yang kamu dapatkan.
  3. Angka yang kamu ketik akan muncul pada layar.
  4. Jika kamu salah menekan angka kode, kamu bisa menghapusnya dengan menekan tombol “BACKSPACE”.
  5. Setelah selesai memasukkan kode, periksa kembali angka yang yang tertera pada layar. Pastikan kode unik yang kamu input sudah benar.
  6. Jika sudah benar, tekan tombol “ENTER”.
  7. Akan muncul tulisan “BENAR” atau “DITERIMA” pada layar yang artinya berhasil.
  8. Jika gagal, pada layar akan muncul tulisan “SALAH” atau “DITOLAK”. Ulangi lagi proses memasukkan token.
  9. Saldo pulsa listrik akan otomatis bertambah.

Jika proses pengisian pulsa yang kamu lakukan gagal terus setelah dicoba berkali-kali, ada beberapa kemungkinan yang terjadi. Penyebab kegagalan mengisi pulsa listrik ke meteran antara lain karena server PLN sedang error dan meteran prabayar yang sedang bermasalah. Selain itu bisa juga karena KwH over limit maupun meteran terblokir karena salah memasukkan kode berkali-kali.

Cara Mengisi Pulsa Listrik Gratis

Selama masa pandemi COVID-19, konsumsi listrik rumah tangga cenderung meningkat. Banyak orang kewalahan membayar tagihan listrik pascabayar maupun membeli pulsa listrik prabayar. Di samping itu, hampir semua sektor ekonomi melemah yang berimbas pada menurunnya pendapatan masyarakat. Alhasil, masyarakat golongan tidak mampu semakin kesulitan untuk membayar biaya listrik.

PLN menjawab kebutuhan masyarakat dengan memberikan token gratis kepada pelanggan listrik prabayar daya 450 VA. Ada 2 cara mengisi pulsa listrik gratis yang bisa dilakukan, yaitu melalui website PLN dan melalui Whatsapp.

Cara klaim pulsa listrik gratis melalui website adalah dengan mengunjungi laman stimulus.pln.co.id kemudian masuk ke menu pelanggan. Pilih stimulus COVID-19 dan masukkan ID pelanggan PLN. Jika data yang diinput telah sesuai, kode token listrik PLN gratis akan tampil dilayar. Kamu bisa langsung menginputnya ke meteran listrik rumahmu.

Jika kamu ingin mendapatkan pulsa listrik gratis melalui Whatsapp, kamu bisa mengirim pesan ke nomor 08122-123-123. Ikuti petunjuk yang tertera di pesan Whatsapp tersebut, seperti mengirimkan nomor ID pelanggan PLN yang sesuai. Kamu akan mendapatkan kode token listrik gratis melalui Whatsapp. 

Walaupun mendapatkan listrik gratis, bukan berarti kamu bisa boros dalam menggunakan listrik. Tetaplah bijak dan menggunakan peralatan elektronik sesuai kebutuhan. Masih banyak saudara-saudara kita di daerah pedalaman yang belum dapat menikmati penggunaan listrik.





Source link

0 comments on “Begini Cara Mengisi Pulsa Listrik yang Benar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *