Tuesday, 29 September, 2020

Berbagai Macam Bisnis Budaya Lokal yang Punya Potensi



Ajaib.co.id – Indonesia kaya akan budaya lokal yang saat ini sudah banyak dijadikan lahan bisnis untuk sumber pemasukan daerah atau perorangan. Meski dijadikan lahan bisnis, namun ini menjadi salah satu cara untuk melestarikan budaya yang sudah diwariskan secara turun temurun.

Apalagi saat ini, budaya lokal terancam musnah, karena tidak adanya penerus yang mau melestarikan kebudayaan lokal.

Menjadikan budaya lokal sebagai lahan bisnis, sebenarnya menjadi satu cara agar para penerus atau generasi muda mau menjaga kearifan lokal yang dimilikinya.

Mereka hanya perlu mengeluarkan idenya dan krativitasnya untuk menarik para wisatawan agar melihat ciri khas budaya yang dimiliki daerahnya. Apalagi pada dasarnya para wisatawan, entah lokal dan mancanegara, sangat tertarik dengan berbagai macam jenis budaya dari yang kita miliki.

Bisnis yang berkaitan dengan budaya ini sudah dilakukan sejak lama di Indonesia dan menjadi andalan bisnis pariwisata. Tidak hanya dijalankan oleh pemerintah, masyarakat setempat juga sudah bergerak untuk memajukan budayanya sendiri.

Dengan ribuan suku bangsa yang dimiliki Indonesia dari Sabang sampai Pulau We, bisa dibayangkan bagaimana hebatnya bisnis pariwisata Indonesia jika dikelola dengan baik. Apalagi jika generasi-generasi muda setempat mau mengelolanya.

Karena harus disadari, yang paling mengerti tentang budaya lokal adalah kelompok masyarakat lokal yang tumbuh dengan budaya tersebut.

Bentuk bisnisnya pun bisa apa saja. Kamu juga bisa mengambil inspirasi dari bisnis berkaitan budaya itu.

Inilah bisnis-bisnis berkaitan dengan budaya yang ada di Indonesia.

1.    Traveling

Bisnis yang paling erat dengan budaya adalah bisnis jalan-jalan. Indonesia memiliki banyak suku dengan kearifannya masing-masing. Mereka punya hidup dengan ciri khas tersendiri yang disebut adat-istiadat.

Beberapa suku di Indonesia mengizinkan wilayahnya menjadi kawasan wisata adat. Hal ini bisa menjadi pengalaman jalan-jalan yang unik karena tidak akan ditemukan di tempat lain.

Seperti melihat rumah adat, pakaian adat khas yang mungkin tidak pernah diperlihatkan secara umum, mendengar komunikasi mereka dengan bahasa daerah yang langsung didengar dari penutur aslinya.

Untuk bisa ikut traveling ke tempat adat ini, kamu harus mengikuti aturan dan persyaratan yang berlaku dan harus mau membaur dengan penduduknya.

Mungkin kamu tidak akan terbiasa dengan kebiasaan-kebiasaan mereka, dan kepercayaan masyarakat setempat, tapi kamu bisa mendapatkan pengalaman baru dan berharga. Wisata seperti inilah yang umumnya dicari orang-orang.

Tidak hanya wisatawan domestik, wisata jenis ini juga menarik banyak wisatawan dari mancanegara. Selain itu bisa juga berkunjung ke tempat-tempat lain yang punya napas sosial budaya yang kuat.

2.    Bisnis Cendera Mata

Bisnis oleh-oleh untuk para wisatawan ini juga bisa dijajal. Cendera mata yang dijual biasanya masih berhubungan dengan budaya setempat dan umumnya dibuat langsung oleh masyarakat lokal.

Biasanya yang paling disukai oleh wisatawan adalah cendera mata yang mudah dibawa dan dibungkus. Bentuk cendera matanya pun bermacam-macam. Yang paling umum adalah gantungan kunci, tas, ada juga yang tertarik dengan patung, lukisan, dan masih banyak lagi.

Untuk bisa berbisnis ini kamu perlu bekerja sama dengan perajin setempat. Memberikan tempat untuk mereka berkarya dan menyalurkan hasil kerja kerasnya. Jangan lupa membayar mereka dengan harga yang layak.

Intinya kamu harus bisa mendekati mereka dengan cara yang tulus dan elegan. Bisnis cendera mata ini biasanya paling banyak menarik perhatian wisatawan mancanegara karena mereka menyenangi sesuatu yang asli.

3.    Bisnis Kuliner

Bisnis budaya selanjutnya yang bisa dijajal adalah bisnis kuliner. Terutama kuliner yang berkaitan dengan budaya setempat. Bisnis ini bisa dipadukan dengan bisnis jalan-jalan.

Kamu sudah tahu, Indonesia memiliki begitu banyak kekayaan kuliner. Makanan khas Indonesia ada begitu banyak. Bahkan, ada kuliner khas Indonesia yang menjadi salah satu makanan paling enak di dunia versi sebuah lembaga survei.

Kuliner Indonesia memang dapat memberikan keuntungan untuk pelaku bisnis karena ada banyak yang bisa dieksplorasi untuk dijadikan bisnis.

Coba saja kamu ke suatu daerah di Indonesia yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya. Kamu pasti akan ingin mencoba makanan khas daerah tersebut dibandingkan mencari makanan yang lebih umum atau makanan cepat saji.

Kamu bahkan bisa rela mencari kuliner tersebut sampai dapat karena mumpung sedang berada di daerahnya. Kesempatan yang ada tidak akan kamu sia-siakan.

Jika kamu ingin membuka bisnis ini, kamu harus survei terlebih dahulu jenis kuliner apa saja yang paling diincar oleh pelancong. Akan lebih baik kamu membuka bisnis kuliner di tempat yang kamu termasuk sebagai penduduk lokalnya.

Walaupun tidak tahu bagaimana cara memasaknya, kamu bisa bekerja sama dengan orang yang punya pengetahuan lebih tentang kuliner yang ingin kamu bisniskan.

4.    Bisnis Pertunjukan Budaya

Pertunjukan budaya lokal juga bisa menjadi bisnis yang menarik bagi penyelenggara. Pertunjukan budaya ini biasanya diisi oleh seniman-seniman setempat.

Pertunjukan bisa apa saja. Bisa pertunjukkan drama, pertunjukan lagu daerah dengan alat musik tradisional, tarian tradisional, dan yang lainnya.

Pemerintah juga sering mengadakan pertunjukan budaya untuk hiburan para wisatawan. Biasanya untuk mengadakan pertunjukan ini kamu harus bekerja sama dengan event organizer yang sudah biasa mengurus acaranya.

Dengan cara ini kita bisa sekalian melestarikan budaya-budaya asli yang mulai ditinggalkan oleh kawula muda. Pertunjukan budaya juga bisa menjadi sumber mata pencarian seniman. Dengan cara itu kita menghargai mereka.

Pertunjukan budaya biasanya disenangi oleh wisatawan dari luar Indonesia. Dari domestik juga ada yang tertarik terhadapnya.

5.    Bisnis Pembuatan Karya Lokal

Memperkenalkan budaya Indonesia ke tempat yang lebih luas sekarang bisa dengan berbagai macam cara. Ada yang memperkenalkannya dengan karya animasi, film, musik, komik, dan masih banyak lagi.

Film-film bermuatan lokal ini sangat bisa dibawa ke luar negeri untuk mengikuti berbagai macam festival film internasional. Dari sana karyamu bisa mendapatkan apresiasi dan ditonton oleh mereka yang tertarik.

Musik juga menjadi salah satu medium yang bisa digunakan untuk memperkenalkan budaya sekaligus bisnis yang mencerahkan. Apalagi saat ini terdapat berbagai macam aplikasi musik yang memungkinkan orang mendengarkan musik yang berasal dari seluruh dunia.

Untuk membuat karya tersebut diperlukan modal yang besar. Kamu harus pintar mencari sponsor yang bisa mendukung bisnismu ini. Memang tidak mudah, tapi bisa kamu lakukan jika punya perencanaan yang cukup matang dan tim pendukung.

Semua bisnis di atas sangat punya potensi untuk mendapatkan keuntungan. Semoga saja setelah pandemi ini berakhir, bisnis budaya lokal Indonesia kembali berjaya dan orang-orang yang menjalankan bisnisnya bisa bekerja lagi seperti sedia kala.





Source link

0 comments on “Berbagai Macam Bisnis Budaya Lokal yang Punya Potensi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *