Friday, 18 September, 2020

Cara Berpikir Positif yang Bisa Membuatmu Bersemangat



Ajaib.co.id – Berpikir positif itu memiliki banyak manfaat. Di antaranya adalah mampu membuatmu bangkit setelah terjatuh, mampu membuatmu jadi produktif setiap waktu karena kamu semangat dalam menjalankan hidupmu. Berpikir positif kadang tidak bisa ada begitu saja, tapi harus dilatih sehingga terbiasa. Artinya saat diperlukan, berpikir positif itu harus diusahakan. Cara berpikir positif sebenarnya tidak terlalu sulit. 

Kamu dapat mempraktikan cara berpikir positif dengan cara berikut ini:

Memiliki Mimpi

Cara berpikir positif yang pertama adalah cobalah untuk tentukan mimpimu di masa depan. Apa saja yang ingin kamu raih. Tuliskan di buku atau di kertas yang ditempelkan di tembok agar kamu bisa mengingat terus tentang mimpimu. 

Memiliki mimpi akan membuatmu terus mengharapkan yang terbaik dan yakin terhadap dirimu sendiri karena kamu benar-benar mau menggapainya. Mendorong kamu tetap berjuang, walaupun sudah gagal berkali-kali. Lalu, kamu juga akan tetap semangat menjalankan hari-harimu. Ketika mimpi itu bisa tercapai kamu pasti bisa merasakan kebahagiaan yang sangat nyata.

Membaca Buku yang Berkaitan dengan Berpikir Positif

Buku yang berisi self-improvement sekarang mudah kamu temukan di toko buku, dan daftarnya ada sangat banyak. Biasanya di toko buku, buku tentang berpikir positif mudah ditemukan di bagian pengembangan diri. Kamu bisa memilih buku yang sesuai dengan keadaanmu. Selain menambah wawasan baru, kamu pasti akan menemukan sesuatu dari buku yang dibaca.

Jika tidak suka membaca buku, coba saja tetap membacanya karena manfaatnya akan sangat besar. Buku yang membahas hal positif, akan mampu membuat pikiranmu menjadi positif juga. Dan membantumu menemukan dirimu yang baru. Walaupun sedang pandemi begini, kamu bisa membeli buku di online. Harganya pun biasanya jauh lebih murah dibandingkan dengan yang ada di toko buku.  

Menganggap Kegagalan Sebagai Keberhasilan yang Tertunda

Cara berpikir positif selanjutnya bisa diterapkan ketika kamu sedang gagal. Gagal adalah suatu hal yang wajar terjadi, tapi tetap saja terasa menyakitkan. Padahal kamu sudah melakukan persiapan yang panjang, dan sudah yakin kamu bisa mendapatkannya. Apa daya takdir berkata lain. 

Saat itu terasa bahwa kamu tidak punya kesempatan. Sekarang ubah pandanganmu tentang kegagalan. Selama masih bernapas, kamu masih punya kesempatan untuk mengubahnya dengan memulai dari awal.

Ketika kamu banyak gagal itu karena kamu banyak mencoba. Itu artinya kamu sudah memiliki daftar pembelajaran dari kegagalan-kegagalan yang banyak itu. Anggaplah kegagalan sebagai keberhasilan yang tertunda. Setelah ini keberhasilan itu benar-benar akan kamu raih.

Berkumpul dengan Orang-orang yang Berpikiran Positif

Cara berpikir positif selanjutnya adalah dengan berkumpul bersama orang-orang yang memiliki pikiran positif. Orang ini mungkin jarang ada di sekitarmu, jadi kamu perlu mencarinya di tempat lain. Kamu bisa menemukan mereka di sebuah komunitas hobi yang kamu sukai.

Atau seorang teman yang asyik diajak ngobrol dan ketika kamu bercerita tentang masalah-masalahmu, tidak menghakimi, mendengarkan dengan baik. Kamu sebaiknya berkumpul bersama-sama orang ini karena mereka mampu membawa energi positif padamu.

Jauhi orang-orang yang sering mengucilkanmu atau orang-orang yang berpikiran negatif pada dirinya sendiri. Mereka bisa memberikan pengaruh yang buruk jika kamu tidak mampu mengendalikan pikiranmu sendiri.

Jangan Ikut Drama yang Terjadi di Sekitarmu

Hal ini agar kamu tidak terkena masalah juga. Biasanya agar nyambung bicara sama orang lain, kamu jadi terpaksa membicarakan hal yang bukan ranahmu, yaitu menjelekkan seseorang yang sebenarnya belum tentu ceritanya seperti itu.

Fokuslah pada dirimu sendiri. Ini lebih baik daripada ikut drama yang terjadi di sekitarmu. Terlihat asyik karena ada bahan obrolan, tapi sebenarnya kamu akan kehilangan fokus karena lebih senang membahas orang lain. Jika kamu sibuk membicarakan orang lain di belakangnya, jangan heran jika orang tersebut sebenarnya tidak seburuk yang dibicarakan. 

Yakin Kamu Bisa Melakukannya

Perasaan yakin ini bisa kamu ciptakan di dalam dirimu sendiri. Orang lain mungkin bisa mengatakan kamu bisa melakukannya, tapi dirimu harus tetap menekankan yang serupa di pikiranmu. Yakin itu harus diusahakan, jadi harus seimbang dengan usaha yang kamu lakukan juga. Untuk itulah usahamu jangan setengah-setengah.

Ketika menginginkan sesuatu, jangan hanya berandai-andai. Lakukan yang dapat dilakukan. Keyakinan akan muncul dengan kuat setelah kamu melakukan persiapan yang sudah matang.

Biasakan Tertawa

Tertawa juga bisa membuatmu berpikir positif tentang dirimu sendiri. Jika ingin memancing agar bisa tertawa, kamu bisa membaca buku yang ceritanya lucu. Atau menonton film komedi yang tingkat kelucuannya berada di atas rata-rata. Berbagi cerita lucu bersama teman-temanmu juga bisa untuk memancing tawa.

Tertawalah sesukamu, asal di tempat yang tepat. Jangan tertawa di tengah jalan agar tidak dikira aneh oleh orang yang melihatmu.

Puji Dirimu Sendiri

Memuji diri sendiri itu tidak salah, artinya kamu sedang mengapresiasi dirimu sendiri. Orang lain mungkin tidak akan memujimu dan berkomentar tentang hal ini dan itu, tapi kamu dapat memuji dirimu sendiri. Ini bukan bentuk kesombongan, melainkan kepercayaan terhadap dirimu sendiri.

Katakan bahwa kamu hebat karena sudah berhasil melalui semuanya dengan baik. Kamu juga bisa memuji dirimu cantik atau tampan. Pokoknya pujian apa saja yang membuatmu senang, dan mampu berpikir positif.

Kamu dapat mempraktekannya dengan melihat cermin, dan pujilah dirimu sepuasnya di depan cermin. Orang lain boleh jadi merendahkanmu, tapi kamu tidak boleh memandang rendah diri sendiri.





Source link

0 comments on “Cara Berpikir Positif yang Bisa Membuatmu Bersemangat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *