Tuesday, 29 September, 2020

Cara Gampang Bersihkan Peralatan Rumah Tangga dengan Garam



Ajaib.co.id – Siapa sangka ternyata garam sangat efektif untuk membersihkan peralatan rumah tangga. Meskipun sangat efektif, sayangnya masih banyak yang belum menyadarinya. Sehingga pada akhirnya banyak yang belum memanfaatkan garam. 

Tentunya bukan tanpa alasan kenapa garam sangat efektif untuk membersihkan perabot rumah tangga. Jika memang seperti itu faktanya, lalu apa alasan garam bisa dimanfaatkan untuk membersihkan berbagai perabotan rumah tangga? 

Alasan Garam Efektif Bersihkan Perabot Rumah Tangga

Selama ini garam cenderung lebih dikenal sebagai salah satu penyedap rasa masakan. Selain itu garam juga dikenal bermanfaat untuk mengawetkan makanan. Di sisi lain garam juga dikenal efektif untuk membantu menurunkan titik beku air. 

Tetapi faktanya tidak hanya sebatas itu manfaat garam. Garam juga bisa dimanfaatkan dalam hal bersih-bersih. Utamanya untuk membersihkan berbagai perabot yang ada di rumah. Hal ini dikarenakan garam bersifat abrasif.

Secara tekstur garam terdiri atas kristal kecil. Butiran garam memiliki sisi tajam layaknya seperti amplas. Oleh sebab itu garam juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan noda. Selain bersifat abrasif, garam adalah penyerap yang cukup efektif. 

Garam sering digunakan untuk membersihkan talenan kayu. Hal seperti ini sudah umum dilakukan oleh tukang daging. Hal ini dikarenakan garam memiliki kemampuan menyerap cairan yang masuk ke talenan agar terhindar dari bakteri. 

Alasan lain kenapa garam cukup efektif untuk membersihkan peralatan rumah tangga karena garam adalah teman terbaik asam. Larutan garam yang dicampur dengan asam, seperti cuka atau jus lemon, natrium, dan atom klorin mampu menghasilkan reaksi kimia yang cukup kuat. Itulah kenapa garam dan cuka bisa menjaga saluran air tetap lancar. 

Kegunaan Garam sebagai Pembersih Perabot Rumah Tangga

Di atas sudah sangat jelas dikatakan jika garam memiliki kemampuan membersihkan noda yang ada di peralatan rumah tangga. Nah, yang menjadi pertanyaannya kemudian adalah bagaimana cara memanfaatkan garam untuk membersihkan perabot rumah tangga? 

  • Membersihkan Karet yang Menempel pada Besi Setrika

Pada saat menyetrika baju, terkadang besi setrika mengenai sablon baju. Sablon ini kemudian melekat pada besi setrika tersebut. Jika sudah menempel seperti ini, untuk membersihkannya banyak yang mengalami kesulitan. 

Nah, untuk Anda yang kebetulan tengah menghadapi situasi seperti ini, coba gunakan garam untuk membersihkannya. Caranya, siapkan garam secukupnya di atas kertas yang terlipat. Setelah itu hidupkan setrika hingga pada kondisi panas yang tinggi. 

Setelah besi setrika dirasa panas, Anda tinggal taburkan garam dengan menggunakan kertas tadi. Dijamin bekas karet yang menempel pada setrika perlahan akan terkelupas dengan sendirinya. 

Ketika Anda secara tidak sengaja memecahkan telur di meja maupun lantai, jangan panik. Selain itu sebaiknya jangan langsung membersihkannya dengan tisu maupun lap. Sebaiknya taburi genangan telur tadi dengan garam. 

Setelah itu diamkan hingga 10 sampai dengan 15 menit. Nantinya garam akan membuat putih dan kuning telur menjadi layaknya seperti pasir gembur. Sehingga Anda pun akan lebih mudah untuk menyekanya. 

Jika dalam keadaan darurat sabun pencuci piring tiba-tiba hampir habis, Anda pun bisa memanfaatkan garam. Caranya adalah campur garam dengan sedikit sabun pencuci piring dan baking soda

  • Melepaskan Minyak dari Panci

Sema pasti sepakat jika minyak seringnya sulit dibersihkan dari permukaan panci maupun penggorengan. Bahkan dengan menggunakan sabun pencuci piring pun masih saja sulit dibersihkan. 

Kini Anda bisa mencoba alternatif lain untuk membersihkan peralatan rumah tangga ini dari noda minyak yang membandel. Caranya adalah dengan menaburi permukaannya dengan garam. 

Nantinya setelah permukaan panci atau penggorengan Anda taburi garam, tambahkan air lalu diamkan hingga 10 menit. Larutan garam dan air akan melepaskan minyak yang menempel tadi. Dengan demikian, panci maupun penggorengan pun akan lebih mudah dibersihkan. 

Setelah digunakan berkali-kali, sudah pasti sisa makanan atau kotoran akan menempel pada spons pencuci piring. Agar spons tersebut bersih seperti baru lagi, Anda bisa membersihkannya dengan garam. 

Caranya pun cukup mudah. Anda tinggal mengisi wadah dengan dua gelas air dan seperempat cangkir garam. Setelah itu Anda tinggal merendam spons di dalamnya. Tunggu hingga semalaman. 

  • Membersihkan Talenan Kayu

Bingung talenan kayu sulit dibersihkan. Tenang saja, sebab kini ada cara efektif untuk membersihkannya. Sebab hanya dengan garam semua noda membandel pada talenan kayu bisa dibersihkan. Lalu bagaimana caranya? 

Caranya Anda tinggal melarutkan air panas, garam, dan air jeruk nipis. Setelah itu seka talenan dengan menggunakan handuk atau lap yang sebelumnya sudah dicelupkan pada larutan tadi. Noda membandel pada talenan kayu dijamin hilang secara maksimal.

  • Pembersih Kotoran yang Menyumbat Saluran

Garam ternyata bisa dijadikan sebagai pelarut kotoran yang menyumbat saluran pembersih. Caranya Anda tinggal mencampurkan seperempat cangkir baking soda dan seperempat cangkir garam. Lalu tambahkan seperempat air cuka putih. Kemudian tuangkan ke dalam saluran pembersih dan diamkan kira-kira 15 menit. Setelah itu bilas dengan air mendidih. 

Banyak yang belum sadar jika noda jamur dan bau apek pada pakaian atau handuk bisa dihilangkan dengan garam. Caranya adalah dengan membuat pasta dari garam dan jus lemon. Setelah itu gosokkan pasta tersebut pada noda tadi. Kemudian keringkan di bawah sinar matahari. Setelah kering, cuci pakaian atau handuk tadi. 

Itulah beberapa kemampuan garam sebagai pembersih alami berbagai perabotan yang ada di dalam rumah. Ternyata tanpa Anda sadari, cukup banyak bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk membersihkan peralatan rumah tangga.





Source link

0 comments on “Cara Gampang Bersihkan Peralatan Rumah Tangga dengan Garam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *