Wednesday, 30 September, 2020

Cara Membeli Mobil Sebagai Investasi yang Baik



Cara Membeli Mobil
Cara Membeli Mobil

Ajaib.co.id – Kepemilikan mobil saat ini bukan hanya sebagai gengsi maupun gaya hidup semata saja, melainkan kamu bisa memilikinya dengan cara membeli mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan utilitas sehari-hari. Bahkan, masih banyak orang yang belum tahu bahwa sebenarnya mobil dapat dijadikan sebagai investasi yang baik untuk masa depan.

Coba saja kamu bayangkan, berapa banyak orang yang menggantungkan hidupnya dengan bekerja sebagai driver online untuk mobil. Bila kamu memperhatikan hal ini, tentunya kamu sudah kebayang betapa bergunanya mobil tersebut untuk mereka. Bagi mereka mobil tersebut bagaikan sebuah investasi jangka panjang untuk mendapatkan penghasilan sehari-hari.

Banyak orang juga menabung untuk membeli mobil. Banyak yang mengusahakan uang muka besar supaya bisa membeli mobil baru dengan kredit hanya 2 tahun sampai 3 tahun. Pastinya ada banyak cara yang dilakukan untuk memiliki mobil. Tapi bagaimana jika ingin punya mobil yang digunakan untuk investasi?

Cara Membeli Mobil Sebagai Investasi Masa Depan

Oleh sebab itu, bagi kamu yang ingin membeli mobil dalam waktu dekat. Setidaknya, ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan agar pembelian mobil tersebut baik untuk masa depanmu. Beli mobil baru jangan hanya untuk dipakai sehari-hari. Pastinya uang untuk ditabung harus mendapatkan nilai yang seimbang.

1.    Bila anggaran terbatas, beli mobil bekas

Seringkali kita temukan bahwa banyak orang yang tidak sanggup untuk membayar cicilan mobil baru. Hal ini dikarenakan mungkin mereka terlalu memilih jenis mobil dengan harga cukup mahal. Namun, bila kamu terkendala dengan terbatasnya anggaran yang dimiliki. Kamu bisa memilih mobil bekas yang masih dalam kondisi layak jalan.

Sehingga, walaupun kamu mendapatkan harga mobil bekas yang cukup murah. Kamu juga tidak perlu mengeluarkan biaya besar lainnya seperti biaya perawatan dan sebagainya. Biaya cicilmu juga tidak besar serta untuk dp mobil juga tidak terlalu besar. Apalagi jika kamu hanya punya budget cicilan di bawah 2 juta per bulan.

Untuk itu, sebelum kamu membeli mobil bekas, pastikan kamu sudah mengecek beberapa hal diantaranya memastikan catatan servis lengkap. Dengan begitu perawatan akan jauh lebih mudah. Jangan lupa cek fungsi alat-alat aksesoris dan interior yang meliputi AC, sistem audio, dan switch lampu.

Cek seluruh bodi mobil apakah bekas tabrakan atau tidak. Pastikan kondisi mesin dalam keadaan baik, kamu bisa mengujinya dengan melakukan test drive terhadap mobil tersebut untuk mengetahui apakah mesin, rem, transmisi, dan aki mobil masih dalam kondisi baik. Terakhir kelengkapan dokumen mobil seperti STNK dan BPKB.

Untuk pengecekan kondisi mesin, ada baiknya kamu mengajak atau memanggil seorang teknisi untuk melihat mesin mobil tersebut guna mengetahui apakah mesin dalam kondisi baik atau tidak.

2.    Lakukan Riset

Salah satu alasan terbesar mengapa kamu mendapatkan kondisi mobil bekas yang kurang baik adalah kamu tidak melakukan riset terlebih dahulu. Kamu bisa melakukan riset harga dan informasi lainnya dari dealer yang kamu kunjungi. Usahakan untuk mengunjungi dealer lebih dari lokasi untuk mendapatkan perbandingan harga dan juga kualitas mobil bekas yang mereka jual.

Dalam hal ini kamu tidak perlu menjadi seorang yang expert dengan mengetahui segala apa pun yang berhubungan dengan mobil. Riset saja dirasa tidak cukup sebab kamu harus punya kemampuan untuk menganalisa mobil mulai dari kekurangan sampai kelebihan dari mobil tersebut.

Hal-hal tersebut perlu kamu ketahui agar kamu bisa mendapatkan penawaran yang cukup kompetitif dari mobil yang ingin kamu beli di sebuah dealer. Kamu bisa menghabiskan waktumu untuk mempelajari hal-hal tersebut guna mengetahui apa yang seharusnya didapatkan saat melakukan transaksi pembelian di dealer.

3.    Pilihlah Mobil yang Hemat Bahan Bakar

Selain memperhatikan hal-hal yang sudah redaksi Ajaib sampaikan sebelumnya, kamu juga perlu mencari informasi tentang penggunaan bahan bakar dari mobil yang ingin dibeli. Kamu bisa membeli mobil dengan kapasitas 1.500 cc, di mana kapasitas mobil tersebut sangat cocok untuk kebutuhan sehari-hari di jalanan perkotaan. Pilihan mobil yang bisa kamu pertimbangkan misalnya Mitsubishi XPander 1.5 Ultimate, Suzuki All New Ertiga 1.5, Nissan All New Livina 1.5 VL, dan Honda Mobilio RS.

4.    Sesuaikan Mobil dengan Kebutuhanmu

Saat ini, berbagai aksesoris dan interior seperti gadget banyak ditawarkan oleh para produsen mobil. Namun, dari itu semua peralatan tersebut tidak semuanya akan digunakan oleh pengemudi maupun anggota keluargamu.

Oleh sebab itu, kamu bisa memilih dan mempertimbangkan spesifikasi mobil yang sesuai dengan utilitas sehari-hari. Sebab, aksesoris tersebut bisa dengan mudah kamu beli secara murah lewat e-commerce. Dalam mencari mobil, kamu perlu berfokus kepada fitur-fitur intinya saja. Hal ini bisa membuatmu semakin menghemat pengeluaran saat membeli sebuah mobil misalnya irit bahan bakar.

5.    Lakukan Perawatan

Bengkel tidak resmi banyak menyarankan kamu untuk selalu mengganti oli setiap 3.000 km. Namun, pada dasarnya hal tersebut bisa lebih lama mencapai 5,000 km, bahkan 7.500 km. Untuk memastikannya, kamu bisa membaca buku panduan dan instruksi dari pabrik.

Sebagian besar perawatan mobilmu sebenarnya bisa dilakukan di rumah seperti mengganti oli, mengganti cairan transmisi, mengganti filter udara, mengganti filter oli, mengecek tekanan angin pada ban, dan lain-lain. Cara ini bisa membuat kamu menghemat biaya perawatan mobilmu misalnya dengan mengganti oli mobil sendiri, kamu sudah bisa menghemat uang sebesar Rp300.000 – Rp 500.000.

6.    Berinvestasi

Bila kamu memiliki rencana dalam waktu 5 tahun ke depan ingin membeli sebuah mobil, kamu bisa mulai mempersiapkan dana tersebut mulai dari sekarang misalnya dengan mulai menabung. Dengan mencari kendaraan investasi yang memiliki potensi return per tahun yang sesuai dengan tujuan investasi dalam 5 tahun kedepan tersebut.

Pilihan produk investasi yang menjanjikan tingkat pengembalian yang besar adalah saham dengan return mencapai 20-30% per tahun. Kamu bisa berinvestasi secara berkala baik itu harian, mingguan, bulanan, maupun tahunan dengan mudah lewat aplikasi Ajaib dengan minimal pembelian 1 lot saham (100 lembar).

Apalagi kamu akan dibebankan biaya transaksi yang relatif murah. Bukan hanya saham, kamu juga bisa berinvestasi sesuai tujuan investasimu lewat berbagai jenis reksa dana yang tersedia di aplikasi Ajaib mulai Rp10.000.

Baik itu reksa dana maupun saham, kedua instrumen investasi ini bisa kamu sesuaikan dengan profil risiko dan tujuan investasimu agar bisa memaksimalkan potensi return yang diperoleh. Sehingga membeli mobil secara tunai dan tanpa harus kredit mobil kini bukan lagi hanya isapan jempol belaka. Melainkan, bisa direalisasikan dengan cara berinvestasi mulai dari sekarang.

Demikianlah berbagai tips dan cara membeli mobil agar kamu tidak buntung. Dengan mengikuti beberapa tips di atas setidaknya kamu bisa mengurangi berbagai beban biaya tambahan untuk mobilmu dan dapat secara nyaman menggunakan mobil tersebut sesuai kebutuhan dan utilitas sehari-hari. Jika demikian, mobil tersebut dapat dijadikan sebagai investasi yang baik untuk masa depan





Source link

0 comments on “Cara Membeli Mobil Sebagai Investasi yang Baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *