Thursday, 01 October, 2020

Cara Membuat Iklan Yang Menarik Agar Dilirik Orang



Sumber: Brilio

Ajaib.co.id – Pengetahuan tentang cara membuat iklan yang menarik tentu harus dimiliki oleh setiap pebisnis. Apalagi kini instrumen untuk membuat iklan sudah tersedia banyak sekali. Sayangnya masih banyak yang kurang efektif saat membuat iklan. Sehingga yang terjadi adalah iklan yang dibuat terkesan biasa-biasa saja dan kurang menarik perhatian. 

Padahal jika dilihat dari tujuan utama iklan dibuat adalah untuk membujuk atau mendorong masyarakat agar mereka tertarik untuk menggunakan produk maupun jasa yang ditawarkan. Itulah kenapa iklan perlu dibuat semenarik mungkin. Dan yang paling penting adalah mampu menarik perhatian banyak orang. 

Nah, agar mampu menjangkau banyak orang, iklan perlu ditayangkan dengan media yang tepat. Entah itu media offline maupun online. Media offline yang dimaksud di sini contohnya seperti media cetak koran, tabloid, brosur, spanduk, dan lain-lain. Sementara itu media online yang dimaksud di sini contohnya seperti website dan media sosial. 

Tips Membuat Iklan Agar Dilirik Orang

Selain harus cerdas memperhitungkan untung dan rugi. Sebagai seorang pelaku bisnis Anda juga dituntut mampu berpikir secara lebih kreatif. Tujuannya tidak lain agar produk maupun jasa yang Anda tawarkan bisa diterima oleh khalayak umum. 

Nah, salah satu cara untuk memasarkan produk maupun jasa tersebut adalah dengan memasang iklan. Sayangnya jika boleh jujur kebanyakan masyarakat justru memilih menghindari atau melewatkan iklan begitu saja. 

Nah, agar mampu menarik perhatian, tentunya perlu trik khusus untuk membuat sebuah iklan yang menarik. Jika memang demikian, pertanyaannya adalah bagaimana cara membuat iklan yang menarik? Sebuah iklan yang mampu membuat banyak masyarakat ikut menikmati dan mengingat iklan tersebut. 

  • Memilih Tempat Beriklan Yang Tepat

Sebelum memikirkan membuat iklan yang unik dan menarik, pikirkan terlebih dahulu media yang akan digunakan. Carilah tempat yang sering dilihat dan dilalui banyak orang. Dengan demikian, kemungkinan besar iklan yang Anda buat banyak dibaca oleh masyarakat. 

  • Buat Judul Atau Slogan Unik

Agar mampu menarik minat masyarakat untuk membaca iklan yang Anda buat, sebaiknya gunakan bahasa yang lugas. Selain itu pilihlah pilihan kata yang tepat. Dalam konteks ini, judul iklan memiliki peran yang sangat penting. 

Oleh sebab itu buatlah judul atau slogan yang unik dan semenarik mungkin. Tujuannya agar menarik perhatian konsumen dengan membuat penasaran orang yang melihat iklan. Dengan demikian mereka kemungkinan besar ada keinginan untuk membaca iklan lebih lanjut. 

Ingat, sisi desain juga patut dipertimbangkan pada saat membuat sebuah iklan. Mulai dari penggunaan font, gaya penulisan, kombinasi warna, dan lain-lain. Sementara itu jika Anda ingin membuat banyak iklan, pastikan Anda sudah memiliki konsistensi penggunaan warna, jenis font, hingga logo produk agar mudah diingat masyarakat. 

  • Berikan Penawaran Yang Menarik

Salah satu upaya agar menarik calon konsumen adalah dengan memberikan penawaran yang menarik. Maka dari itu sebaiknya cantumkan penawaran tersebut dalam iklan. Misalnya saja seperti potongan harga, gratis ongkos kirim, dan lain sebagainya. 

  • Menampilkan Tokoh Penting Dan Terkenal 

Kini jika Anda perhatikan cukup banyak yang memanfaatkan ikon yang dicintai masyarakat agar produk atau jasa yang ditawarkan mudah diterima masyarakat. Artinya semakin kreatif, iklan akan semakin menarik perhatian banyak orang. 

Itulah beberapa poin penting yang harus diperhatikan pada saat Anda membuat sebuah iklan. Namun jika diperhatikan, semakin ke sini, para pembuat iklan sudah semakin inovatif dan kreatif. Sekarang giliran Anda untuk membuat sebuah iklan yang tidak kalah kreatif dan inovatif. 

Cara Iklan di Era Digital dengan Programmatic Ads

Inovasi dan teknologi di era digital dengan tujuan untuk lebih memudahkan para penggunanya. Tidak terkecuali di dunia periklanan. Dan salah satu contoh inovasi tersebut adalah programmatic advertising, yang menjadi salah satu cara membuat iklan digital yang menarik di era seperti sekarang ini. 

Programmatic advertising pada dasarnya merupakan iklan terprogram yang akan memberikan efisiensi tinggi untuk para buyer dan publisher di seluruh dunia. Dengan demikian, cara-cara konvensional seperti menghubungi platformyang dituju dengan menggunakan telepon sudah tidak efektif. 

Cara kerjanya pun tidak memakan waktu lama. Bahkan dikatakan jika pengiklan bisa dengan santai memilih format yang sesuai untuk produk yang diiklankan. Selain itu, pengiklan juga tidak perlu lagi menelepon publisher tujuan untuk negosiasi harga. 

Hal ini disebabkan aplikasi programmatic ads ini sudah terhubung dengan publisher itu sendiri. Sementara itu di sisi lain harga iklan pun sangat bisa disesuaikan dengan anggaran pengiklan. 

Inovasi seperti ini pun kian relevan di tengah kondisi platformdigital yang diakui ataupun tidak sudah mengambil alih industri periklanan hari ini. Apalagi kini jumlah pengguna internet setiap tahun selalu mengalami kenaikan yang cukup tajam. 

Berdasarkan laporan terbaru dari We Are Social, pada tahun 2020 ini disebutkan setidaknya ada 175,4 juta pengguna internet di Indonesia. Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, setidaknya ada kenaikan sebesar 17% atau 25 juta pengguna internet di Indonesia. 

Oleh sebab itu, selebaran, banner, dan cara-cara tradisional lain rasa-rasanya sudah kurang efektif untuk iklan. Sementara itu dalam programmatic ads, pengiklan bisa mengembangkan strategi iklan dengan menggunakan video dengan format khusus hingga memilih audiens yang cocok untuk iklan tersebut. 

Nah, dikarenakan memiliki format khusus, programmatic ads ini memiliki nilai lebih tersendiri. Bahkan dikatakan jika inovasi iklan seperti ini lebih menjanjikan hasil yang nyata. Sebab diatur sedemikian rupa daripada hanya eksposur. Intinya cara membuat iklan yang efektif seperti ini membuat pengiklan mendapatkan hasil yang maksimal dengan pengeluaran yang efisien.





Source link

0 comments on “Cara Membuat Iklan Yang Menarik Agar Dilirik Orang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *