Thursday, 15 October, 2020

Cara Mendapatkan Biaya Medical Check Up Termurah



Ajaib.co.idMedical Check Up (MCU) adalah pemeriksaan medis menyeluruh pada orang yang membutuhkan wawancara khusus dengan dokter terkait, pemeriksaan fisik, laboratorium, hingga pemeriksaan khusus lainnya. 

Tujuan melakukan medical check up biasanya dilakukan untuk mengetahui atau mendeteksi penyakit lebih awal sebelum penyakit itu menyebar atau menjadi lebih besar. Pendeteksian ini berguna untuk menghindari berbagai penyakit yang tidak diinginkan. 

Umumnya, seseorang disarankan untuk melakukan MCU untuk beberapa tahun sekali, dan persyaratan untuk melakukan MCU bisa ditemukan di beberapa persyaratan melamar pekerjaan atau membuat visa. 

Biaya MCU berkisar pada Rp300.000 hingga Rp10.000.000, ini tergantung pada pemeriksaan yang dipilih oleh pasien dan juga rumah sakit yang menyediakan layanan medical check up. 

Jika kamu ingin melakukan medical check up, dan menginginkan harga murah, begini cara mendapatkan biaya medical check up termurah: 

1. BPJS

Sayangnya, BPJS Kesehatan tidak menanggung biaya MCU jika pasien tidak memiliki keadaan mendesak atau keperluan untuk melengkapi keterangan penyakit yang dideritanya. 

Tapi, jika kamu selama ini memiliki keluhan dan dokter yang kamu kunjungi tidak mengetahui secara pasti, kamu bisa meminta rujukan untuk melakukan MCU yang akan ditanggung oleh BPJS. 

Cara ini kurang efektif jika kamu memiliki kondisi tubuh yang sehat, namun jika kamu memiliki keluhan yang membutuhkan keterangan medical check up, maka kamu bisa memanfaatkan keanggotaan BPJS kamu untuk menanggung biaya yang akan dibebankan. 

2. Puskesmas 

Medical check up bisa juga dilakukan di puskesmas. Biaya yang akan kamu keluarkan tidak akan sebanyak jika kamu melakukan medical check up di rumah sakit bertaraf internasional. Di puskesmas, kamu bisa melakukan MCU reguler untuk memeriksa kadar kolesterol, asam urat, gula darah, dan lain-lainnya. 

Walaupun terdengar sederhana, pemeriksaan medical check up dasar ini adalah salah satu pilihan terbaik untukmu jika kamu tidak memiliki uang lebih. Dengan melakukan tes ini, kamu juga dapat mengetahui kondisi tubuhmu dan apa saran dari dokter yang bertugas. 

Biaya medical check up di puskesmas berkisar pada Rp50.000 hingga Rp150.000 untuk pemeriksaan lengkap. Jadi, tidak ada salahnya untuk membayar biaya tersebut untuk mengetahui kondisi kesehatanmu hingga beberapa bulan ke depan, bukan? 

3. Klinik 

Klinik-klinik kesehatan yang menyediakan layanan laboratorium juga menyediakan layanan untuk melakukan medical check up. Di sini, kamu bisa lebih hemat dengan memilih program MCUyang ditawarkan. 

Kisaran harga layanan MCU di klinik mulai dari Rp100.000 hingga Rp1.000.000, tentunya tergantung dengan pilihanMCU yang kamu pilih. 

4. Rumah Sakit Swasta & Asuransi Kesehatan

Selain rumah sakit premium yang bertaraf internasional, kamu juga bisa memilih rumah sakit swasta terdekat yang ada di dekatmu untuk menjalani MCU. Rumah sakit ini biasanya memiliki layanan MCU yang lebih murah dari rumah sakit lainnya. 

Jika kamu memiliki program asuransi kesehatan (di luar BPJS), kamu bisa memanfaatkan itu untuk mengurangi biaya pemeriksaan MCU, bahkan beberapa asuransi akan menanggung biaya tersebut secara penuh. 

Biaya yang dikeluarkan tergantung pada layanan yang kamu pilih, biasanya kamu akan dibantu memilih oleh perawat yang berjaga dan selama melakukan MCU, kamu akan didampingi oleh dokter yang berpengalaman. 

5. Promo Akhir Tahun/Hari Besar

Seseorang sangat disarankan untuk melakukan MCU setidaknya setahun sekali. Cara yang satu ini mungkin adalah cara terakhir untuk mendapatkan potongan harga MCU yang ada di klinik atau rumah sakit. 

Umumnya, rumah sakit akan memberikan promosi atau potongan harga untuk layanan-layanan tertentu di saat hari besar atau akhir tahun. Potongan ini biasanya memiliki kuota tertentu dan persyaratan tertentu. 

Rumah sakit memangkas harga MCU hingga jutaan rupiah, jadi dengan cara ini, kamu bisa menyimpan lebih banyak uang sekaligus mendapatkan manfaat dari MCU. 

Melakukan MCU menjadi salah satu persyaratan seseorang untuk mengikuti beberapa tes dan perekrutan karyawan. Begitu juga dengan pengurusan hal-hal resmi kenegaraan seperti membuat visa atau memperpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM). 

Mengetahui kondisi vital adalah manfaat yang bisa kamu dapatkan dari MCU, menghindari lebih baik dari mengobati, bukan? Begitu juga dengan keuangan, kamu bisa menghindari hal-hal yang kamu takutkan akan terjadi dengan menghindarinya sedini mungkin.

Hal-hal ini seperti pemecatan atau keluarga yang tertimpa kemalangan. Kamu harus memiliki dana untuk membantumu keluar dari masalah seperti menjadi pengangguran (jika kamu dipecat dari pekerjaan) atau membantu keluarga secara finansial. 

Salah satu cara untuk keluar dari masalah ini adalah menyiapkan dana darurat. Dana darurat menjadi salah satu hal yang penting untuk kamu miliki sebagai cadangan dana yang dapat kamu gunakan jika kamu berada di kondisi yang membutuhkan bantuan finansial. 

Begitu juga dengan berinvestasi, menabung di bank tidak dapat mengembangkan finansialmu secara maksimal. Kamu perlu untuk berinvestasi untuk menunjang kehidupan di masa depan. Di Ajaib, kamu bisa melakukan semua itu. Mulai dari menyiapkan dana darurat hingga berinvestasi di reksa dana dan saham. 

Hanya dalam satu genggaman, kamu bisa mengatur dan merencanakan keuanganmu untuk masa depan. Kamu bisa mengunduh aplikasi Ajaib di Google Play Store atau App Store, gratis!

Tenang saja, Ajaib telah disertifikasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), jadi investasimu menjadi lebih aman dan kamu memiliki pengalaman investasi yang nyaman. Yuk mulai berinvestasi bersama Ajaib!





Source link

0 comments on “Cara Mendapatkan Biaya Medical Check Up Termurah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *