Saturday, 17 October, 2020

Cara Mengajukan BNI Fleksi dan Persyaratannya



Sumber: BNI

Ajaib.co.id – Kebutuhan menjadi salah satu alasan seseorang saat meminjam dana. Dengan menjaminkan barang atau surat rumah, seseorang akan dapat dengan mudah untuk mendapatkan pinjaman dari bank-bank nasional. 

Tapi, jika kamu tidak memiliki surat rumah atau kendaraan bermotor yang bisa dijadikan agunan/jaminan, kamu bisa memilih pinjaman yang tidak mengharuskan debitur untuk memiliki jaminan agar dapat mendapatkan uang pinjaman. 

Saat ini, banyak bank menawarkan produk atau fasilitas Kredit Tanpa Agunan (KTA) untuk kamu yang sedang mencari pinjaman dana. Salah satu produk pinjaman yang sedang gencar memasarkan fasilitas ini adalah kredit BNI Fleksi dari bank BNI.  

BNI Fleksi adalah fasilitas Kredit Tanpa Agunan (KTA) yang diberikan kepada karyawan (yang masih aktif) dan mempunyai penghasilan tetap (fixed income) yang pembayaran gajinya (payroll) disalurkan melalui BNI, untuk keperluan konsumtif yang tidak bertentangan dengan peraturan maupun Undang-Undang yang berlaku.

Fasilitas ini menjadi salah satu fasilitas yang banyak diminati oleh banyak orang, khususnya karyawan, yang membutuhkan dana cepat untuk keperluan yang mendesak. Tentunya, dengan persyaratan bahwa dana yang dipinjamkan bukan untuk hal-hal yang negatif. 

BNI Fleksi memiliki kelebihan yang banyak, seperti maksimum pinjaman hingga Rp500 juta, maksimum tenor atau jangka waktu hingga 15 tahun, dan semuanya bisa diajukan oleh kamu (sebagai debitur) tanpa memiliki agunan yang bernilai setara.

Pinjaman yang diberikan akan didasari pada cash flow pada rekening tabungan di bank, jadi besar kecilnya pinjaman mengikuti laporan keuangan yang dimiliki debitur. Dana pinjaman maksimal dan tenor maksimal, ditentukan dengan kerjasama antara pihak bank dan debitur. 

Bunga dari pinjaman BNI Fleksi juga terbilang kecil. Bunga di BNI Fleksi berlaku secara tiering berdasarkan masa tenor pinjaman, yaitu: mulai bunga 0,56% per bulan sd 0,77% per bulan. Semakin panjang masa pinjaman yang diambil, bunga per bulan makin tinggi. Begitu juga sebaliknya, semakin pendek masa pinjaman yang diambil, maka bunga pinjaman akan semakin kecil. 

KTA BNI Fleksi menetapkan biaya provisi 1% dari nilai pinjaman, biaya admin Rp100.000 dan kewajiban membayar premi asuransi. Kewajiban untuk membayar premi asuransi ini untuk berjaga-jaga, jika pihak debitur tidak bisa membayar kewajibannya atau gagal melunasi pinjaman yang dilakukan. Termasuk menutupi biaya kredit jika debitur mengalami musibah/kecelakaan yang dapat menghilangkan nyawa. 

Berikut adalah syarat dan ketentuan untuk bisa menggunakan BNI Fleksi: 

  • WNI.
  • Telah menyalurkan fasilitas pembayaran payroll di BNI.
  • Merupakan pegawai aktif dengan level minimal staf (pegawai tetap).
  • Usia minimum 21 tahun dan maksimum 65 tahun yang dibuktikan dengan Surat Keterangan/Surat Keputusan dari Instansi/Perusahaan yang berwenang.
  • Melengkapi form aplikasi dan dokumen yang ditetapkan.

Persyaratan dokumen yang harus dibawa atau dilengkapi oleh debitur:

  • Fotokopi KTP Pemohon.
  • Fotokopi NPWP Pribadi/SPT PPH 21.
  • Fotokopi Rekening 3 Bulan Terakhir (tidak diperlukan apabila rekening payroll ada di BNI).
  • Asli Slip Gaji Terakhir/Surat Keterangan Gaji.
  • Pas Foto 4×6 Pemohon.
  • Surat Keterangan Masa Kerja dari Atasan.
  • Surat Pernyataan Tidak Akan Memindahkan Payroll sampai dengan Kredit Lunas (khusus debitur yang pembayaran gajinya melalui BNI).

BNI Fleksi memiliki persyaratan yang mudah, asalkan debitur masih menjadi seorang pegawai tetap di sebuah perusahaan. Apalagi, jika perusahaan membayar gaji karyawan dengan transfer ke rekening BNI. Ini akan sangat memudahkan proses pengajuan kredit tanpa agunan. 

Jika kamu belum menjadi nasabah BNI dan payroll dilakukan di bank lain, kamu masih dapat mengajukan BNI Fleksi, dengan cara membawa catatan rekening koran yang bisa dijadikan persyaratan untuk mengajukan kredit. 

Umumnya, pihak bank akan merekomendasikanmu untuk memindahkan payroll menggunakan rekening BNI, agar tracking finansial dapat dengan mudah dilakukan dan sistem auto-debit tidak lagi dikenakan biaya tambahan. 

Promosi BNI Fleksi ini juga bisa kamu dapatkan melalui SMS, jika kamu pernah menerima SMS yang menawarkan program atau fasilitas BNI Fleksi, kamu bisa mengisi formulirnya secara digital di https://eform.bni.co.id/BNI_eForm/fdisc, umumnya penawaran ini dikirim ke pengguna nasabah BNI yang telah mendaftarkan nomor handphone-nya di kantor cabang. 

Kebutuhan untuk menutupi biaya bulanan atau tahunan adalah keadaan yang mendesak dan memerlukan biaya secepatnya. Apalagi di tengah pandemi, banyak perusahaan merumahkan karyawannya dan mengurangi gaji agar perusahaan tidak bangkrut. Di sisi lain, kebutuhan semakin meningkat dengan harga-harga bahan makanan yang semakin tinggi. 

Kamu bisa mengajukan kredit tanpa agunan, dan kamu bisa belajar dari pandemi ini tentang menyiapkan dana untuk berjaga-jaga jika situasi tidak terkendali. Salah satu hal yang banyak orang minati saat ini adalah dana darurat dan investasi. 

Di Ajaib, kamu bisa menabung dana darurat untuk menutupi kebutuhan finansial jika penghasilanmu turun atau kamu dikeluarkan dari pekerjaanmu saat ini. Jika kamu tidak dikeluarkan atau penghasilanmu tidak berkurang, kamu juga bisa menyisihkan uang gajimu untuk berinvestasi di reksa dana dan saham. 

Berinvestasi adalah salah satu cara terbaik untuk bisa menabung sekaligus mengembangkan tabungan yang kamu miliki. Satu tahun yang lalu, tidak ada yang menyangka jika akan terjadi pandemi seperti ini, bukan? Maka dari itu, menyiapkan dana dan menabung investasi bukan ide yang buruk. 

Ajaib memiliki berbagai produk reksa dana yang sangat terjangkau, mulai dari Rp10.000 saja. Kamu juga bisa membuka rekening saham tanpa setoran minimal, sehingga cocok untuk para investor pemula. Ajaib telah bersertifikasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), jadi investasimu bisa lebih aman. 

Kamu bisa mengunduh aplikasi Ajaib di Google Play Store atau App Store. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk mulai berinvestasi bersama Ajaiab! 





Source link

0 comments on “Cara Mengajukan BNI Fleksi dan Persyaratannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *