Thursday, 01 October, 2020

Cara Menjadi Orang Pintar dengan Aktivitas dan Pola Pikir Progresif



Ajaib.co.id – Menjadi orang pintar mungkin adalah impian semua orang, karena kepintaran dianggap sebagai jembatan menuju kesejahteraan, kekayaan dan kehormatan. Meskipun tingkat kepintaran (IQ) seseorang sangat ditentukan faktor genetik, namun bukan berarti kapasitasnya tak dapat ditingkatkan.

Jadi jika kamu merasa belum sepintar yang kamu impikan, kamu hanya perlu memahami cara menjadi orang pintar, lalu mempraktikkannya dengan disiplin guna meningkatkan kapasitas kognitifmu. 

Bagaimana sih caranya? Sebenarnya sudah banyak tips tentang itu, tapi artikel Ajaib ini akan khusus memberikan tips cara menjadi orang pintar yang menekankan pada penggabungan pola pikir progresif dengan aktivitas harian. Ini bertujuan agar hasilnya lebih signifikan, karena faktanya kebugaran otak menjadi kunci bagi kesehatan fisik. Penasaran?

Menjadi Pintar dengan Menyambut Kebaruan

Dengan motivasi dan kegigihan yang cukup, siapapun akan mampu memperbesar kapasitas mental dan menjadi lebih pintar. Namun dua hal itu saja nggak cukup tanpa melibatkan elemen kebaruan. Mengadopsi kebiasaan baru ke dalam rutinitas akan memicu stimulasi dan mengasah otak, sekaligus menginspirasimu untuk menempuh tantangan baru. 

Seperti dilansir blog.neuronation.com, guna menambah jalur saraf baru dan memperkuat kinerja serta melatih otak, kamu perlu terus-menerus menambah pengalaman dan informasi ke dalam hidup. Meskipun awalnya mungkin terasa gabut, meluangkan waktu khusus untuk menata pola pikir yang lebih progresif akan membantumu jadi lebih pintar.

Cara Menjadi Orang Pintar dengan 6 Pola Pikir Progresif

Meski berbekal teori dan ilmu pengetahuan, semua tindakanmu dalam hidup pada dasarnya bersifat trial and error. Jika tidak ada error, kamu tidak akan bisa meningkatkan kemampuanmu. 

Error sebenarnya adalah proses belajar otak. Saat kamu mengambil keputusan, saraf otak teraktivasi. Lalu ketika keputusan itu ternyata salah, saraf yang teraktivasi tadi akan tertekan terus-menerus, guna memastikan hal yang sama tidak terulang kembali. 

Orang-orang pintar gemar bercermin pada kesalahan mereka, dan berupaya memastikannya tidak berulang.

  • Evaluasi ulang pandanganmu

Orang-orang pintar gemar mengevaluasi kesimpulan mereka berulang kali, guna memastikan kepastian kebenarannya. Khususnya para ilmuwan yang harus beradaptasi dengan penemuan baru yang terus-menerus terjadi. 

Einstein berpendirian bahwa manusia tak dapat memecahkan sebuah masalah dengan cara pikir yang sama dengan cara pikir yang mereka gunakan saat menciptakan masalah itu. 

Memang akan sangat memalukan dan menyedihkan ketika sebuah ide yang kamu yakini sebagai jenius malah ternyata gagal. 

Namun fenomena itu sering terjadi pada siapapun. Tanpa kegagalan, kesuksesan tak akan terasa menyenangkan. J.K. Rowling pun mengalami 12x penolakan atas kisah Harry Potter, sebelum akhirnya menjadi pengarang sukses.

  • Buat keberuntunganmu sendiri

Tak ada orang yang bisa mencapai prestasi monumental dengan cara menunggunya terjadi. Curahkan hatimu dan jiwai karyamu guna membawamu ke garis finish dan mendatangkan kebahagiaan.

  • Perjuangkan hal yang kamu yakini

Orang pintar tahu kapan harus memperjuangkan keyakinan mereka, meski situasi berbalik memburuk. Orang pintar mampu beradaptasi pada perubahan jenis apapun.

  • Tahu bahwa tindakan lebih efektif daripada omongan

Orang pintar tahu bahwa tindakan lebih berpengaruh dan akan membuatmu dianggap serius serta dihargai orang lain. Biarkan kerja kerasmu membuktikan nilaimu.

18 Aktivitas Harian Sebagai Cara Menjadi Orang Pintar

Seperti dilansir Jayson DeMers – pakar produktivitas dan entrepreneurship di lifehack.org, langkah mudah meningkatkan kebugaran aktivitas otak adalah serius menyusun rutinitas harian, mengalokasikan waktu dan energimu saat bekerja, serta menjalani kehidupan yang bermakna. Berikut ini adalah deretan prakteknya:

Mempelajari bahasa baru, musik baru, makanan-makanan baru, membaca buku baru, dan peta lokasi baru akan memaksa otak untuk membuat cara kreatif guna mengekspresikan kebutuhan dan emosi, serta meningkatkan kapasitas otak guna beradaptasi dengan situasi baru.

Memilih untuk melanjutkan pendidikan menyediakan peluang sempurna bagi otakmu untuk menumbuhkan serangkaian koneksi baru serta meningkatkan intelegensi dan kreativitas.

Aktivitas ini mempertahankan kebiasaan rutin harian sambil merawat kesehatan gelombang otak. Mencerna informasi baru akan membuat otakmu terus aktif berputar.

Sebagai metode paling dasar, membaca memberikan diversifikasi jenis peningkatan kapasitas otak. Selain menstimulasi logika verbal, pilihan genre bacaan yang beragam memberikan peluang bagi otak untuk berpetualang ke tempat baru, membangun koneksi gambaran besar antara pengetahuan dan kehidupan nyata, serta memahami informasi baru.

  • Bekerja dengan metode baru

Pekerjaanmu seharusnya menjadi sebidang kanvas bagi pengalaman berkarya, melalui kontribusi ide dan solusi yang kreatif demi menuntaskan pekerjaan.

Mainkan puzzle, isi teka-teki silang, dan permainan sejenisnya untuk meningkatkan neuroplasticity.

  • Tanyakan 5 Kenapa (5 Whys) saat menemui problem

Metode 5 Kenapa yang ditemukan Sakichi Toyoda – salah satu pendiri Toyota pada 1930 ini akan memberimu awal yang solid untuk menganalisa akar masalah.

  • Jaga jarak terhadap teknologi

Meskipun teknologi melakukan keajaiban bagi dunia modern, pada saat yang sama ketergantungan kepadanya malah mengkerdilkan kapasitas otakmu dalam hal pemecahan masalah, adaptasi pada lingkungan baru, matematika sederhana dan navigasi. Minimalkan pemakaian GPS dan kalkulator demi kebugaran otakmu.

Melukislah atau sekedar menggambar sketsa, karena pola pikir yang artistik menumbuhkan peluang dalam menemukan solusi baru, inspirasi segar dan keyakinan diri.

Koordinasi antara mata dan tangan, memori, konsentrasi dan matematika ketukan ritme akan meningkatkan fungsi kognitif.

Seperti halnya membaca, menulis membantu otak untuk menyimpan informasi secara efektif serta mengembangkan kemampuan memori dan fungsi keseluruhan otak.

Ketika kamu menempatkan dirimu menjadi orang lain, otakmu akan mulai menumbuhkan saraf baru untuk membantumu berpikir seperti pribadi yang berbeda.

  • Saling berbagi informasi dengan pihak lain

Mengajar ataupun bertukar pikiran akan memacu inspirasi, menstimulasi ide inovatif dan menciptakan lingkungan belajar yang baik bagi otakmu.

  • Berdiskusi dengan pribadi yang inspiratif

Meskipun setiap orang cenderung berpikir metodenya lah yang terbaik, mendapatkan sudut pandang lain yang inspiratif akan membantu otak menyempurnakan kinerjanya.

Lingkungan kolaboratif dengan jumlah anggota yang tepat akan membantu mewujudkan ide-ide brilian, karena 2 kepala selalu lebih baik daripada 1.

Di samping memelihara ketahanan fisik, olahraga rutin akan menstimulasi pertumbuhan sel otak.

Penelitian Dr. Richard Davidson dari University of Wisconsin mengungkapkan bahwa mengendalikan dan menenangkan otak akan mengembangkan kemampuan fokus yang lebih kuat.

  • Menjaga asupan bernutrisi

Tubuh memberi asupan bagi otak. Menjaga kondisi fisik sama artinya dengan mendorong kinerja otak. Kurang motivasi, kelelahan mental, dan ketiadaan inspirasi mencerminkan minimnya nutrisi dan olahraga.

Jadi, jangan buang waktumu, praktekkan semua tips cara menjadi orang pintar di atas secara simultan untuk mengoptimalkan potensimu. Optimalkan juga portofolio investasimu dengan memilih platform investasi yang efisien, efektif serta berintegritas seperti Ajaib, yang memungkinkan investasi saham dan reksa dana sekaligus dalam satu aplikasi, biaya beli saham s/d 50% lebih murah, dan daftar 100% online tanpa biaya minimum. 

Ajaib adalah pilihan super smart bagi investor milenial karena terdaftar resmi dan diawasi oleh OJK juga IDX, serta mendapat penghargaan dari Asia Forbes, Fintech News Singapore, Dunia Fintech dan Top 10 Startups from Y Combinators TechCrunch.

Sumber: How to Become Smarter: 21 Things You Can Do Daily dan 6 Tips for Intelligent Thinking, dengan perubahan seperlunya.





Source link

0 comments on “Cara Menjadi Orang Pintar dengan Aktivitas dan Pola Pikir Progresif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *