Thursday, 01 October, 2020

Cara Mudah Meningkatkan Sistem Imun agar Tidak Mudah Sakit


Daya tahan tubuh atau sistem imun yang baik bisa melindungi tubuh sejak pertama kali kuman, bakteri, maupun virus penyebab penyakit masuk ke dalam tubuh. Artinya memiliki daya tahan tubuh yang kuat harus dijadikan sebagai prioritas utama. Apalagi di masa pandemi virus Corona yang belum selesai hingga saat ini.

Sebenarnya ada berbagai cara yang bisa diupayakan untuk meningkatkan imunitas tubuh. Dengan sistem kekebalan tubuh semakin meningkat, bisa menjadi benteng penghalang dari berbagai penyebab penyakit. Penasaran bagaimana caranya?

Menerapkan Pola Hidup Sehat

Agar Anda tidak mudah terserang penyakit, imunitas tubuh harus bekerja dengan optimal. Nah, salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Memperbanyak makan sayur dan buah adalah salah satu upaya yang bisa Anda lakukan.

Berbagai hasil penelitian pun sudah menunjukkan jika seseorang yang banyak mengonsumsi sayur dan buah cenderung tidak mudah sakit. Hal ini disebabkan adanya vitamin dan mineral yang terkandung pada kedua jenis makanan tersebut. Dikatakan jika vitamin dan mineral yang ada pada sayur dan buah mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan bakteri dan virus penyebab penyakit.

Menerapkan pola hidup sehat selanjutnya bisa diupayakan dengan melakukan istirahat yang cukup. Kenapa? Ternyata kurang tidur bisa menurunkan imunitas tubuh. Oleh sebab itu penting sekali mencukupi kebutuhan tidur sesuai dengan usia Anda.

Untuk orang dewasa sendiri umumnya membutuhkan waktu tidur 7 sampai dengan 8 jam. Sementara itu untuk remaja, membutuhkan waktu tidur setidaknya 9 sampai dengan 10 jam. Dengan demikian, imunitas tubuh pun akan stabil.

Cara menerapkan pola hidup sehat yang ketiga adalah dengan menghindari stres. Sebab stres yang tidak terkendali akan meningkatkan produksi hormon kortisol. Sementara itu meningkatnya hormon kortisol dalam jangka panjang bisa mengakibatkan penurunan fungsi kekebalan tubuh.

Oleh sebab itu jika Anda tidak ingin sistem imun dalam tubuh menurun, sebisa mungkin harus bisa mengelola stres dengan baik. Tetapi jangan lupa untuk rutin berolahraga juga. Bahkan jika memungkinkan, lakukan olahraga selama 30 menit setiap harinya. Hal seperti ini pun diklaim mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi.

Tidak perlu memilih olahraga yang sekiranya memberatkan Anda. Rutin berjalan kaki pun sudah termasuk jenis olahraga yang bisa Anda pilih. Asalkan rutin dilakukan setiap hari. Dan tidak hanya di luar rumah saja, olahraga maupun aktivitas fisik juga bisa Anda lakukan di dalam rumah.

Cara menerapkan pola hidup sehat terakhir adalah dengan menghindari rokok dan alkohol. Alasannya, paparan asap rokok dan alkohol secara berlebihan ternyata bisa merusak sistem kekebalan tubuh.

Apalagi perokok memiliki risiko tinggi mengalami infeksi para. Bronkitis dan pneumonia misalnya. Sementara itu untuk perokok yang juga pecandu alkohol, risiko terkena infeksi paru akan semakin besar.

Suplemen untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

Ada cukup banyak orang yang memilih mengonsumsi suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya. Suplemen mungkin bisa menjadi opsi lain untuk melengkapi pola makan yang kurang bernutrisi.

Nah, untuk Anda yang mempertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen peningkat sistem imun tubuh, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Dalam hal ini penting sekali untuk memperhatikan kandungan yang ada pada suplemen. Beberapa kandungan di bawah ini dipercaya memiliki manfaat untuk meningkatkan imunitas:

Suplemen yang mengandung echinacea sangat direkomendasikan. Alasannya mampu meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu kandungan echinacea bisa berperan sebagai anti virus, anti radang, hingga antioksidan.

Oleh sebab itu bahan ini banyak yang meyakini bisa membantu tubuh untuk melawan virus penyebab flu. Mengontrol kadar gula darah dan tekanan darah. Serta memiliki kemampuan membantu pertumbuhan sel.

  • Morinda Citrifolia (Buah Mengkudu)

Buah mengkudu ini memang dikenal mengandung berbagai macam zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Salah satunya adalah kalium. Kalium dikenal mampu meningkatkan stamina dan imunitas tubuh. Selain itu juga dikenal memiliki kemampuan untuk memperbaiki kerusakan sel.

Tetapi untuk Anda yang memiliki riwayat penyakit ginjal, jantung, dan liver, disarankan untuk menghindari suplemen yang mengandung buah mengkudu. Ada baiknya untuk mengkonsultasikannya ke dokter sebelum memutuskan mengonsumsinya.

Daun meniran dianggap mengandung berbagai jenis senyawa yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Meskipun hal ini masih butuh penelitian lebih lanjut. Contohnya seperti kandungan antioksidannya yang diklaim mampu melawan radikal bebas dan memperkuat imunitas tubuh.

  • Mengandung Vitamin B6, C, dan E

Pilihlah suplemen penguat imun tubuh yang mengandung vitamin B6, C, dan E. Pasalnya ketiga vitamin ini dipercaya akan kemampuannya dalam meningkatkan sistem imun tubuh secara lebih optimal.

Dari ulasan di atas bisa diambil kesimpulan jika menerapkan pola hidup sehat adalah langkah terbaik untuk menjaga atau meningkatkan imunitas tubuh. Tetapi pada beberapa kondisi, konsumsi suplemen peningkat imunitas tubuh mungkin diperlukan.

Meskipun demikian Anda disarankan untuk mengkonsultasikannya terlebih dahulu ke dokter. Terutama jika Anda memiliki kondisi medis tertentu. Dokter nantinya bisa merekomendasikan suplemen sesuai dengan kondisi kesehatan Anda. Pastinya dengan dosis yang tepat. Sehingga suplemen peningkat sistem imun tidak membahayakan tubuh Anda.

0 comments on “Cara Mudah Meningkatkan Sistem Imun agar Tidak Mudah Sakit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *