Thursday, 01 October, 2020

Cari Tahu Biaya Operasi Caesar serta Untung Ruginya



Ajaib.co.id – Banyak milenial yang saat ini lebih memilih untuk menjalani operasi caesar daripada melahirkan secara normal.

Namun demikian, selain risiko yang cukup besar kala harus melahirkan secara caesar, biaya operasi caesar juga cukup tinggi.

Apa Itu Operasi Caesar?

Sebelum bicara biaya operasi caesar, ada baiknya kamu mengetahui apa itu operasi caesar.

Operasi caesar merupakan persalinan bayi yang dilakukan dengan cara bedah pada perut dan rahim ibu.

Biaya persalinan operasi caesar tentu saja tidak murah, karena prosedur yang dilakukan membutuhkan konsentrasi, alat dan perawatan yang lebih mahal dibandingan cara persalinan normal.

Lalu, yang menjadi pertanyaan, mengapa harus melakukan operasi caesar? Operasi caesar dilakukan karena metode persalinan normal tidak bisa dilakukan. Kondisi-kondisi tertentu membuat ibu hamil sulit dan berisiko atau dalam kondisi gawat jika melahirkan dengan cara normal.

Walau demikian, generasi saat ini lebih memilih menjalankan persalinan dengan cara caesar karena cenderung tidak sakit, hanya saja membutuhkan waktu recovery yang cukup lama.

Risiko Operasi Caesar

Sebelum memulai operasi caesar, apa saja risiko yang mungkin terjadi jika kamu melakukan operasi caesar?

Walaupun operasi caesar dilakukan dengan prosedur yang aman, namun potensi infeksi, luka operasi, pendarahan, penggumpalan darah, kerusakan jaringan bisa saja terjadi. Namun pada dasarnya hal tersebut jarang terjadi. 

Apa yang perlu kamu persiapkan sebelum menjalani operasi caesar? Selain kesiapan mental, hal yang tidak kalah penting adalah biaya operasi caesar yang tentunya tidak murah.

Kesiapan mental usai menjalani dan selama proses operasi juga penting sebagai hal yang harus kamu persiapkan. Selanjutnya, kamu hanya perlu menjalani kehidupan sehat dengan berolahraga dan menjaga berat badan kamu pada nilai yang stabil.

Ada baiknya jika kamu bertanya kepada rumah sakit apakah kamu diwajibkan untuk berpuasa atau tidak. Selanjutnya kamu akan dipasangi infus dan kateter urine, selanjutnya perawat akan membersihkan perut kamu agar steril saat melakukan operasi.

Keuntungan

Ketika kamu menjalani operasi caesar, kamu juga diperbolehkan untuk langsung menyusui bayi kamu. Hanya saja kamu dilarang untuk bergerak terlalu banyak karena jahitan yang masih baru tentunya belum sepenuhnya kering dan bisa menerima banyak gerakan dan gesekan.

Ketika memulai operasi caesar, kamu tentunya akan menjalani waktu operasi 40 menit sampai dengan 50 menit waktu operasi.

Kamu mungkin akan merasakan sensasi seperti mati rasa di bagian perut ke arah kaki dan kemudian kamu akan merasakan sensasi seperti ditarik selama proses operasi.

Selanjutnya kamu juga akan merasakan jahitan demi jahitan pada perut kamu usai rahim kamu dibersihkan dan ari-ari diangkat.

Kerugian

Setelah menjalani operasi caesar, kamu akan merasakan nyeri secara perlahan. Hal ini sangat wajar setelah kamu menjalani operasi dengan bius yang membuat kamu tidak merasakan apapun.

Selanjutnya pada bekas sayatan, tentunya akan timbut bentuk jaringan parut yang sangat mengganggu. Namun, akan memudar seiring berjalannya waktu.

Apa kira-kira yang harus dan tidak boleh dilakukan usai operasi caesar ? Untuk mengatasi rasa sakit, pasca operasi caesar kamu akan diresepkan obat pereda nyeri. Selanjutnya kamu akan diimbau untuk sementara tidak berhubungan suami istri dalam beberapa minggu.

Kamu selanjutnya harus menggunakan pembalut untuk menampung masa nifas selama lebih kurang 40 hari. 

Masa pemulihan operasi adalah satu bulan, namun rumah sakit umumnya akan membolehkan kamu untuk pulang selama 2 hari sampai dengan 4 hari.

Walau operasi caesar tidak mempengaruhi masa kesuburan, namun tentunya melahirkan secara caesar akan membuat kamu harus menunggu beberapa tahun untuk kembali hamil lagi.

Hal ini sangat wajar karena recovery rahim tentunya berbeda-beda sehingga batas maksimal untuk kondisi rahim kembali seperti sedia kala adalah 1 tahun sampai dengan 2 tahun.

Biaya Operasi Caesar

Sebelum memutuskan untuk melahirkan secara caesar, ada baiknya jika kamu mengetahui biaya melahirkan dengan operasi caesar, agar kamu bisa bersiap menyambut sang buah hati.

Ada banyak rumah sakit yang menawarkan paket-paket operasi caesar yang sudah termasuk dengan obat-obatan dan perawatan pasca proses persalinan. Selain itu, ada beberapa rumah sakit yang juga menawarkan paket-paket cicilan sebelum kamu memulai operasi.

Beberapa rumah sakit juga menawarkan paket perawatan pasca operasi caesar untuk ibu dan balita, sesuai dengan kebutuhan kamu.

Nah, untuk lebih jelas sebelum waktu lahiran, ada baiknya jika kamu mulai survei lokasi rumah sakit mana saja yang menghadirkan paket-paket dengan biaya operasi caesar yang sesuai dengan kebutuhan dan bujet kamu.

Secara rata-rata, biaya operasi caesar umumnya menelan biaya sekitar Rp8 juta sampai dengan Rp15 juta. Namun, jika fasilitasnya cukup banyak tentunya biaya operasi caesar akan lebih mahal lagi. Bahkan ada yang rumah sakit elite yang membebankan harga sampai dengan Rp50 juta.

Itu adalah biaya operasi caesar jika kamu menanggungnya secara pribadi. Jika kamu menggunakan BPJS Kesehatan, biaya operasi caesar tidak jauh berbeda dengan ditanggung pribadi, yakni berkisar dari Rp5 juta hingga Rp11 juta.

Namun persalinan caesar dengan menggunakan BPJS Kesehatan tidak bisa atas keinginan pribadi. Melainkan atas diagnosis dokter. Itupun dengan prosedur sama seperti kamu berobat dengan menggunakan BPJS Kesehatan, yakni harus melalui rujukan dari faskes 1 dan seterusnya.

Setelah surat rujukan dari faskes 1 kamu terima, maka kamu bisa melanjutkan proses berikutnya yaitu menuju rumah sakit yang menjadi rujukan.

Kamu juga harus melakukan daftar dari faskes lanjutan dengan melampirkan surat rujukan. Setelah semua syarat dan prosedur dilakukan, maka proses operasi akan dilakukan secepatnya.

Apakah kamu sudah mendapatkan gambaran mengenai operasi caesar? Jika memang terpaksa harus melalui persalinan caesar, kamu harus mempersiapkan pembiayaannya.

Namun yang terpenting adalah keselamatan dan kesehatan ibu dan sang buah hati.





Source link

0 comments on “Cari Tahu Biaya Operasi Caesar serta Untung Ruginya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *