Thursday, 15 October, 2020

Catat! Ini Fakta Nomor Kartu Kredit yang Ternyata Penting



nomor kartu kredit

Ajaib.co.id – Banyak yang tidak menyadari, nomor kartu kredit ternyata cukup penting lho. Penasaran? Simak ulasan yang dihimpun redaksi Ajaib berikut ini.

Pastinya semua sudah tahu fungsi kartu kredit adalah untuk pembayaran transaksi. Jika diperhatikan pada kartu kredit tertera sejumlah nomor, lalu apa pentingnya nomor-nomor tersebut?

Memang kelihatannya cuma barisan angka biasa, tetapi buat pemegang kartu kredit perlu tahu makna dari nomor-nomor itu. Selain itu perlu hati-hati juga, banyak sekali kasus pembobolan kartu kredit yang dapat digunakan tanpa kartu fisiknya.

Hal itu itu bisa dicegah bila kamu paham penggunaan kartu kredit, termasuk seluruh informasi yang ada pada kartunya. Jadi, jangan asal pakai saja, angka di kartu kredit yang tertera punya arti dan fungsi yang bisa menghindari kamu dari korban kejahatan. Nah, di bawah ini terdapat beberapa fakta-fakta penting terkait informasi pada kartu kredit.

Apa itu Nomor Kartu Kredit?

Nomor kartu kredit adalah enam belas angka atau digit yang berguna sebagai identitas kartu. Nomor ini merupakan kombinasi algoritma unik yang dienkripsi.

Dengan kata lain, nomor kartu kredit satu dengan lainnya berbeda. Perlu diketahui juga bahwa deretan digit pada kartu kredit bersifat privasi. Di mana, nomor ini terletak di depan kartu dan dicetak timbul juga jelas, sehingga mudah untuk dilihat dan ditemui.

Nomor kartu kredit memuat berbagai informasi penting dan khusus. Selain sebagai tanda identitas kartu, tipografi nomor kartu kredit berguna untuk menghindari penjiplakan atau tindakan kejahatan lain. Kombinasi nomornya pun menunjukkan informasi khusus tertentu.

Bagian-Bagian Pada Kartu Kredit

Penting untuk mengetahui apa saja bagian-bagian dari kartu kredit. Umumnya bentuk dari kartu kredit sama meskipun secara desain berbeda. Pada kartu kredit juga biasanya terdapat chip sebagai pengaman dari penyalahgunaan hingga skimming.

Bagian depan dari kartu kredit antara lain:

  • Logo nama penerbit kartu kredit
  • Nomor kartu kredit (16 digit)
  • Chip
  • Nama jaringan yang ada di kartu kredit (BCA, Visa, Mastercard, Union Pay, JCB)
  • Masa berlaku kartu kredit

Sedangkan bagian belakang kartu kredit yaitu:

  • Magnetic Stripe, digunakan saat melakukan transaksi di luar negeri.
  • Signature Panel, tempat tanda tangan pemilik kartu kredit.
  • Nomor verifikasi (tiga digit).
  • Alamat bank penerbit kartu kredit
  • Nama/logo penerbit kartu kredit

Arti dan Fungsi dari Nomor Kartu Kredit

Biasanya nomor kartu kredit terdiri dari 16 digit angka. Angka-angka tersebut adalah kombinasi dari algoritma matematika yang disebut “Algoritma Luhn”. Nomor tersebut dibuat unik sebagai identitas yang membuatnya berbeda dari kartu-kartu lainnya. algoritmanya berfungsi untuk mencegah terjadinya pemalsuan kartu kredit yang telah terenkripsi.

Pada kartu kredit, angka tersebut berisi sejumlah informasi, mulai dari identitas bank penerbit kartu, informasi akun, hingga mata uang yang dipakai.

Juga, terdapat informasi umum yang dapat ditemukan pada satu atau dua digit pertama pada nomor kartu kredit. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

  • Angka awalan 0 merujuk pada ISO/TC 68 dan industri terkait
  • 1 untuk perusahan penerbangan
  • 2 untuk perusahaan penerbangan dan industri terkait
  • 3 untuk perusahaan travel dan hiburan
  • 4 dan 5 untuk perusahaan bank/lembaga keuangan
  • 6 untuk perusahaan perdagangan dan bank
  • 7 untuk perusahaan perminyakan
  • 8 untuk perusahaan telekomunikasi atau sejenisnya,
  • 9 untuk lembaga nasional.

Kode Keamanan Kartu Kredit (CVV/CVC)

Nomor lain yang juga sangat penting selain 16 nomor kartu kredit di bagian depan adalah nomor atau kode keamanan pada bagian belakang kartu. Ada tiga digit yang menandakan kode keamanan yang biasa disebut Card Verification Value (CVV) atau kode CVV, dan juga Card Verification Code (CVC).

Tiga angka tersebut seringkali digunakan untuk bertransaksi online sebagai keamanan tambahan atau perlindungan terakhir. Namun, kamu perlu ekstra hati-hati dan selalu menjaga kerahasiaan kartu kredit. Karena tetap saja bisa tidak aman kalau kode atau nomor CVV atau CVC kartu kredit kamu diketahui orang lain.

Ketiga angka ini biasanya dibutuhkan ketika kamu melakukan transaksi online, terutama ketika dilakukan dengan kartu kredit. Dalam setiap transaksi online yang dilakukan dengan kartu kredit, kamu akan diminta untuk menyebutkan tiga digit nomor CVV sebagai bukti bahwa kamu adalah pemilik kartu yang sah.

Hal ini juga akan memudahkan pihak penerbit kartu kredit untuk melakukan untuk transaksi yang sedang berlangsung pada kartu tersebut. Hal ini penting sebagai bentuk pengamanan terhadap semua transaksi yang akan terjadi pada kartu kredit yang kamu. Jadi, pastikan kode CVV yang tertera pada kartu kredit, kamu simpan dengan aman dan jangan pernah diberikan oleh siapapun.

Tanda Tangan di Kartu Kredit

Kelihatannya sepele, tapi tanda tangan pada kartu kredit sangat penting untuk memberikan lapisan keamanan. Tanda tangan kamu bisa jadi verifikasi tambahan apabila kartu kredit kamu dicuri atau disalahgunakan.

PIN Sebagai Opsional Keamanan Kartu Kredit

Penggunaan PIN ini sifatnya opsional, tetapi penting sebagai tambahan keamanan. Maka, sebaiknya berikan nomor PIN untuk kartu kredit kamu yang bisa diterima lewat SMS ke nomor handphone kamu sebagai pemilik.

Nomor Kartu Kredit Berbeda untuk Setiap Jaringan

Perusahaan atau jaringan kartu kredit di dunia telah menerapkan nomor kartu yang berbeda-beda antara satu dengan lainnya. Sistem penomoran ini ditetapkan oleh Pittsburgh Post-Gazette sebagai organisasi di mana beberapa perusahaan kartu kredit terbesar dunia tergabung di dalamnya seperti MasterCard, Visa, dan Bank of America.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, sistem penomoran ini digunakan algoritma matematika atau “Algoritma Luhn”. Di mana, setiap digit yang tertera dalam nomor kartu memuat berbagai informasi penting terkait dengan kartu kredit tersebut.

Masing-masing perusahaan ini memuat informasi yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Di bawah ini adalah sistem penomoran yang digunakan oleh perusahaan kartu kredit terbesar di dunia.

1. Visa

Visa menggunakan angka 4 sebagai digit pertamanya, kemudian digit ke-2 sampai digit ke-3 memuat informasi tentang institusi keuangan yang berhubungan dengan Visa. Sedangkan 12 digit berikutnya adalah nomor akun, dan digit terakhir pada kartu merupakan nomor pemeriksaan. 

2. MasterCard

MasterCard menggunakan angka 5 pada digit pertama nomor identifikasi kartu. Selanjutnya mereka menggunakan digit ke-2 dan ke-3, atau ke-2 dan ke-4, atau ke-2 dan ke-5 sebagai nomor yang memuat informasi tentang institusi keuangan.

Sedangkan digit ke-3, ke-4, atau ke-5 hingga digit ke-15 merupakan nomor akun pada kartu tersebut. Sedangkan, digit ke-16 digunakan sebagai nomor pemeriksaan. 

3. American Express

American Express menggunakan 2 digit pertama nomor kartu kreditnya sebagai identitas perusahaan mereka. Kemudian, digit ke-3 dan ke-4 menjadi penanda tipe kartu serta mata uang yang digunakan dalam transaksi. Setelah digit ke-4, 6 digit selanjutnya menjadi penanda nomor akun. Lalu digit ke-12 hingga ke-14 memuat informasi nomor kartu, dan digit ke-16 menjadi digit pemeriksaan kartu.

Sekarang kamu sudah tahu betapa pentingnya melindungi informasi pada kartu kredit. Untuk menghindari dari risiko kejahatan, jangan sesekali memperlihatkan kartu kredit pada orang lain. Selalu simpan di tempat yang aman.





Source link

0 comments on “Catat! Ini Fakta Nomor Kartu Kredit yang Ternyata Penting

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *