Thursday, 01 October, 2020

Cincin Permata Terbaik untuk Cincin Tunangan


Cincin permata kini kembali populer menjadi pilihan untuk cincin tunangan. Siapapun pasti ingin memberikan yang terbaik untuk calon pendamping hidupnya. Wajar saja jika banyak pria yang rela membeli cincin tunangan dengan harga mahal. Apalagi jika cincin yang dibelinya adalah cincin batu permata.

Nah, untuk Anda yang ada niatan membeli cincin batu permata sebagai cincin tunangan, berikut ini adalah beberapa rekomendasi yang bisa Anda pilih. Siapa tahu ada salah satu yang cocok. Baik dari segi keindahan, harga, dan lain sebagainya.

Alternatif Cincin Batu Permata untuk Tunangan

Ada beberapa alternatif yang bisa Anda pilih untuk memperindah jari manis tunangan Anda nanti. Apa saja itu? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Cincin jenis rubi bisa dikatakan sebagai versi merah korundum. Dalam hal kekerasan, satu tingkat di bawah berlian atau moissanite. Rubi sendiri memiliki berbagai alternatif warna. Mulai dari merah, merah muda kemerahan atau yang sering disebut darah merpati. Sementara itu batu bentuk emerald cut lebih mahal dibanding bentuk bundar atau oval.

Moissanite merupakan batu permata putih yang memiliki pancaran cahaya mirip dengan berlian. Batu permata jenis ini termasuk langka. Selain itu dibuat dari bahan paling rumit yang ada di bumi.

Meskipun secara harga lebih mudah jika dibanding berlian, permata moissanite lebih jarang ditemukan. Hal ini disebabkan terbuat dari silikon karbida. Batu permata jenis ini memiliki indeks bias lebih tinggi. Sehingga membuatnya memancarkan sinar cahaya berbeda jika jatuh ke sudut tertentu.

Cincin permata safir juga termasuk salah satu jenis korundum. Namun secara warna lebih beragam. Sementara itu jenis batu safir yang paling sering dicari adalah biru kombinasi warna bunga jagung dan sentuhan ungu.

Alternatif lain cincin batu permata untuk tunangan adalah cincin cubic zirconia. Cincin model ini tampak sempurna dengan kilauan yang terbuat dari cubic zirconia kualitas terbaik. Untuk melindunginya dari goresan, sebaiknya cincin ini dilindungi dengan bezel atau channel.

Cincin jenis opal bisa dikatakan sebagai salah satu batu permata yang berbeda dengan warna-warna cerah yang kental. Batu permata ini dibentuk dari silika dan air dengan bantuan bidang mikroskopis.

Cincin dari batu zamrud memiliki beragam jenis dan perpaduan warna hijau. Sementara itu salah satu yang paling banyak dicari adalah perpaduan hijau tua. Cincin dari batu permata zamrud ini termasuk cincin langka dan mahal.

Batu Permata Terlangka di Dunia

Sudah tahukah Anda jika di dunia ini setidaknya ada 10 batu permata paling langka. Selain itu dari segi harganya pun dijamin akan membuat Anda geleng kepala. Nah, untuk Anda yang memiliki uang lebih, tidak ada salahnya untuk membeli cincin batu permata ini untuk tunangan.

Musgravite adalah salah satu batu permata yang dimaksud di sini. Sesuai dengan namanya, batu permata ini ditemukan di daerah Musgrave, Australia pada tahun 1967.  Istimewanya lagi hanya ada 8 buah di dunia. Wajar saja jika membuatnya menjadi batu permata paling langka saat ini.

Berita baiknya, kini batu permata ini sudah ditemukan di Madagaskar, Tanzania, Srilangka, Antartika, dan Greenland. Itulah yang kemudian membuat harganya pun sedikit turun menjadi 35.000 dolar Amerika per karat.

Cincin permata paling langka lainnya adalah Jadeite. Nama permata ini sebenarnya untuk batu permata zamrud berwarna hijau. Pertama kali batu permata ini ditemukan di Myanmar. Secara warna sebenarnya cukup bervariasi. Namun yang paling berharga adalah yang memiliki rona hijau tembus cahaya. Sementara itu untuk harganya sendiri mencapai 20.000 dolar Amerika per karat.

Alexandrite juga termasuk batu permata langka lain dengan harga di luar nalar. Salah satu batu permata dengan karakteristik unik dan menarik. Pasalnya warnanya bisa berubah dari ungu kemerahan menjadi biru kehijauan.

Batu permata Alexandrite pertama kali ditemukan di pegunungan Ural Rusia pada tahun 1830.

Ditemukan di pegunungan Ural Rusia pada tahun 1830, ahli gemologi pernah mengira pasokan batu permata ini hampir habis. Sementara itu harga per karatnya adalah 12.000 dolar Amerika. Masih lebih murah USD8.000 dibanding Jadeite.

Red Beryl juga termasuk batu permata langka lain yang memiliki harga sangat mahal. Bahkan batu permata ini dianggap 1000 kali lebih berharga dibanding emas. Secara ukuran pun terbilang sangat mungil.

Untuk ukuran terbesar selama penambangan hanya 5 cm untuk panjangnya dengan lebar 2 cm saja. Untuk harganya sendiri berkisar antara 2.000 hingga 10.000 dolar Amerika per karatnya.

Selain keempat batu permata langka tadi, ada beberapa batu permata langka lain yang secara harga sangat mahal. Misalnya saja seperti Grandidierite dengan harga per karatnya mencapai 1.000 sampai dengan 3.000 dolar Amerika.

Selain itu ada lagi yang bernama Benitoite dengan harga per karatnya mencapai 3.000 sampai dengan 4.000 dolar Amerika. Kemudian Black Opal dengan harga per karatnya mencapai 2.3000 dolar Amerika. Lalu Tanzanite dengan harga per karatnya mencapai 600 sampai dengan 1.000 dolar Amerika.

Di posisi ke sembilan ada Taaffeite dengan harga per karatnya mencapai 1.500 sampai dengan 2.500 dolar Amerika. Lalu di peringkat ke sepuluh ada Red Diamond dengan harga 100.000 dolar Amerika per dua karat.

Sebenarnya tidak mengherankan jika batu-batu permata tadi dihargai dengan sangat mahal. Selain langka, batu permata tersebut menyuguhkan keindahan yang tiada duanya. Nah, dari pada membeli cincin dari batu permata yang harganya tidak wajar tersebut, belilah cincin permata yang harganya standar saja.

0 comments on “Cincin Permata Terbaik untuk Cincin Tunangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *