Wednesday, 30 September, 2020

Ide Kerajinan dari Barang Bekas untuk Mempercantik Rumah



Ajaib.co.id – Coba deh buat kerajinan dari barang bekas untuk mempercantik rumah. Tidak hanya punya kesan unik dan menarik, apa yang Anda lakukan ini juga efektif untuk mengurangi sampah di rumah. Dan pastinya bisa mengasah kreativitas Anda juga. Pertanyaannya, sudahkah Anda memiliki ide kerajinan tangan dari barang bekas seperti apa yang ingin dibuat? 

Tidak perlu membuat yang rumit. Anda bisa membuat kerajinan tangan yang sederhana. Namun di sisi lain tetap cantik dan fungsional. Artinya kerajinan tangan yang Anda buat ini tidak hanya menjadi aksesoris maupun dekorasi rumah yang tanpa fungsi.

Nah, dalam bentuk kerajinan seperti apa kira-kira? 

Jenis Barang Bekas yang Bisa Dijadikan Kerajinan Tangan

Sering tidak dianggap, itulah yang terjadi pada benda-benda yang tidak digunakan lagi. Padahal cukup banyak kerajinan dari barang bekas yang bisa dibuat. Dan hasil kerajinan tersebut dijamin akan semakin mempercantik rumah Anda. 

Kardus bekas termasuk barang bekas yang mudah sekali dikreasikan menjadi suatu kerajinan tangan. Barang yang satu ini pastinya selalu ada di setiap rumah. Namun kebanyakan kardus langsung jadi penghuni gudang hingga ada tukang loak lewat. 

Nah, mari mulai menciptakan kerajinan tangan dari benda ini agar lebih bermanfaat dan tepat guna. Dari kardus bekas ini Anda bisa berkreasi untuk membuat dekorasi rumah. Misalnya saja seperti tempat pensil, tempat tisu, boneka danbo, boneka gantung, jam dinding, bunga, rak buku, dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Selain kardus, Anda juga bisa berkreasi dengan koran bekas. Untuk Anda yang berlangganan koran, tentunya hanya kebaca sehari setelah itu ditumpuk di meja ruang tamu. Setelah banyak akhirnya pun beralih ke gudang. 

Kenapa Anda tidak coba memanfaatkannya menjadi barang kerajinan yang tidak biasa. Pasalnya koran bekas bisa disulap menjadi bunga pajangan meja, hiasan dinding, hingga tempat alat tulis. Selain itu koran bekas seperti ini pun bisa Anda manfaatkan juga menjadi tempat tisu yang unik dan menarik. 

Sedotan pun bisa Anda kreasikan menjadi kreasi kerajinan yang sangat menarik. Apalagi sedotan sendiri termasuk limbah yang sangat sulit diurai. Mengapa Anda tidak mencoba menyelamatkan lingkungan dengan cara memanfaatkan sedotan bekas tersebut? 

Apalagi banyak sekali kreasi kerajinan yang bisa dihasilkan dari sedotan bekas. Salah satu yang cukup ekstrem adalah membuat taplak meja dari sedotan. Atau untuk yang simpel Anda bisa menyulap nya menjadi bunga atau pajangan dinding. 

Selain sedotan, kain perca pun sering dikreasikan menjadi kerajinan tangan. Untuk barang bekas yang satu ini mungkin tidak setiap rumah memilikinya. Namun barang sederhana ini kerap kali tidak dimanfaatkan kembali. 

Kunjungi pabrik garmen atau penjahit dan minta sisa bahan. Setelah itu olah kain perca ini menjadi barang yang bisa menghasilkan uang. Nilai jualnya bahkan bisa tinggi dengan catatan manfaat barangnya besar. Misalnya saja gorden yang dibuat dari kain perca. 

Botol bekas pun bisa Anda kreasikan menjadi kerajinan dari barang bekas. Bahkan banyak sekali kerajinan tangan dari botol plastik bekas. Dari botol bekas seperti ini bisa tercipta pot-pot bunga yang cantik. Atau dari botol bekas Anda bisa membuat aneka jenis bunga sesuai dengan keinginan. 

Manfaat Membuat Kerajinan Tangan dari Barang Bekas

Meskipun tampak sepele dan sering tidak dianggap, ternyata besar sekali manfaat membuat kerajinan tangan dari barang bekas. Bahkan dari kreasi sederhana seperti ini bisa membantu menambah penghasilan Anda.

Di zaman yang semakin canggih seperti ini, setiap orang dituntut untuk berpikir lebih kreatif sehingga tidak tertinggal. Misalnya saja mencari penghasilan tambahan dari membuat kerajinan tangan yang berasal dari bahan-bahan bekas.  

Contoh sederhananya adalah memanfaatkan botol bekas untuk diubah menjadi lampu hias. Atau Anda bisa membuat sofa dari bathtub yang sudah tidak terpakai. Atau Anda pun bisa membuat kursi dari ban bekas yang sudah tidak terpakai lagi. 

Nah, jika barang-barang kreasi Anda sudah jadi, tinggal tawarkan ke komunitas Anda. Atau Anda bisa memanfaatkan media sosial yang Anda miliki untuk urusan promosinya. Jangan pernah malu untuk menggeluti profesi yang satu ini. Terbukti sudah banyak yang sukses justru dari kreasinya dalam memanfaatkan barang bekas seperti ini. 

Selain menambah penghasilan, pemanfaatan barang bekas menjadi kerajinan tangan secara tidak langsung membuat Anda sudah ikut menyelesaikan masalah sampah. Apalagi hingga saat ini sampah masih menjadi salah satu masalah besar yang dialami oleh banyak negara. Termasuk diantaranya di Indonesia. 

Salah satu cara menanggulanginya adalah dengan mengolah sampah menjadi barang yang bernilai. Misalnya seperti sampah anorganik yang bisa dibuat menjadi tas plastik, bros, dompet, hiasan ruangan, dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Melakukan daur ulang barang bekas seperti ini juga bisa meningkatkan daya kreativitas Anda. Dan jika hal seperti ini terus Anda lakukan, maka ide-ide kreatif pun akan terus bermunculan. Seiring berjalannya waktu, Anda pun akan semakin mahir dalam mengolah barang-barang bekas menjadi barang yang bernilai. 

Selama ini masih banyak yang hanya bisa membuang barang bekas dan tidak ingin mengolahnya menjadi sesuatu yang bermanfaat. Nah, bagaimana jika Anda sekarang mulai belajar membuat kreasi dari barang-barang bekas? 

Dengan demikian, Anda bisa pun bisa memanfaatkannya untuk keperluan di rumah. Atau bahkan Anda bisa menyulap nya menjadi hiasan untuk interior rumah Anda. Apalagi cukup kerajinan dari barang bekas yang keberadaannya mampu memperindah interior sebuah hunian.





Source link

0 comments on “Ide Kerajinan dari Barang Bekas untuk Mempercantik Rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *