Wednesday, 14 October, 2020

Ingin Dapat Penghasilan dari Monetisasi Situs? Daftar AdSense



Sumber: techarea.co.id

Ajaib.co.id – Banyak orang yang bingung untuk mencari pekerjaan guna dapat membiayai kebutuhan hidup. Apabila mau sedikit kreatif kamu bisa mencari penghasilan tambahan dari internet, salah satunya lewat Google AdSense. Apa kamu tidak tergiur melihat seorang blogger yang hanya membuat tulisan atau artikel berpenghasilan jutaan. Atau youtuber yang setiap hari upload video bisa jadi tajir? Itu tidak semua tidak mengada-ada dan kamu pun bisa punya penghasilan yang sama besarnya dengan menggunakan Google AdSense. Tertarik? Kalau begitu ini cara daftar AdSense terbaru beserta syarat-syarat yang perlu dipenuhi.

Google AdSense Itu Apa Sih?

Sebelum masuk cara daftar AdSense, ada baiknya kamu mengenal dulu apa itu Google AdSense. Platform milik Google ini merupakan program periklanan, artinya dengan memanfaatkan kecanggihan digital bisa menjadi model sponsor untuk kamu. Siapa pun penggunanya bisa mengikuti layanan ini tapi syaratnya harus memiliki blog atau website terlebih dahulu. Dengan menggunakan Google AdSense kamu bisa pasang iklan pada situs, sehingga jika ada pengunjung yang mengklik iklan tersebut kamu akan dapat komisi dari Google.

Akan tetapi prosesnya tidak mudah, butuh waktu agar blog atau website milikmu dikenal orang. Bagaimana caranya? Kamu perlu rutin mengunggah konten-konten menarik dan juga berkualitas pada situs tersebut. Apalagi setiap hari ribuan orang mendaftarkan diri untuk membuat akun AdSense baru sehingga memunculkan persaingan di antara blogger atau pemilik situs untuk pandai-pandai berkreativitas.

Apa Keuntungannya Menggunakan Google AdSense?

Layanan serupa dengan Google AdSense ini memang banyak, tapi AdSense berani menawarkan komisi lebih besar sehingga banyak sekali pemilik website yang tidak mau melewatkan kesempatan berharga ini. Terlebih daftar AdSense dan penggunaan layanannya juga cukup mudah. Setidaknya ada beberapa keuntungan menggunakan Google AdSense berikut ini:

  • Sebagai Penghasilan Tambahan

Bayaran yang ditawarkan Google AdSense jadi keuntungan utama yang ditawarkan. Penghasilan yang dapat kamu peroleh dari iklan AdSense yang terpasang di situs kamu tergantung dari beberapa faktor, yaitu tingkat kepopuleran situs dan besarnya nilai iklan yang ditawarkan pengiklan. Nilai di setiap iklan bisa semakin besar jika kata kunci yang ditargetkan makin kompetitif.

  • Kesesuaian Iklan dengan Konten Pada Website

Konten yang disediakan jadi bagian sangat penting agar menarik perhatian pengunjung, maka dari itu penataan blog atau website harus diatur sebaik mungkin. Hal ini agar tidak mengganggu tampilan situs milikmu saat menampilkan iklan. Keuntungan ikut program Google AdSense yaitu iklan yang dimunculkan disesuaikan dengan isi dari konten website tersebut. Dengan demikian, iklan tersebut tidak akan mengganggu bagi pengunjung.

Selain itu tampilan website juga penting terutama kemudahan dalam navigasinya. Google AdSense juga menawarkan iklan dengan memberi kemudahan untuk mengatur bentuk, ukuran, latar belakang, serta border iklan yang akan dipasang.

  • Statistik Tersedia Lengkap

Keuntungan lainnya adalah tersedianya statistik dan analisis pengunjung serta penghasilan website secara lengkap melalui fitur-fitur yang ada pada akun dashboard. Bahkan kamu pun bisa mengetahui jumlah klik dari pengunjung, besaran penghasilan setiap klik, hingga popularitas halaman website berdasarkan iklan yang ditampilkan.

Tidak hanya itu, Google AdSense juga memberikan fitur keamanan yang berguna untuk memblokir iklan yang tidak kamu inginkan. Kemudian, AdSense juga terdapat banyak referensi yang bisa kamu baca terkait tips dan triknya menggunakan layanan ini.

Cara Mendaftar Google AdSense

Jika kamu tertarik untuk mengikuti program Google AdSense, syarat pertama adalah memiliki akun Google dan juga blog atau website. Setelah itu baru kamu bisa daftar AdSense dan satu orang hanya bisa punya satu Google AdSense saja. Berikut ini cara mendaftar Google AdSense yang mudah dan cepat:

  • Buka situs Google AdSense dan pilih ‘Daftar Sekarang’.
  • Masukkan link alamat situs atau blog milik kamu. Kemudian masukkan alamat email dan pilih ‘Save & Continues” untuk melanjutkan.
  • Selanjutnya login ke akun Google yang akan kamu gunakan, dan klik ‘Create Account’. 
  • Aktifkan akun Google AdSense kamu dan isi detail alamat pembayaran, alamat pos, dan nomor telepon. Lalu klik kirim.
  • Verifikasi nomor telepon kamu di Google AdSense dengan cara login dan pilih menu ‘Verifikasi nomor telepon’. Pilih kode verifikasi yang akan dikirimkan lewat teks atau panggilan suara. Berikutnya klik ‘Dapatkan kode verifikasi’.
  • Langkah terakhir adalah masukkan kode verifikasi tadi yang jumlahnya 6 digit, kemudian klik kirim.

Setelah melakukan pendaftaran, langkah selanjutnya tinggal menunggu verifikasi dari Google kira-kira 2-4 minggu apakah disetujui atau tidak. Jika setelahnya akun AdSense kamu disetujui Google, kamu sudah bisa langsung menggunakannya untuk membuat iklan ke dalam website.

Tips Mudah Supaya Google AdSense Diterima

Berikut beberapa tips dasar agar ketika daftar AdSense untuk situs kamu langsung disetujui oleh pihak Google.

Minimal website kamu berumur enam bulan atau memiliki 10-15 artikel aktif. Kemudian, penataan layout dan konten harus diperhatikan supaya memudahkan navigasi. Buat konten yang unik dan berbeda dari pasaran sehingga bisa jadi pertimbangan pengajuan AdSense kamu.

Ada baiknya kamu menggunakan domain pribadi seperti .com, .net, .org untuk mempercepat proses pengajuan AdSense. Biasanya website dengan domain gratis seperti wordpress.com atau blogspot.com cenderung lama di proses.

  • Tampilkan Menu Privacy Policy dan Contact

Jika di situsmu terdapat menu ‘About Us’ dan ‘Contact’, setidaknya Google akan memberi perhatian khusus terhadap hal-hal kecil tersebut. Semakin lengkap informasi di dalam situs menjadikannya terlihat profesional.

Google akan memberi penilaian tertentu jika kedapatan ada Pop-up atau layar otomatis yang muncul di website kamu. Biasanya pengunjung juga tidak menyukai tampilan dengan model seperti itu. Maka dari itu, buatlah tampilan website yang sederhana namun terlihat estetik, unik, dan ramah digunakan.

Setelah kamu tahu cara daftar AdSense beserta syarat dan tipsnya, mulailah untuk berkreasi dengan membuat konsep konten yang menarik untuk website kamu. Konten yang dibuat haruslah berkualitas sesuai dengan bidang pengetahuan yang kamu kuasai. Jika kamu sudah menguasainya, kamu akan dengan mudah mendapatkan keuntungan besar dari internet.





Source link

0 comments on “Ingin Dapat Penghasilan dari Monetisasi Situs? Daftar AdSense

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *