Tuesday, 29 September, 2020

Ingin Punya Karir Pegadaian? Kamu Harus Tahu Sejarahnya Dulu



Ajaib.co.id – Jika ingin punya karir Pegadaian, sebaiknya kamu tahu tentang sejarahnya dulu. Pegadaian merupakan salah satu perusahaan pelat merah Indonesia, yang artinya dimiliki oleh pemerintah Indonesia.

PT Pegadaian (Persero) merupakan salah satu BUMN yang sudah lama berdiri, yaitu pada tahun 1746. Saat itu yang mendirikannya adalah Pemerintah Belanda dengan nama Bank Van Leening.

Konsepnya sama dengan Pegadaian yang sampai sekarang berdiri yaitu menyediakan kredit barang gadai.

Sejarah Pegadaian Sejak Pertama Kali Berdiri

Selama masa pendudukan Belanda, Inggris, dan Jepang, Pegadaian banyak mengalami perubahan. Di masa pendudukan Belanda di Indonesia, Pegadaian pernah memiliki konsep siapa saja bisa mendirikan rumah gadai.

Saat itu rumah gadai semakin marak tumbuh, walaupun syarat berdirinya tetap harus mendapatkan izin dari pemerintah.

Namun, keberadaan sistem itu ternyata malah membuat kekacauan. Karena rumah-rumah gadai tersebut menerapkan sistem yang membuat masyarakat semakin kesusahan.

Akhirnya hak untuk menerbitkan perusahaan gadai ditarik, dan rumah gadai kembali menjadi perusahaan yang dipegang oleh pemerintah.

Pemerintah Hindia Belanda kemudian mengeluarkan undang-undang untuk mengukuhkan hal tersebut, bahwa Pegadaian dijadikan sebagai perusahaan monopoli, yang dikelola dan bertanggung jawab secara langsung kepada pemerintah. Pegadaian dengan konsep baru ini berdiri pada tahun 1901 di Sukabumi.

Bisa kamu lihat sekarang hanya ada satu jenis perusahaan gadai di Indonesia, yaitu Pegadaian. Hal ini telah berlangsung selama bertahun-tahun agar pengelolaannya mudah diawasi dan tidak terjadi penyelewengan yang membuat masyarakat dan perusahaan merugi.

Keberadaan Pegadaian bertujuan untuk memberi kemudahan bagi masyarakat dalam mendapatkan uang dengan berbagai macam alasan. Ada yang membutuhkannya untuk memenuhi hal mendesak, ada yang membutuhkan modal untuk usahanya, dan berbagai macam alasan lainnya.

Syarat utama untuk mendapatkan pinjaman dari Pegadaian adalah jaminan. Barang-barang yang bisa dijaminkan itu adalah rumah, kendaraan bermotor, barang elektronik (televisi, kulkas, console game, ponsel pintar, dan laptop), dan emas atau logam mulia.

Kegiatan Pegadaian ini diatur dalam Undang-Undang Hukum Perdata Pasal 1150. Jadi, pelaksanaannya memiliki hukum yang jelas.

Kamu yang ingin ke Pegadaian tidak perlu khawatir lagi soal perlindungan karena kamu mendapatkan perlindangan tersebut selama menggunakan produk Pegadaian.

Kecuali, jika kamu menggadaikan barang ke tempat lain yang tidak jelas. Berhati-hati saja karena rumah gadai yang bisa dipercaya hanya Pegadaian.

Visi dan Misi Pegadaian

Untuk kamu yang berhasrat memiliki karir di Pegadaian, tentu harus mengetahui visi dan misi perusahaan Pegadaian. Karena sudah tentu, jika kamu menjadi karyawan Pegadaian, kamu harus mengikuti visi dan misi yang telah ditentukan perusahaan.

Ini adalah visi dan misi Pegadaian.

Visi

Menjadi The Most Valuable Financial Companydi Indonesia dan sebagai agen inklusi keuangan pilihan utama masyarakat.

Misi

  • Memberikan manfaat dan keuntungan optimal bagi seluruh pemangku kepentingan dengan mengembangkan bisnis inti.
  • Membangun bisnis yang lebih beragam dengan mengembangkan bisnis baru untuk menambah proposisi nilai ke nasabah dan pemangku kepentingan.
  • Memberikan service excelence dengan focus nasabah melalui :

      –    Bisnis proses yang lebih sederhana dan digital.

      –    Teknologi informasi yang handal dan mutakhir.

      –    Praktek manajemen risiko yang kokoh.

      –    SDM yang profesional berbudaya kinerja baik.

Ini Dia Karir Pegadaian

Untuk mewujudkan visi dan misi di atas, Pegadaian mengakui bahwa sumber daya manusia merupakan aset yang penting.

Mengutip dari laman Pegadaian, sumber daya manusia merupakan faktor utama penggerak jalannya usaha serta pengembang perusahaan dalam rangka mencapai visi dan misi yang telah ditetapkan.

Oleh karena itu, jika kamu berkesempatan menjadi pegawai, Pegadaian memiliki program untuk meningkatkan kualitas pegawai. Caranya dengan memberikan pendidikan dan pelatihan secara konsisten dan berkesinambungan.

Menurut mereka, dengan memberikan pendidikan dan pelatihan akan tercipta kader-kader pimpinan yang berdedikasi tinggi terhadap perusahaan, berwawasan luas, dan visioner.

Nah, apakah saat ini PT Pegadaian membuka lowongan kerja terbaru?

Kamu bisa mengakses laman https://www.pegadaian.co.id/karir, untuk mendapat terkini lowongan kerja BUMN Pegadaian.

Kamu bisa mencarinya dengan tombol “Search” di laman tersebut. Namun terlebih dahulu terdapat pilihan “Direktorat” dan “Divisi & Wilayah” sesuai yang kamu perlukan.

Selain melalui laman yang dimilikinya, Pegadaian juga mengumumkan lowongan pekerjaan secara terbuka di media massa atau sarana lainnya agar informasi bisa diterima secara luas oleh masyarakat.





Source link

0 comments on “Ingin Punya Karir Pegadaian? Kamu Harus Tahu Sejarahnya Dulu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *