Thursday, 01 October, 2020

Ingin Renovasi Rumah Selama Social Distancing? Lakukan Hal Ini



Ajaib.co.idCOVID-19 telah memaksa sejumlah pemerintah di dunia, salah satunya Indonesia untuk menerapkan kebijakan social distancing. Masyarakat diminta untuk melakukan aktivitasnya masing-masing di rumah, seperti bekerja dan belajar dan juga menjaga jarak aman dengan orang lain, membuat masyarakat menghabiskan lebih banyak waktu di rumah. Namun, tidak menentunya kapan berakhir penerapan kebijakan ini membuat sejumlah individu kehabisan ide untuk menghabiskan waktunya di rumah.

Jika kamu sudah mulai bosan dengan membaca buku, olahraga di rumah, atau memasak, mungkin kamu perlu mempertimbangkan untuk melakukan renovasi rumah selama kebijakan social distancing masih berlanjut. Kamu tidak perlu khawatir akan ongkosnya yang besar, karena renovasi ini menggunakan metode Do It Yourself (DIY), yaitu konsep mendekorasi sesuatu yang dilakukan oleh diri sendiri.

Selain tidak menghabiskan biaya yang besar, melakukan renovasi dengan metode DIY tidak memerlukan interaksi banyak orang, sehingga kamu tidak perlu takut akan potensi tertular COVID-19. Jika memperbaiki rumah masuk dalam target kamu tahun ini, berikut 5 ide renovasi DIY rumah yang bisa kamu lakukan bersama pasangan tanpa takut mengganggu perencanaan keuangan.

Berkebun di Rumah

Tanah, biji-bijian, bunga, dan sayuran, dan tingkat kesabaran yang tinggi akan menjadi hal yang akan kamu temui ketika berkebun. Meskipun berkebun di rumah terdengar seperti hal yang merepotkan, kegiatan merenovasi rumah selama social distancing satu ini dapat dimanfaatkan untuk mengisi kekosongan di waktu luang.

Jika kamu memiliki area kosong di halaman, pertimbangkan untuk mengisinya dengan tanaman hijau yang memberikan kesan nyaman dan asri pada rumah. Berkebun juga cara yang bagus untuk mendapatkan lanskap baru tentang tanaman-tanaman apa yang sekiranya cocok untuk menghiasi rumah. 

Aktivitas berkebun juga tidak membutuhkan biaya yang besar, sebab yang kamu butuhkan hanya sedikit perawatan, air, pupuk, dan kebutuhan lain untuk menunjang pertumbuhan tanaman tersebut. Jadi, kamu tidak perlu khawatir jika kegiatan ini akan mengganggu alokasi anggaran yang sudah kamu rencanakan setiap bulan.

Renovasi DIY seperti ini tidak hanya berkontribusi dalam meningkatkan nilai sebuah rumah, tetapi juga memberikan hiburan yang baru dan pengalaman yang unik dibandingkan kamu menghabiskan waktu untuk menatap layar ponsel selama berjam-jam. 

Mengubah Ruangan Menjadi Area Hiburan

Mungkin kamu sadar bahwa rumah kamu tidak seluas yang kamu kira, terlebih jika kamu tinggal bersama orang tua atau pasangan selama social distancing. Namun, jangan sampai keterbatasan ini menghilangkan kreativitasmu, karena sekarang adalah waktu yang tepat untuk memanfaatkan ruang yang tidak terpakai untuk diubah menjadi area hiburan. Bagaimana caranya?

Jika kamu memiliki sebuah ruangan tidak terpakai yang mungkin hanya digunakan untuk kamar tamu atau ruangan menyimpan barang-barang tidak terpakai, pertimbangkan untuk menyulapnya menjadi ruang hiburan atau ruang bekerja yang lebih memiliki fungsi dibandingkan membiarkan ruangan tersebut berdebu.

Untuk memulainya, kamu bisa mencari referensi internet untuk memberikan ide barang-barang apa yang sekiranya akan diletakkan di ruangan tersebut. Jika kamu ingin membuat ruangan tersebut sebagai area hiburan, kamu bisa membeli sofa panjang untuk memberikan kenyamanan dalam bermain game di akhir pekan, atau jika kamu ingin menciptakan ruangan bekerja, pastikan kamu membeli perabotan yang mendukung produktivitas bekerja, seperti kursi kerja yang nyaman, lampu yang terang, hingga meja dengan tinggi yang sesuai dengan postur tubuh.

Mengecat Interior Ruangan

Salah satu aktivitas renovasi DIY yang membutuhkan waktu yang sedikit dan pengaruh yang besar dalam menciptakan kesan yang baru pada rumah adalah mengecat interior ruangan. Entah itu, mengecat sejumlah bagian yang warnanya sudah pudar atau mengganti keseluruhan warna ruangan, kegiatan ini akan sangat menyenangkan dilakukan selama social distancing.

Yang kamu butuhkan hanya referensi interior ruangan yang bisa ditemukan di Pinterest, kain untuk melindungi lantai, tangga, cat tembok, kuas cat, dan pita pelukis untuk melindungi cetakan dari tetesan cat. Kamu bisa mengajak anggota keluarga di rumah berkontribusi dalam kegiatan ini untuk membangun kehangatan dan kedekatan yang juga ikut pudar karena kesibukan satu sama lain.

Membangun Gazebo

Jika kamu memiliki dana lebih yang tidak terpakai, membangun gazebo bisa menjadi keputusan yang tepat untuk memberikan kesan yang baru pada rumah. Membangun gazebo memiliki manfaat ekstra untuk menciptakan ruang terbuka serba guna yang nantinya bisa kamu manfaatkan jika sudah bosan bekerja di dalam ruangan selama social distancing. 

Mengingat membangun gazebo merupakan langkah perubahan rumah di skala menengah hingga besar, kamu harus benar-benar memperhatikan langkahnya dari awal hingga selesai, mulai dari menentukan budget sesuai kondisi finansial, model gazebo (permanen atau semi permanen), hingga tujuan membangun gazebo tersebut. Namun, yang lebih penting adalah pastikan seluruh anggota keluarga setuju untuk keputusan ini.

Tidak ada siapa pun yang berencana untuk menghabiskan sebagian besar waktunya di tahun ini di dalam rumah, maka dari itu aktivitas merenovasi rumah dapat menjadi penawar yang masuk akal memanfaatkan waktu luang yang lebih banyak dihabiskan untuk melakukan aktivitas yang kurang berguna, misalnya menyaksikan serial televisi hingga lupa waktu.

Kamu bisa membuat daftar kebutuhan renovasi di hari kerja setelah jam bekerja selesai dan memulainya di akhir pekan tanpa harus khawatir akan gangguan dari pekerjaan. Proyek berkebun dan membangun gazebo bisa dilakukan jauh lebih awal di saat cuaca sedang bersahabat, sementara kegiatan mengecat ruangan bisa dilakukan sepanjang hari dan berhenti sebelum makan malam bersama keluarga.

Sumber: Top Diy Renovations To Keep Social Distancing, dengan perubahan seperlunya.





Source link

0 comments on “Ingin Renovasi Rumah Selama Social Distancing? Lakukan Hal Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *