Thursday, 15 October, 2020

Ini Cara Dapat Untung dari Bisnis Jasa Titip



Ajaib.co.id – Zaman serba sulit membuat banyak orang lebih kreatif dalam memilah-milih jenis usaha. Misalkan saja jasa titip alias jastip yang baru booming beberapa tahun terakhir ini.

Meskipun awalnya untuk pertemanan saja atau dilakukan pada ruang lingkup pertemanan, saat ini jasa titip sudah menjadi kebutuhan banyak orang, bahkan menjadi peluang usaha menjanjikan.

Adapun fitur menarik yang ada pada media sosial seperti dalam Facebook dan Instagram turut mendukung perkembangan jasa titip semakin menjanjikan dalam bisnis ke depannya. Selain itu, produk yang ditawarkan juga semakin variatif.

Nah, gimana tertarik memulai usaha jastip? Simak penjelasan dan uraian tersebut, agar kamu bisa lebih paham mengenai bisnis jastip.

Jastip tidak ubahnya dengan online shop atau ecommerce yang menjual barang-barang yang kamu butuhkan melalui daring. Cara kerja jastip juga mirip dengan online shop kebanyakan.

Namun, pelaku usaha jasa titip sifatnya barang belum tentu dapat dipastikan tersedia, karena tidak ada stok, dan barang hanya dibeli jika ada order berbentuk titipan.

Sangat jarang bisnis jastip ini laku di ecommerce atau marketplace. Orang cenderung lebih tertarik untuk menggunakan jastip melalui Instagram atau Facebook.

Hanya saja kamu harus hati-hati karena sistem pembayarannya yang sudah pasti tidak melindungi penjual dan pembeli.

Nah, sebelum kamu mulai untuk menjajal usaha jasa titip ini, ada baiknya jika kamu memerhatikan tahapan yang perlu kamu lakukan untuk memulai bisnis ini, antara lain :

1.    Kamu bisa datang ke pusat perbelanjaan atau acara pameran yang selama ini sangat popular dan memiliki stok barang cukup lengkap.

2.    Mengatahui atau mencari tahu produk-produk mana yang sedang tren.

3.    Mencari produk yang sedang tren, lalu memfotonya dan mengunggahnya ke media sosial.

4.    Membuat jenis promosi yang menarik, dan kemudian menawarkan jastip baik melalui Instagram ataupun Facebook.

5.    Unggahlah sesuatu barang yang menarik minat, agar banyak orang yang tertarik membelinya melalui jastip yang kamu tawarkan.

6.    Jika ada yang tertarik, dan pembayaran sudah dilakukan, kamu tinggal membuat list belanja kamu dan kemudian kamu mengirimkannya melalui jasa pengiriman.

Walaupun terdengar sedikit berisiko, namun usaha jastip ini sangat cukup menjanjikan. Hanya saja kunci dari kesuksesan usaha jasa titip ini adalah kepercayaan.

Sebab, tidak sedikit usaha jasa titip yang melakukan penipuan kepada konsumennya, meski tidak semua tentunya konsumen bisa memilah mana jasa titip yang benar-benar konsisten pada bisnisnya dan mana yang bukan.

Nah, ketika usaha jastip direspon baik oleh pembeli, ada baiknya kamu meminta feedback dari pembeli dengan bentuk komentar, rate atau testimony agar konsumen lainnya bisa percaya untuk membeli produk melalui jasa titip yang kamu.

Nah, untuk lebih sukses dalam berbisnis jasa titip, simak beberapa tips berikut :

1.    Jeli Membidik Target Pasar

Saat ini belum terlalu banyak jastip yang hadir untuk menjadi bisnis dan usaha, maka dari itu manfaatkan kesempatan ini untuk lebih mengasah naluri bisnis kamu.

Minimnya usaha jasa titip ini bisa kamu manfaatkan untuk menbidik target pasar kamu tanpa persaingan bisnis dengan jasa titip lainnya. 

Tipsnya adalah pilih target pasar kamu yang kira-kira tidak sulit dalam memenuhi target yang diincar. Hal ini karena akan memengaruhi strategi pemasaran sehingga segmen produk yang kamu siapkan lebih fokus dan terarah.

2.    Tentukan Media Sosial yang Akan Digunakan

Dalam melakukan bisnis jastip yang tidak ubahnya dengan penjualan daring, kamu harus memastikan media sosial apa yang akan kamu gunakan untuk mempromosikan bisnis kamu.

Kamu bisa menggunakan media sosial kamu sebagai etalase bisnis kamu dengan menawarkan barang yang ingin kamu jual. 

3.    Berikan Layanan Lebih Baik Sebagai Daya Tarik

Hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan membangun kepercayaan pembeli dengan memulai memberikan aturan down payment (DP).

DP ini bisa dikatakan merupakan bentuk komitmen awal pembeli terhadap barang yang kamu tawarkan. Selanjutnya, pembeli bisa melakukan pelunasan ketika barang yang dititip sudah sampai.

4.    Manfaatkan Promo

Untuk meningkatkan potensi keuntungan kamu sebagai pelaku usaha jasa titip ada baiknya jika kamu memanfaatkan promo yang ada. Namun demikian, harga yang diberikan haruslah harga yang sewajarnya.





Source link

0 comments on “Ini Cara Dapat Untung dari Bisnis Jasa Titip

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *