Thursday, 01 October, 2020

Ini Dia Beberapa Keindahan Pulau Natuna di Ujung Utara Indonesia



Sumber: hipwee

Ajaib.co.id – Sebagai negara kepulauan, tidak heran jika Indonesia memiliki banyak pulau dengan keindahan yang luar biasa. Tidak akan kalah jika disandingkan dengan pulau-pulau yang ada di berbagai belahan dunia. Salah satunya adalah Pulau Natuna yang pada beberapa bulan belakangan tengah menjadi pembicaraan hangat karena ingin diambil alih oleh negara China.

Wajar saja jika keindahan yang ada di Pulau Natuna ingin diakui oleh negara asing. Pasalnya, Pulau Natuna merupakan salah satu dari banyak pulau yang mungkin tidak dijamah oleh para wisatawan. Mengingat letaknya yang berada di ujung utara Indonesia dan berhadapan langsung dengan Laut China Selatan.

Pulau yang masuk ke dalam area provinsi Kepulauan Riau ini memiliki pusat administrasi di Kota Ranai. Nama Natuna sendiri diambil dari bahasa Belanda yaitu Natunae yang berarti alami seiring dengan pemandangan aslinya yang begitu indah. Tidak heran jika banyak tempat wisata di Pulau Natuna yang menyajikan pemandangan begitu luar biasa.

Mulai dari beberapa pulau kecil seperti Jemasa, Bunguran, Bintang, Midai, Sedanu, hingga Laut. Lalu, keindahan apalagi yang membuat Pulau Natuna menjadi tujuan wisata? Nah, berikut ini beberapa hal yang ada di Pulau Natuna hingga menjadikannya destinasi tepat untuk berwisata.

Alif Stone Park

Salah satu tempat yang menjadi ikon dari Kota Natuna adalah Alif Stone Park. Tempat wisata yang tidak jauh dari kota Ranai ini menyajikan pemandangan yang sangat luar biasa yaitu gugusan batu granit di sepanjang pantai. Asal nama Alif Stone Park sendiri diambil dari huruf hijaiyah karena bentuk batu yang berdiri tegak di tengah laut hingga membentuk huruf alif.

Masjid Agung Natuna

Pemandangan bangunan sekaligus rumah ibadah agama Islam ini merupakan masjid kebanggan Natuna. Masjid Agung Natuna disebut-sebut sebagai masjid termegah di Kepulauan Riau alias Taj Mahal-nya Indonesia dengan desain dan arsitektur kental akan nilai filosofis Islam. Bangunan ini didirikan pada tahun 2007 yang berada di pusat kota Pulau Natuna yaitu Ranai.

Gugusan Pulau-Pulau

Pemandangan di Pulau Natuna didukung oleh banyaknya gugusan pulau-pulau kecil yang terdiri dari 154 pulau dengan 27 pulau berpenghuni serta 127 pulau tidak berpenghuni. Gugusan Pulau Natuna sendiri dibagi menjadi dua, yaitu pulau yang terdiri dari beberapa nama seperti Bunguran, Midai, Sedanau, Tiga, dan Laut. Lalu bagian lainnya meliputi Subi Besar dan Kecil, serta Serasan.

Hutan Bakau Pengadah

Selain pantai, Pulau Natuna juga memiliki beberapa tempat wisata salah satunya adalah pemandangan dari Hutan Bakau Pengadah yang menjadi idola Natuna sebagai tempat wisata alam. Hutan yang berada di Kecamatan Bunguran Timur Laut ini dapat ditempuh selama 1 jam perjalanan dari kota Ranai. Di mana, Hutan Pangadah didirikan persis di atas Sungai Semitan yang menambah keindahan pemandangan.

Wisata Dataran Tinggi

Salah satu tempat wisata berikutnya di Natuna adalah wisata alam dataran tinggi seperti Gunung Gundul serta Bukit Kapur. Walaupun Gunung Gundul merupakan hasil dari kebakaran hutan yang pernah terjadi di tahun 1983, namun pemandangannya disulap menjadi sangat indah sehingga destinasi yang satu ini merupakan pilihan tepat saat berkunjung ke Natuna.

Sementara Bukit Kapur merupakan bukit yang berada di Desa Ceruk dengan sajian pemandangan laut yang mempesona.

Pemandangan Ikan Napoleon

Salah satu ikan yang dikenal sebagai King of Ocean yaitu ikan Napoleon hidup di perairan Pulau Natuna. Ikan ini memiliki bentuk yang unik yaitu kepala mirip dengan poni dari pemimpin militer Perancis, Napoleon Bonaparte sehingga namanya diabadikan. Ikan Napoleon memiliki ukuran sepanjang 2 meter dengan berat mencapai 190 kg.

Ikan Napoleon memiliki harga jual yang cukup fantastis yaitu Rp1,6 juta per kg dan dianggap dapat meningkatkan derajat seseorang hingga vitalitas pria jika dikonsumsi.

Lokasi Pulau yang Strategis

Salah satu alasan yang membuat Pulau Natuna ini memiliki pemandangan menakjubkan adalah karena posisi pulau yang berada di titik koordinat cukup strategis. Di mana, wilayah Natuna berbatasan dengan beberapa negara tetangga seperti Laut China Selatan, Semenanjung Malaysia, dan Singapura. Bahkan untuk menuju ke beberapa kota di negara tetangga dari kota Rinai cukup dekat seperti ke Kuala Lumpur berjarak 751 km, Singapura 581 km, dan Kuching 350 km.

Banyaknya Potensi Hasil Laut serta Tambang

Tidak hanya keindahan pemandangan alam saja yang ditawarkan oleh Pulau Natuna. Bahkan Pulau Natuna cukup menguntungkan karena potensi di beberapa sektor yaitu perikanan dan pertambangan. Di tahun 2012, Pulau Natuna mencatatkan wilayah tersebut yang memiliki armada perahu nelayan sebanyak 3.500 buah.

Hal ini seiring dengan kekayaan perikanan yang didominasi oleh beberapa ikan seperti ikan pelagis kecil sebanyak 621 ribu ton per tahun, pelagis besar sebanyak 66,1 ribu ton per tahun, demersal sebanyak 334,8 ribu ton per tahun, ikan karang sebanyak 21,7 ribu ton per tahun, udang sebanyak 11,9 ribu ton per tahun, cumi-cumi sebanyak 2,7 ribu ton per tahun, dan lobster sebanyak 500 ton per tahun.

Sedangkan dari sisi pertambangan, Natuna memiliki potensi tambang pasir, tanah urug, tanah liat, batu granit, siru, dan kerikil. Ditambah dengan persediaan minyak mentah serta gas bumi yang jelas menguntungkan.

Nah, itu dia alasan mengapa Pulau Natuna menjadi rebutan bagi negara lain karena kekayaan yang ada di pulau tersebut. Mulai dari pemandangan yang menakjubkan, lokasi pulau yang strategis, hingga hasil laut dan pertambangan yang menguntungkan. Bagi kamu yang memiliki list jalan-jalan, destinasi Pulau Natuna sepertinya bisa dimasukkan ke dalam list perjalanan kamu berikutnya.

Mengingat Pulau Natuna masih menjadi objek wisata yang tidak begitu ramai seperti di beberapa tempat pada umumnya. Kamu bisa mulai mempersiapkan rencana perjalanan untuk berkunjung ke pulau ini dengan menyisihkan penghasilan untuk ditabungkan. Nah, kamu bisa memilih investasi di beberapa instrumen untuk menghasilkan keuntungan.

Jadi, tidak hanya uang utuh saja yang tersimpan, namun nilainya akan bertambah karena keuntungan dari investasi yang kamu lakukan. Salah satu instrumen investasi yang dapat kamu pilih adalah reksa dana. Apalagi kini investasi reksa dana bisa dilakukan secara mudah melalui smartphone dengan menggunakan aplikasi Ajaib.

Ajaib merupakan media investasi online yang dapat membantu kamu berinvestasi di instrumen reksa dana. Dengan berinvestasi reksa dana di Ajaib, kamu bisa merencanakan keuangan untuk kebutuhan di masa mendatang salah satunya adalah jalan-jalan alias travelling. Apalagi investasi reksa dana mampu menghasilkan keuntungan yang stabil dan besar.

Jadi tunggu apalagi, yuk download aplikasi Ajaib di smartphone kamu dan mulai berinvestasi reksa dana sekarang.





Source link

0 comments on “Ini Dia Beberapa Keindahan Pulau Natuna di Ujung Utara Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *