Thursday, 15 October, 2020

Ini Dia Negara-negara Terpadat di Dunia, Indonesia Urutan Berapa?



Sumber: Shutterstock

Ajaib.co.id – “Indonesia menjadi salah satu dari negara terpadat di dunia dengan pertumbuhan penduduk yang terus meningkat setiap tahunnya.”

Pertumbuhan penduduk di seluruh negara di dunia terus meningkat setiap tahunnya. Hal ini dibuktikan dengan jumlah populasi penduduk di dunia yang mencapai 7.684.292.383 jiwa hingga tahun 2020, dilansir dari CIA World Factbook. Ada 10 negara di dunia yang memiliki populasi penduduk terbanyak atau menjadi bagian dari negara terpadat di dunia.

Nah, Indonesia ternyata masuk ke dalam urutan 10 besar sebagai negara terpadat di dunia. Lalu, negara mana saja yang masuk ke dalam kategori negara terpadat di dunia? Berikut ini penjelasan mengenai beberapa negara terpadat di dunia yang bisa kamu ketahui.

Republik Rakyat China

Posisi pertama yang dikategorikan sebagai negara terpadat di dunia adalah China. Jumlah penduduk yang tersebar di China mencapai 1,39 miliar penduduk atau 18,14 persen dari total keseluruhan penduduk di dunia. Tidak heran jika China diberikan gelar sebagai negara dengan jumlah populasi terbanyak di dunia dengan jumlah penduduk yang hampir mencapai 20 persen dari jumlah penduduk di dunia.

Negara yang menjadi bagian dari benua Asia ini memiliki luas wilayah sebesar 9.596.961 km persegi dengan kepadatan penduduk sebanyak 145 jiwa per km persegi.

India

Posisi kedua sebagai negara terpadat di dunia diberikan kepada India. Negara yang dikenal dengan film Bollywood ini memiliki populasi penduduk hingga 1.326.093.247 jiwa atau 17,26 persen dari keseluruhan penduduk di dunia. Akan tetapi, dengan total penduduk yang dimiliki, luas wilayah India hanya sebesar 3.287.263 km persegi sehingga kepadatan penduduk per km persegi sebanyak 390 jiwa. Tidak heran jika posisi kedua sebagai negara terpadat di dunia diberikan kepada negara ini.

Amerika Serikat

Amerika Serikat menempati posisi ketiga sebagai negara terpadat di dunia. Sebagai negara adidaya, Amerika memiliki populasi penduduk yang mencapai 332.639.102 jiwa atau 4,33 persen dari jumlah penduduk dunia. Luas wilayah yang dimiliki negara ini mencapai 9.825.675 km persegi dengan kepadatan penduduk sebesar 34 jiwa per km persegi. Walaupun populasi penduduk yang besar, namun cukup sebanding dengan luas wilayah yang dimiliki.

Indonesia

Posisi keempat yang menjadi bagian dari negara terpadat di dunia ditempati oleh Indonesia. Populasi penduduk yang tersebar di beberapa pulau, provinsi, kota, dan daerah ini mencapai 267.026.366 jiwa atau 3,5 persen dari jumlah penduduk dunia. Luas wilayah yang dimiliki oleh Indonesia mencapai 1.904.569 km persegi sehingga kepadatan penduduk mencapai 140 per km persegi.

Pakistan

Salah satu negara terpadat di dunia yang menempati posisi kelima adalah Pakistan. Negara yang juga berada di bagian benua Asia ini memiliki populasi penduduk sebesar 233.500.636 jiwa atau setara 3,04 persen dari jumlah penduduk di dunia. Dengan jumlah populasi penduduk tersebut, kepadatan penduduk sebesar 293 jiwa per km persegi karena luas wilayahnya yang hanya sebesar 796.095 km persegi.

Nigeria

Posisi keenam sebagai negara terpadat di dunia ditempati oleh Nigeria dengan jumlah penduduk yang mencapai 190.632.261 jiwa atau sebesar 2,79 persen dari jumlah penduduk dunia. Negara yang berada di benua Afrika ini memiliki luas wilayah sebesar 923.768 km persegi dengan kepadatan penduduk mencapai 232 jiwa per km persegi.

Brasil

Posisi ketujuh ditempati oleh Brasil sebagai negara terpadat di dunia selanjutnya. Negara yang terkenal dengan sepak bolanya ini memiliki populasi penduduk sebesar 211.715.973 jiwa atau setara 2,76 persen dari jumlah penduduk di dunia. Brasil memiliki luas wilayah sebesar 8.514.877 km persegi dengan kepadatan penduduk mencapai 25 jiwa per km persegi.

Bangladesh

Negara terpadat di dunia pada posisi kedelapan ditempati oleh Bangladesh. Populasi penduduk negara ini mencapai 162.650.853 jiwa atau 2,12 persen dari jumlah penduduk dunia. Luas wilayah yang dimiliki negara ini hanya sebesar 143.998 km persegi dengan kepadatan penduduk sebesar 1.130 jiwa per km persegi sehingga negara ini jelas dikategorikan sebagai salah satu negara terpadat di dunia.

Rusia

Rusia menjadi negara terpadat di dunia yang menempati posisi kedelapan dengan populasi penduduk mencapai 141.722.205 jiwa atau setara 1,84 persen dari jumlah penduduk di dunia. Namun, luas wilayah yang dimiliki negara ini cukup luas dengan 17.098.242 km persegi sehingga rasio kepadatan penduduk sebesar 8 jiwa per km persegi.

Meksiko

Negara terpadat di dunia yang menempati posisi kesepuluh adalah Meksiko dengan populasi penduduk sebesar 128.649.565 jiwa atau setara 1,67 persen dari jumlah penduduk dunia. Luas wilayah yang dimiliki negara ini sebesar 1.964.375 km persegi dengan kepadatan penduduk sebesar 65 jiwa per km persegi.

Dampak Negatif dan Langkah yang Dilakukan Indonesia dalam Mengatasi Pertumbuhan Penduduk yang Tinggi

Pertumbuhan penduduk di setiap negara ternyata memberikan dampak negatif terhadap keberlangsungan suatu negara. Apalagi jika luas wilayah yang dimiliki tidak mampu memberikan ruang yang layak. Hal ini jelas akan mempengaruhi suatu negara dan memberikan dampak negatif. Berikut beberapa dampak negatif yang dihasilkan dari populasi penduduk yang meningkat:

  • Tingkat pengangguran yang naik.
  • Kemiskinan yang meningkat.
  • Tingkat kriminalitas yang naik.
  • Pemukiman penduduk yang kumuh.

Pertanyaannya, bagaimana mengatasi peningkatan penduduk yang melambung tinggi dan dapat memberikan dampak negatif bagi suatu negara? Nah, Indonesia sendiri sebagai bagian dari negara terpadat di dunia, sudah melakukan berbagai antisipasi dan langkah dalam mengatasi permasalahan populasi penduduk. 

Berikut ini beberapa langkah yang sudah diterapkan pemerintah Indonesia dalam menekan angka pertumbuhan penduduk dan cara mengatasi populasi penduduk yang meningkat:

  • Menerapkan program transmigrasi.
  • Pembagian lapangan kerja secara merata.
  • Menerapkan program Keluarga Berencana dalam menekan pertumbuhan penduduk.
  • Menetapkan Undang-Undang yang mengatur usia minimal menikah.
  • Menetapkan biaya atau tarif administrasi yang tinggi bagi imigran atau warga asing.
  • Mensosialisasikan pendidikan tentang kependudukan pada berbagai jenjang pendidikan.
  • Meningkatkan pelayanan pada pendidikan agar berkualitas dan mudah diakses.
  • Menerapkan program wajib belajar pendidikan dasar bagi setiap masyarakat.

Sebagai bagian dari negara terpadat di dunia, tentunya Indonesia harus bisa mengantisipasi permasalahan yang akan terjadi ketika pertumbuhan penduduk terus meningkat. Hal ini terutama yang berhubungan dengan keuangan yaitu simpanan di tabungan atau investasi. Kamu sebagai warga negara Indonesia, baik yang akan dan sudah berkeluarga, persiapkan keuangan untuk kebutuhan di masa mendatang.

Apalagi jika kamu sudah memiliki anak dan ingin memberikan pendidikan yang terbaik bagi anak-anak. Oleh karena itu, persiapan dalam mengatur keuangan untuk kebutuhan di masa mendatang bisa dilakukan dengan berinvestasi reksa dana di aplikasi Ajaib.

Ajaib merupakan media investasi online yang dapat membantu kamu berinvestasi di instrumen reksa dana. Yuk download aplikasinya di smartphone kamu dan mulai berinvestasi dengan mudah.





Source link

0 comments on “Ini Dia Negara-negara Terpadat di Dunia, Indonesia Urutan Berapa?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *