Wednesday, 14 October, 2020

Ini Dia Tips Menjadi Wanita Karir di Indonesia



Ajaib.co.id – Menjadi seorang wanita karir di Indonesia itu penuh dengan tantangan. Meskipun sudah ada program pemberdayaan wanita dan kesetaraan hak wanita untuk bekerja di Indonesia, nyatanya masih banyak posisi-posisi pemegang kendali dan pengambil keputusan masih didominasi oleh laki-laki. 

Dari data Badan Pusat Statistik (BPS) 2018-2019, Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) masih didominasi pria dengan persentase yang masih tinggi daripada TPAK wanita. Tingkat partisipasi tenaga kerja wanita di Indonesia masih tertinggal dari negara-negara ASEAN lainnya seperti Vietnam, Thailand, dan Singapura. 

Hal ini didasari oleh beberapa faktor, salah satu faktornya adalah kurangnya minat seseorang untuk bekerja dan menjadi wanita karir di dunia kerja. Jika salah satunya adalah kamu, jangan takut dan melangkah ke dunia kerja dan menjadi seorang wanita karir yang sukses. 

Berikut adalah tips-tips untuk menjadi wanita karir yang sukses di dunia kerja: 

1. Terbuka pada Kesempatan

Ada banyak lowongan pekerjaan yang membutuhkan seorang pekerja wanita untuk mengisi posisi pekerjaan tersebut. Umumnya, perusahaan merekrut pegawai dengan melihat gender yang dimiliki calon pelamar. Tentunya, ini adalah kesempatan untukmu atau para wanita agar melangkah untuk berkarir di dunia kerja. 

Kamu akan dihadapkan pada kesempatan-kesempatan yang selalu terbuka, dan jangan sia-siakan kesempatan itu. Terbuka untuk segala kesempatan agar bisa berkarir di dunia kerja adalah langkah awalmu untuk bisa memulai jalanmu menuju sukses. 

Kesempatan ini bisa datang dari mana saja, kamu bisa mendapatkan tawaran dari teman, sahabat, atau dosen kampusmu. Jika kamu merasa mampu dan yakin bisa menjalaninya, kenapa tidak untuk mengambil kesempatan itu, iya kan? 

2. Jadilah Tegar

Memang tidak mudah jika lingkungan kerjamu dipenuhi dengan pria, bisa saja beberapa dari mereka akan merendahkan dan meragukan kualitasmu sebagai pekerja di sana. Pada dasarnya, pekerjaanmu dan mereka itu sama, dan posisimu sebagai pekerja itu setara dengan pekerja lainnya, terlepas dari gender dan usia. 

Mampu mengendalikan situasi dan bekerja dengan hasil kerja yang memuaskan adalah tujuan utama dari sebuah pekerjaan. Jika kamu mengalami situasi yang canggung karena orang-orang di sekitarmu meragukan kemampuanmu, jadilah tegar dan tunjukkan dengan hasil kerjamu. 

Tidak ada yang boleh meremehkanmu hanya karena gender, seorang wanita juga bisa bekerja dan memiliki hasil kerja yang baik, setara dengan pria dan pekerja lainnya. Karena, hasil kerja yang baik tidak mengenal gender. 

3. Bangun Squad Goals-mu

Setiap manusia bergantung dengan yang lainnya, begitu juga yang terjadi di dunia kerja. Banyak wanita karir yang sukses memiliki tim yang kompak di baliknya. Tentunya, tim ini tidak memandang gender. 

Jika pekerjaanmu membutuhkan rekan kerja untuk melakukan dan menyelesaikan sebuah proyek, maka bangunlah tim impianmu agar mendapatkan hasil kerja yang sempurna. Memiliki squad goals di dunia kerja, bisa menunjang karirmu. 

Bangun tim itu melalui jalinan pertemanan dan persahabatan, selain menjadi rekan kerja, kamu juga bisa menjadi teman yang baik untuk mereka. Ini adalah hubungan yang menguntungkan satu sama lain, baik di pertemanan dan di dunia kerja. 

4. Jadi Dirimu Sendiri

Jangan paksakan dirimu sendiri untuk menuruti permintaan orang yang tidak relevan dengan pekerjaanmu. Banyak pekerja ‘nakal’ akan memengaruhi keputusan dan bagaimana caramu bekerja saat berada di lingkungan kerja. 

Tetap jadi dirimu sendiri, dan bekerjalah sesuai dengan caramu sendiri (jika itu memiliki output kerja yang baik). Menjadi orang lain di lingkungan kerja itu tidak akan membuatmu nyaman saat bekerja. 

5. Tetap Fokus

Seorang wanita yang bekerja akan dipertanyakan pada komitmennya untuk pekerjaan tersebut. Jangan biarkan kata ‘dipertanyakan’ ini menghantui dan akhirnya memengaruhi pekerjaanmu. 

Tetaplah fokus pada pekerjaan jika kamu berada di kantor. Jika kamu sudah berkeluarga, maka fokuslah pada keluarga ketika pulang dari kantor. Memilah-milah fokus itu penting untuk seorang wanita karir agar tidak tercampur antara urusan keluarga dan kerja. 

Jadi, tetap fokus pada pekerjaan dan lepaskan beban pekerjaan jika berada di rumah. Jangan biarkan fokusmu menjadi hancur karena urusan pekerjaan. Kamu bisa menyelesaikan urusan pekerjaan di kantor, dan tidak membawanya ke rumah. Jadi, tetap fokus! 

6. Percaya Diri 

Kalau kamu hanyalah beberapa pekerja wanita di sebuah kantor, jangan minder untuk menempati posisimu yang sekarang. Percayalah, jika tidak semua orang bisa mendapatkan posisimu saat ini, jangan sia-siakan pekerjaanmu saat ini hanya karena kamu tidak percaya diri. 

Membangun kepercayaan diri tidak bisa dilakukan dalam satu hari, seiring berjalannya waktu, bangunlah kepercayaan diri dengan bekerja sebaik-baiknya. Para atasan tidak akan memandangmu lebih rendah jika hasil kerjamu cukup sempurna. 

Salah satu kunci sukses untuk menjadi wanita karir adalah percaya diri, dan tidak segan-segan untuk mengoreksi diri jika ada kekurangan di hasil kerja. 

Itu dia tips-tips  untuk menjadi wanita karir yang sukses di Indonesia. Meskipun angka pekerja wanita masih tergolong sedikit dan terendah di ASEAN, kamu masih bisa mendapatkan kesempatan dan memulai perubahan dengan menjadi seorang wanita karir. 

Melangkah untuk pertama kali menjadi pekerja wanita memang tidak mudah, tapi sedikit demi sedikit akan menjadi bukti, bukan? Begitu juga dengan investasi. Berinvestasi tidak kalah pentingnya untuk menunjang kesuksesan di masa depan. 

Di Ajaib, kamu bisa berinvestasi dengan jenis investasi reksa dana dan saham. Kamu bisa berinvestasi sesuai dengan kebutuhanmu, tenang saja, Ajaib telah disertifikasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, investasimu jadi lebih aman dan nyaman. Yuk investasi bersama Ajaib!

Sumber: Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja Perempuan Indonesia Rendah Dibanding Negara ASEAN dan Tingkat Partisipasi Tenaga Kerja Masih Didominasi Laki-laki, dengan perubahan seperlunya.





Source link

0 comments on “Ini Dia Tips Menjadi Wanita Karir di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *