Wednesday, 21 October, 2020

Jenis Bunga yang Bermanfaat untuk Kecantikan dan Kesehatan



Ajaib.co.id – Sudah tahukah Anda jika ternyata ada berbagai jenis bunga yang bisa dijadikan sebagai obat alami. Obat alami baik untuk kecantikan maupun kesehatan. Nah, daripada Anda menggunakan obat yang dari bahan kimia, kenapa tidak memanfaatkan obat herbal seperti ini? Selain murah-meriah, dijamin tidak ada efek sampingnya juga. 

Tanpa Anda sadari sebenarnya cukup banyak bahan alami di sekitar Anda yang memiliki potensi besar untuk dijadikan obat. Dan tanpa disangka-sangka ternyata bunga pun memiliki potensi itu. Yang menjadi pertanyaannya kemudian adalah apa saja jenis bunga yang berpotensi bisa dijadikan obat alami? 

Jenis Bunga untuk Kecantikan

Anda pastinya sudah sangat familiar dengan bunga mawar. Bunga yang sangat cantik ini ternyata memiliki manfaat yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Pasalnya mawar ternyata bisa dimanfaatkan untuk melembapkan wajah. Bahkan dikatakan jika mawar termasuk bunga paling populer yang sering dimanfaatkan di dunia kecantikan.

Apalagi tidak bisa dipungkiri jika ekstrak bunga mawar cenderung aman bagi seluruh jenis kulit. Tetapi fungsi utama adalah untuk melembapkan wajah yang kering. Bahkan dikatakan juga jika permasalahan jerawat pun bisa diobati dengan memanfaatkan bunga mawar ini. 

Tentunya bukan tanpa alasan kenapa bunga mawar menyimpan potensi besar untuk mempercantik kulit wajah. Hal ini dikarenakan bunga mawar memiliki khasiat antiseptik, antiinflamasi, dan astringen yang bisa meredakan iritasi atau luka. Contoh sederhananya seperti kemerahan pada kulit. 

Selain itu bunga mawar juga dikenal memiliki manfaat yang cukup besar untuk kesehatan. Hal ini dikarenakan mawar kaya akan kandungan vitamin dan antioksidan. Apalagi vitamin C yang terkandung pada mawar dikenal cukup besar. Ditambah lagi bunga ini kaya akan kandungan air. 

Dalam pengobatan tradisional China, bunga mawar umumnya dimanfaatkan untuk menyembuhkan gangguan pencernaan, nyeri karena peradangan, hingga menstruasi yang tidak lancar. 

Selain bunga mawar, salah satu bunga lain yang memiliki khasiat untuk kecantikan adalah bunga melati. Hal ini dikarenakan bunga melati memiliki kemampuan untuk menenangkan dan melembapkan kulit. Istimewanya, bunga melati tidak membuat kulit berjerawat. 

Tidak hanya itu saja, penggunaan bunga melati untuk perawatan kulit juga tidak akan menyumbat pori-pori wajah. Justru sifat antibakteri pada bunga melati memiliki kemampuan untuk membersihkan noda. Misalnya saja seperti bekas jerawat maupun luka. 

Selain itu bunga melati juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Air rebusan bunga melati ternyata memiliki kemampuan untuk meredakan beberapa penyakit. Mulai dari demam, gejala flu, hingga sesak napas. 

Jenis bunga lain yang juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan adalah bunga calendula. Bahkan bunga ini sudah sering digunakan sebagai bahan dalam berbagai produk kecantikan. Pasalnya minyak calendula antiinflamasi. Itulah kenapa bisa dimanfaatkan untuk menenangkan kulit yang iritasi. 

Selain itu sifat antiseptik yang ada pada bunga ini bisa dimanfaatkan untuk mempercepat penyembuhan luka maupun jerawat. Dan dikatakan juga jika bunga ini memiliki kemampuan untuk melembapkan kulit. 

Bunga anggrek pun dikenal sebagai jenis bunga yang memiliki khasiat kecantikan. Pasalnya ekstrak bunga anggrek dapat memberikan kelembapan pada kulit wajah. Selain itu, kandungan mineral alaminya seperti kalsium, zinc, dan magnesium berkhasiat untuk mengurangi tanda-tanda penuaan dini. 

Bahkan dikatakan juga jika bunga anggrek memiliki kemampuan untuk mengatur pigmentasi kulit. Dengan demikian warna kulit merata dan kulit pun menjadi lebih halus. Umumnya anggrek dicampur dengan minyak kelapa dan diolah menjadi scrub. Scrub wajah ini akan membantu pengelupasan sel-sel kulit mati sehingga kulit wajah lebih halus dan cerah merona. 

Bunga lain yang juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan kulit adalah bunga matahari. Biasanya digunakan dalam bentuk minyak. Minyak bunga matahari sendiri dikenal memiliki sifat emolien. Sehingga bisa membantu kulit dalam mempertahankan kelembapannya. 

Selain itu, vitamin E yang terkandung pada bunga matahari bisa menjadi sumber antioksidan. Sehingga mampu melindungi kulit dari bahaya paparan sinar UV. Bunga matahari juga diperkaya vitamin A, C, dan D. Sehingga cukup efektif jika dijadikan sebagai obat jerawat alami. Ditambah lagi kandungan asam lemaknya yang berkhasiat untuk membersihkan bakteri penyebab jerawat. 

Bunga lavender juga dikenal sebagai bunga yang berkhasiat untuk kecantikan. Pasalnya bunga ini memiliki kemampuan untuk menenangkan kulit yang gatal. Lalu ada lagi bunga teratai yang dikenal kaya akan antioksidan. Ada juga bunga sepatu yang mampu meningkatkan elastisitas kulit. Dan yang terakhir adalah bunga chamomile yang diklaim bisa membantu mencerahkan kulit wajah. 

Jenis Bunga untuk Kesehatan

Di atas tadi sudah sedikit diulas jenis bunga yang berkhasiat baik untuk kecantikan maupun kesehatan. Nah, selain beberapa bunga yang sudah disebutkan di atas tadi, ternyata masih ada jenis bunga lain yang juga memiliki kemampuan untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Misalnya saja seperti bunga lavender. 

Kandungan kalsium, zat besi, dan vitamin A pada bunga lavender di klaim bisa meredakan gejala PMS. Bahkan tidak hanya itu saja, dikatakan juga jika bunga lavender berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata juga. 

Selain bunga lavender, bunga chamomile juga dipercaya bisa menjadi obat herbal untuk beberapa jenis penyakit. Mengandung kadar antioksidan yang tinggi, membuat bunga ini memiliki khasiat untuk melancarkan pencernaan. Tidak hanya itu saja, bunga chamomile juga bisa dijadikan sebagai obat herbal untuk jantung dan mengontrol gula darah. 

Sadarkan Anda jika ternyata bunga telang memiliki potensi sangat besar sebagai obat herbal. Bahkan dikatakan jika bunga ini sudah dikonsumsi selama berabad-abad sebagai bahan pengobatan tradisional India dan China. 

Teh bunga telang dipercaya mampu meningkatkan daya ingat, anti-stres, hingga penenang. Tidak hanya itu saja, kandungan antioksidannya yang tinggi, membuat bunga ini berkhasiat untuk membantu meningkatkan penglihatan, pertumbuhan rambut, hingga mengurangi stres oxidative. Wajar saja jika bunga telang termasuk jenis bunga yang sering dijadikan sebagai obat herbal alami.





Source link

0 comments on “Jenis Bunga yang Bermanfaat untuk Kecantikan dan Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *