Tuesday, 29 September, 2020

Jual Uang Kuno Bisa Bikin Kaya Mendadak, Ini Tips Menjualnya



Jual Uang Kuno

Ajaib.co.id – Media sosial viral saat ini, jual uang kuno Indonesia nominal Rp1.000 keluaran tahun 1993 dihargai Rp120 juta. Tentu saja itu sangat menggiurkan bagi mereka yang punya atau menyimpan uang kuno, bukan?

Bagaimana tidak. Dengan nominal mata uang yang kecil, kamu bisa menjualnya dan dapat keuntungan puluhan juta bahkan lebih. Selamat, kamu kaya mendadak!

Masa modern saat ini, uang kuno dianggap sebagai salah satu barang antik yang punya nilai estetika lebih. Karena selain punya nominal, juga punya sejarah atau cerita di dalamnya. Dan itulah keistimewaannya.

Para pembeli (kolektor), tidak enggan keluarkan uang dengan nominal cukup besar untuk bisa mendapatkan uang bersejarah. Biasanya dijadikan koleksi atau diarsipkan, kemudian dijual kembali pada masa mendatang.

Nah jika kamu punya uang kuno sekarang dan berniat menjualnya, simak tips cara jualnya. Barangkali bisa jadi panduan untuk dapatkan keuntungan berkali-kali lipat dari harga nominalnya.

1. Cari Tahu Nilai Uang Kuno yang Kamu Miliki

Kamu harus tahu terlebih dahulu, apakah jenis uang bersejarah milik kamu punya nilai yang sesuai dengan syarat para kolektor uang. Misal tahun keluaran/nomor seri.

Seri uang bisa menentukan harga dari mata uang kuno. Biasanya, seri sebagai cetakan tertua lebih mahal dibanding dengan cetakan termuda.

Indonesia khususnya, uang kuno harga tinggi punya nomor seri sebelum tahun 1980-an. Contoh uang pada masa penjajahan Belanda (VOC) dan kependudukan Jepang di Indonesia.

Sedangkan untuk luar negeri, seperti USA dan Uni Emirat Arab, uang kuno dibeli mahal untuk tahun 1800-an.

Akan lebih bagus saat jual uang kuno, sedikit banyak kamu mempelajari kelangkaan, sejarah, cara pembuatan, hingga cerita sosial politik dari uang tersebut, dikenal dengan nama ilmu numistatik.

Sehingga semakin paham akan cerita menarik di balik uang bersejarah tersebut, tentulah kamu bisa menjualnya dengan harga penawaran selangit.

2. Kelompokkan Kondisi Uang dalam Grade Uang Kuno

Selain mengetahui nilai dari uang bersejarah, kamu juga bisa kaya mendadak dari jual uang kuno karena paham 9 tingkatannya. Berikut tingkatan nilai uang bersejarah.

1. UNC – uncirculated, uang yang belum pernah diedarkan apalagi dipakai. Sehingga bisa dipastikan para kolektor sangat menyenangi uang ini. Harga sangat mahal, karena kondisinya mulus dan tampak seperti baru.

2. AU – about uncirculated, hampir tidak ada perbedaan dan sama dengan UNC. Biasanya hanya ada sedikit goresan atau lipatan kecil saja. 

3. EF/XF – extremely fine, uang sudah pernah beredar dan digunakan untuk bertransaksi. Tapi masih terlihat mulus dan saat disentuh juga masih kaku dan keras, tak ada lipatan-lipatan kasar.

4. VF – very fine, bisa dikatakan penampakan uang masih bagus walau tampak kotor dan banyak lipatan kasar. Nah, uang kuno yang beredar saat ini kebanyakan dalam kondisi VF.

5. F – fine, atau tidak mulus. Terdapat banyak kerutan dan warna uang terlihat pudar.

6. VG – very good, tidak jauh berbeda dari F. Yang membedakan hanya lipatan atau robekan sudah sampai mengenai gambar uang.

7. Fair – kondisi yang sangat mengganggu penglihatan mata. Ditemukan coretan, bagian yang sudah hilang, kotoran dan lainnya.

8. Poor – Kondisi terendah ini sebenarnya untuk menilai bahwa uang tersebut tidak layak dikoleksi. Namun di beberapa kasus, grade ini masih dimaklumi selama mata uang tersebut begitu langka di pasaran.

Perhatian: Jika bukan profesional, jangan pernah bersihkan atau cuci uang kuno yang kamu miliki. Bisa saja itu merusak kondisi asli uang tersebut dan harganya menjadi murah.

3. Lihat Terspesial Apa Uang Kuno Kamu

Semua orang senang dapat yang spesial. Tentu kamu juga, bukan? Nah jika uang kuno milik kamu spesial, harga jualnya bisa sangat tinggi, loh.

1. Nominal pecahan ganjil. Di dunia total uang pecahan ganjil diproduksi lebih sedikit dari pecahan genap. Contoh untuk uang rupiah dengan pecahan Rp 50, Rp500, Rp5.000.

2. Uang khusus. Kondisi cacat seperti salah cetak, dibubuhi cap unik, ada tanda tangan pejabat khusus, atau sejarah menarik lainnya.

4. Pastikan Uang Kuno Kamu Asli bukan Palsu

Sebelum jual uang kuno, teliti dengan keasliannya. Uang kuno dibuat pada masa teknologi yang belum secanggih era ini, sehingga tidak diciptakan dengan tanda keaslian yang akurat.

Cara mengetahui asli atau palsu, hanya butuh dua alat bantuan seperti pensil dan secarik kertas yang digosokkan dengan lembut pada uang.

Hasil dari gosokan akan didapat:

1. Tanda air yang jelas.

2. Nominal uang dan benang pengaman.

3. Gambar dan lipatan yang menjadi ciri khas uang asli.

5. Riset Pelanggan & Tempat Menjual

Mengenali karakter pembeli atau pasar sebelum menjual, sangat penting. Saat ini pembeli uang kuno sangat beragam, baik online ataupun tatap muka.

Menjual uang kuno secara langsung/tatap muka, maka harus jeli dengan peminatnya. Jika nilai dan sejarah dari uang kuno bagus, jangan sampai dibeli dengan penawaran yang murah. Untuk menjual secara langsung, bisa kepada kolektor atau di acara pelelangan.

Jika ingin menjual secara online, kamu bisa lakukan di platform e-commerce. Ingat, jalin komunikasi dan lebih dekat ke pembeli juga menjadi strategi agar uang kuno dihargai tinggi.

Perhatian:

Jual uang kuno tidak bisa dilakukan ke bank. Bank tidak membeli uang kuno.

6. Jadi Anggota Komunitas atau Grup Online

Bergabung dengan komunitas atau grup online seperti facebook dan whatsapp dapat berikan keuntungan tersendiri. Informasi baru biasanya cepat didapat dari grup.

Itu adalah beberapa tips jual uang kuno agar kamu bisa kaya mendadak. Perbanyak informasi dan terus belajar agar ditawar dengan harga tinggi.

Setelah itu, sisihkan sebagian keuntungan untuk investasi di bidang lain. Misalnya berinvestasi saham di aplikasi investasi tepercaya dan terbaik Ajaib.

Melalui fitur Ajaib Saham, kamu dapat menemukan informasi secara lengkap yang berhubungan dengan investasi saham. Mulai dari pembuatan rekening saham yang dapat dibuat secara online melalui aplikasi Ajaib, melihat pergerakan saham-saham perusahaan, dan masih banyak lainnya.

Oleh karena itu, kamu bisa mulai berinvestasi saham dengan menggunakan bantuan aplikasi Ajaib di mana saja dan kapan saja. Dengan berinvestasi saham, kamu bisa mengelola perencanaan keuangan untuk kebutuhan di masa mendatang secara tepat.

Kamu bisa memilih saham-saham perusahaan yang memiliki portofolio bagus pada pergerakan harga sahamnya untuk mendapatkan keuntungan. Jadi tunggu apalagi, segera download aplikasi Ajaib di smartphone kamu dan temukan kemudahan dalam berinvestasi sekarang.





Source link

0 comments on “Jual Uang Kuno Bisa Bikin Kaya Mendadak, Ini Tips Menjualnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *