Thursday, 01 October, 2020

Keuntungan Investasi Emas, Klasik Namun Selalu Bernilai



keuntungan investasi

Ajaib.co.id – Keuntungan investasi emas selama ini kerap dianggap kurang menjanjikan. Pasalnya jenis investasi ini memang tidak pernah turun harganya namun kenaikannya sendiri dinilai lambat. Namun dalam setahun terakhir para investor emas terbukti mendapatkan keuntungan terbaik di antara instrumen lainnya.

Emas merupakan produk investasi lawas dibandingkan misalnya reksa dana, saham atau trading fore. Namun emas selalu ampun untuk mempertahankan nilai uang yang kamu tanamkan dengan risiko yang sangat minim. Memiliki emas dalam jangka waktu lama bermanfaat untuk membantu ketika sewaktu-waktu kamu membutuhkan dana cepat.

Meski demikian, harga emas belakangan terus mencetak rekor. Ditopang oleh kondisi yang tak menentu secara global, salah satunya penyebaran virus Corona, investor emas mendapatkan keuntungan yang tak terduga. Dilansir dari Kontan, harga pecahan satu gram emas Antam berada di harga 1 jutaan. Angka ini merupakan nilai tertinggi yang dicapai oleh instrumen ini dan dipercaya akan terus naik.

Keuntungan Investasi Emas, Risiko Rendah dan Terbukti Terus Berkilau

Investasi menjadi salah satu solusi dalam menyiapkan diri secara finansial untuk sesuatu yang tidak terduga di kemudian hari, misalnya untuk memenuhi kebutuhan atau biaya pendidikan atau kesehatan. Maka itu banyak orang yang melakukan investasi, salah satunya dengan investasi emas. Maklum, harga emas memang memiliki daya tariknya sendiri. Di bawah ini adalah beberapa keuntungan yang didapat dengan berinvestasi emas.

 1. Likuiditas Tinggi

Kamu dapat menjual emas untuk mendapatkan uang tunai dengan cepat. Tempat pencairan emas pun dapat ditemukan di mana-mana. Hal ini tidak didapatkan dalam instrumen investasi lainnya, seperti investasi properti yang membutuhkan pihak kedua untuk membeli investasi tersebut.

2. Risiko Rendah

Penurunan nilai pada emas sangat sedikit atau bahkan bisa tidak ada sama sekali dan justru meningkat. Tidak seperti saham yang high risk high return, emas nyaris tanpa risiko. Hal ini dikarenakan harga emas yang ditentukan oleh nilai emas itu sendiri dan pasar internasional.

Berkat kestabilan ini, harga emas cenderung naik setiap tahunnya. Tidak seperti investasi lainnya, misal investasi saham yang tidak menentu dan memiliki risiko tinggi. Untuk investasi jangka panjang, emas memiliki potensi untuk memberikan keuntungan.

3. Modal Investasi Kecil

Modal investasi emas tergolong kecil jika kita bandingkan dengan modal investasi lainnya, seperti investasi properti. Emas yang dijual di pasaran sangat beragam dan dimulai dari berat yang cukup ringan yaitu 1 gram hingga 1.000 gram.

Jadi, jika emas dijual dengan harga Rp500.000 – Rp600.000 setiap gramnya, kamu dapat mulai berinvestasi emas dengan uang Rp500.000 saja. Modal yang cukup rendah ini membuat investasi emas digemari berbagai macam kalangan.

Kemudian, emas juga terhindar dari pajak karena logam mulia termasuk dalam kategori bahan baku, tidak seperti alat investasi lainnya. Keputusan ini didasarkan pada keputusan Dirjen Pajak No. 15/PJ/2011. Jadi, berapapun jumlah emas yang kamu miliki, tidak akan ada pengenaan pajak.

4. Aman

Seperti pada artikel ini, emas yang AJAIB sarankan untuk diinvestasikan adalah emas batangan yang dikeluarkan oleh LM ANTAM. Logam mulia yang dikeluarkan ANTAM ini memiliki sertifikat yang diakui mancanegara sehingga investasi emas kamu dijamin aman.

Selain aman karena adanya sertifikasi tersebut, aman yang dimaksud juga berupa “rahasia”, artinya orang lain tidak dapat mengetahui berapa banyak emas yang kamu miliki. Karena data tersebut bersifat pribadi dan tidak mudah bagi orang lain untuk mengetahuinya jika hanya menilai dari luar.

5. Kepemilikan Penuh

Keuntungan investasi emas lainnya menawarkan kepemilikan aset penuh untuk pemiliknya. Jadi, kamu bisa dengan mudah menggunakan emas itu kembali, baik untuk dijual atau dipindahtangankan.

Investasi emas juga menjadi pilihan yang sangat cocok untuk para investor pemula, termasuk para milenial yang baru menekuni dunia investasi dan belum terlalu paham mengenai seluk-beluk dalam berinvestasi.

Seperti pada ulasan di atas, investasi emas adalah investasi yang tidak mengenal pergeseran kualitas, tidak seperti investasi di sektor keuangan yang pergerakannya cukup dinamis dan drastis. Investasi emas ini memiliki risiko lebih rendah daripada investasi pada saham dan mudah dicairkan sewaktu-waktu sehingga investor pemula tidak perlu takut akan kerugian saat ingin memulai berinvestasi emas.

Harga Emas Sepanjang Tahun 2020

Kita sudah tahu bahwa manfaat investasi emas sangat banyak. Bukan hanya keuntungan namun juga kemudahannya. Namun, bagaimana harga emas itu sendiri?

Harga emas selama kurun waktu setahun terakhir tercatat memiliki kenaikan yang signifikan. Meskipun tidak lepas dari fluktuasi yang terjadi namun secara umum harga emas terus mengalami kenaikan. Hal ini tak lepas dari kekhawatiran publik akan kondisi dunia sehingga banyak yang mengalokasikan dananya pada instrumen ini.

Seperti dikutip dari laman resmi Logam Mulia, harga emas Antam berada posisi Rp 926.000 per gram. Ini merupakan level tertinggi selama perdagangan emas Antam. Angka tersebut naik Rp 2.000 jika dibandingkan harga emas pada Minggu (31/3/2020) kemarin. Sementara itu, harga buyback atau harga yang didapat jika pemegang emas Antam ingin menjual emas batangan tersebut berada di harga Rp 835.000 per satu gram.

Sementara itu, dikutip dari CNBC Indonesia, harga emas dunia di pasar spot mengalami reli tak terbendung sepekan terakhir (week on week/wow) dan menjadi apresiasi mingguan tertinggi sejak 2008 silam. Harga emas dunia di pasar spot ditutup di level US$ 1.617,5/troy ons pada Jumat (27/3/2020).

Harga emas naik 8% (wow) dari posisi penutupan pekan lalu di level US$ 1.497,64/troy ons. Penguatan mingguan ini merupakan yang tertinggi sejak krisis keuangan global 2008. Sejak emas dinyatakan sebagai pandemi harga emas bergerak dengan volatilitas yang amat tinggi.

Kenaikannya juga disebabkan karena ekanan jual di pasar saham yang mulai mereda dibarengi dengan prospek ekonomi yang makin suram akibat merebaknya wabah corona di seluruh penjuru dunia. Kebijakan untuk lockdown membuat banyak aktivitas ekonomi terhenti sehingga roda keuangan melambat.

Namun bukan berarti keuntungan investasi ini akan kebal terhadap koreksi dari profit taking maupun kinerja pasar saham.Harga emas bisa kembali melorot kapan saja ketika kebutuhan akan likuiditas tinggi dan sentimen kembali risk off. Apalagi dengan jumlah korban Corona yang terus bertambah setiap hari.

Emas dan Pengaruh Bank Sentral

Setidaknya ada tiga bank sentral yang bisa mempengaruhi pergerakan harga emas dunia. Selain European Central Bank (ECB) tadi, kedua bank lain yang menjadi penentu adalah bank sentral AS (Federal Reserve/The Fed) dan Bank of Japan (BoJ).

Tiga bank sentral tersebut diprediksi akan melaksakanan kebijakan stimulus moneter baik itu dengan pemangkasan tingkat suku bunga maupun dengan program pembelian aset, seperti obligasi dan surat berharga. Tindakan tersebut dinilai bisa membantu menyelamatkan perekonomian dunia termasuk berdampak akan adanya koreksi akan harga emas dunia.

Uraian di atas seharusnya bisa meyakinkanmu untuk tidak ragu berinvestasi emas. Keuntungan investasi yang paling utama adalah sifatnya yang mengamankan uangmu. Logam mulia ini bahkan akan terus bernilai dalam kondisi paling buruk sekalipun.

Jika kamu sudah berinvestasi dalam instrumen ini maka selamat, kamu telah merasakan keuntungan investasi ini. Namun jika belum mulai maka segeralah berinvestasi meskipun memang saat ini perlu modal yang lebih besar untuk membeli emas. Namun tidak ada kata terlambat untuk mulai berinvestasi.

Adapun sesuai dengan PMK No 34/PMK.10/2017 pembelian emas batangan dikenakan PPh 22 sebesar 0,9 persen. Jika ingin mendapatkan potongan pajak lebih rendah, yaitu sebesar 0,45 persen, sertakan nomor NPWP setiap kali transaksi.

Seperti yang telah dikemukakan pada awal artikel, kamu tidak akan menemukan keuntungan investasi dalam emas seperti pada pada instrumen investasi lainnya. Jadi, tenang saja! Nilai emas bisa jadi akan sangat fluktuatif tetapi nilai yang berubah juga akan tidak terlalu signifikan. Semakin yakin kan dalam berinvestasi emas?

Kamu juga bisa melakukan diversifikasi investasi untuk mempersiapkan kebutuhan lainnya seperti dana pensiun, dana pendidikan, dan sebagainya. Ajaib merupakan salah satu platform yang membantu kamu melakukan diversifikasi investasi.

Di mana, Ajaib bisa membantu kamu memulai investasi reksa dana dan saham dengan mudah dan aman karena telah terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Yuk investasi sekarang!





Source link

0 comments on “Keuntungan Investasi Emas, Klasik Namun Selalu Bernilai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *