Tuesday, 29 September, 2020

Kumpulan Kutipan Bob Sadino yang Dapat Memotivasi Pebisnis



kutipan bob sadino

Ajaib.co.id – Siapa yang tidak kenal dengan Bob Sadino? Salah satu pebisnis ulung tanah air yang memiliki nama asli Bambang Mustari Sadino ini merupakan lelaki selalu menggunakan celana pendek dan kemeja santai ini mempunyai strategi dan motivasi bisnis yang sangat jenius. Kutipan Bob Sadino juga sering dijadikan inspirasi dalam menjalani bisnis. Apa saja kutipan Bob Sadino tersebut? Simak ulasan di bawah ini.

Lahir tanggal 9 Maret 1933, Pak Bob menghabiskan masa Sekolah Dasarnya di Yogyakarta lalu menginjak Jakarta pada tahun 1950. Bob Sadino memiliki karier awal sebagai karyawan Unilever lalu menjadi karyawan Djakarta Llyod di Amsterdan dan Hamburg pada tahun 1950-1967.

Lahir dari keluarga yang berkecukupan dan ketika kedua orang tuanya meninggal, Bob Sadino lah yang mewarisi seluruh harta keluarganya. Dari hal tersebut, ia berencana menggunakan sebagian warisannya untuk berkeliling dunia. Ia sempat tinggal dalam kurun waktu yang cukup lama di Belanda, dimana saat itu ia menjadi karyawan untuk Djakarta Llyod dan bertemu belahan jiwanya. Tahun 1967 Bob Sadino kembali ke Indonesia, tak lama ia memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya dan mulai bekerja mandiri.

Menyewakan mobil yang ia punya merupakan pekerjaan pertama pria ulet ini, ia pun tak sungkan untuk langsung terjun dengan menjadi supir dari mobil yang ia sewakan. Ternyata tak lama kemudian mobil yang ia jadikan bisnis terlibat dalam sebuah kecelakaan dan hancur total. Untuk memperbaiki mobilnya, Pak Bob melakukan pekerjaan lain yaitu sebagai tukang batu dengan gaji hanya Rp100 pada saat itu.

Ditengah segala kebuntuan, seorang kawan memberikan saran padanya untuk mulai berwirausaha. Akhirnya ia menentukan untuk beternak ayam, dengan asumsi “kalau ayam saja dapat berjuang untuk hidup, manusia pun demikian.”

Berawal dari menjual beberapa kilogram telur untuk tetangga-tetangga sekitar, Pak Bob dan istrinya mulai memiliki banyak langganan beberapa bulan kemudian. Mulai dari tetangga terdekat hingga orang asing, Pak Bob memanfaatkan kemampuan berbahasa asingnya dengan baik sehingga pelanggan asing pun senang membeli hasil ternaknya.

Bisnisnyapun kian pesat, mulai dari berbisnis pasar swalayan, merambah holtikultura, hingga mengelola sayur mayur pun Bob Sadino lakukan untuk memenuhi permintaan para pelanggannya.

Sebagai pebisnis sukses, kutipan Bob Sadino ini bisa memacu kamu untuk menjadi pengusaha yang sukses.

Bila Jatuh Berdiri Lagi

Jatuh bangun dalam bisnis adalah sebuah proses. Bob Sadino merasa keterampilannya meningkat serta lebih menguasai bidang yang ia geluti setelah mengalami jatuh bangun. Pak Bob tidak memiliki ilmu khusus dalam berbisnis, namun dengan praktek secara langsunglah ia memperoleh keterampilan yang profesional itu.

Kenekatannya dalam berbisnis memang tak dapat dipungkiri lagi, namun kerja kerasnya membuat bisnis yang beliau kerjakan menjadi sukses dan besar. Seperti kutipan-kutipan Bob Sadino di bawah ini yang menggambarkan kegigihan dan aksi nyata beliau dalam berbisnis:

Banyak orang tanya, “Bisnis apa yang bagus?” Jawabnya, “Bisnis yang bagus adalah yang dibuka, bukan yang ditanyakan terus.”

“Berhenti membuat rencana, Melangkahlah”

Benar kan apa yang dikatakan Bob Sadino? Mulai saja dahulu, trial and error menjadi proses yang bagus untuk para pebisnis agar lebih mengenal bisnis yang ia geluti.

“Orang gobl*k itu ga banyak mikir yang penting melangkah, Orang pintar kebanyakan mikir akibatnya tidak pernah melangkah.”

“Banyak orang bilang saya orang gila, hingga akhirnya mereka dapat melihat kesuksesan saya karena hasil kegilaan saya.”

“Orang pintar kebanyakan ide dan akhirnya tidak ada satu pun yang jadi kenyataan. Orang gobl*k cuma punya satu ide dan itu jadi kenyataan.“

“Orang pintar mikir ribuan mil, jadi terasa berat. Saya nggak cuma melangkah saja, ngapain mikir, kan cuma selangkah.”

“Orang pintar maunya cepat berhasil, padahal semua orang tahu itu impossible! Orang goblok cuma punya satu harapan, yaitu hari ini bisa makan.”

“Bisnis itu hanya modal dengkul bahkan jika Anda tidak punya dengkul pinjam dengkul orang lain.”

“Orang pintar beranggapan, untuk berbisnis perlu tingkat pendidikan tertentu. Orang bodoh berpikir, dia pun bisa berbisnis.”

Bob Sadino memang nyentrik, paham-paham yang beliau anut seringkali bertolak belakang dengan teori ekonomi dan bisnis. Namun nyatanya kemauan dan kegigihan yang ia tunjukkan sempat menjadikan ia sebagai salah satu orang terkaya di Indonesia.

Dengarkan Saran dan Keluhan Pelanggan

Pebisnis harus mempunyai sifat legowo. Pak Bob selalu ramah dan rendah hati dihadapan para pelanggannya, ia selalu mendengarkan saran dan keluhan yang disampaikan. Hal itu menimbulkan kepercayaan dan simpati dari pelanggannya sehingga ia mampu menciptakan pasarnya sendiri.

Dengan paham tersebut Bob Sadino selalu mengatakan bahwa, “Setiap bertemu orang dengan orang baru, saya selalu mengosongkan gelas saya terlebih dahulu.”

Benar, beliau memanglah seseorang yang rendah hati dan sangat akrab dengan masyarakat sekitar.

Membuka kesempatan bekerja sama

Ketika sebuah bisnis semakin besar tentu saja akan menyerap SDM yang lebih besar lagi, namun perlu diingat bahwa bekerjasama dengan pihak lain juga menjadi hal yang penting. Inilah yang dilakukan Bob Sadino, beliau tidak saja membuka lapangan kerja namun juga bekerjasama dengan petani-petani di berbagai daerah untuk memajukan bisnisnya. Hal ini senada dengan kutipan terkenal dari Bob Sadino,

“Orang pintar berpikir aku pasti bisa mengerjakan semuanya, sedangkan orang bodoh menganggap dirinya punya banyak keterbatasan sehingga harus dibantu orang lain.”

“Saya bisnis cari rugi, ketika rugi saya semangat, dan jika untung bertambah rasa syukur saya.”

Bob Sadino adalah orang yang senang berbagi, ia tidak pernah pelit ilmu. Kiat-kiat berbisnisnya pun dengan mudah ditemukan dalam buku maupun internet, karena ia mempunyai harapan ini,

“Saya tidak mau pengalaman dan pengetahuan yang saya miliki terkubur bersama tubuh saya ketika mati kelak.”

Mendiang Bob Sadino merupakan salah satu pebisnis terbaik yang dimiliki Indonesia, seseorang yang hangat dan rendah hati ini harus kamu tiru semangatnya dalam memulai dan mengembangkan bisnis kamu. Jangan lupa untuk menabung dan menginvestasikan keuntungan bisnis kamu untuk masa depan yang lebih pasti.

Bagi kamu investor pemula, gak perlu bingung lagi karena sekarang sudah ada aplikasi investasi online terpercaya bernama Ajaib. Aplikasi ponsel ini sangat mudah untuk dioperasikan sehingga kamu akan lebih nyaman menggunakannya. Selain kemudahan, kamu juga dapat berinvestasi dengan budget terjangkau, mulai dari Rp10.000. Yuk mulai berbisnis dan berinvestasi dari sekarang!





Source link

0 comments on “Kumpulan Kutipan Bob Sadino yang Dapat Memotivasi Pebisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *