Thursday, 15 October, 2020

Manfaat Minum Secangkir Kopi di Pagi Hari



Ajaib.co.id – Sudah tahukah Anda jika rutinitas minum secangkir kopi di pagi hari memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan. Ternyata rutinitas yang sudah Anda lakukan sangat lama ini termasuk budaya yang positif. Memangnya apa sebesar apa manfaatnya? 

Nah, tentunya budaya minum kopi bukanlah sesuatu yang baru di Indonesia. Bahkan di dunia perfilman sendiri pernah diangkat ke dalam sebuah film yang berjudul “Filosofi Kopi”. Namun terlepas dari itu semua, minum kopi jika dilakukan secara teratur memiliki khasiat yang sangat besar untuk kesehatan. 

Manfaat Secangkir Kopi di Pagi Hari

Rutin minum kopi di pagi hari ternyata baik untuk kesehatan jantung. Hasil penelitian John Hopkins University, minum kopi ternyata mampu menurunkan risiko penyumbatan arteri yang bisa menyebabkan serangan jantung. 

Alasannya adalah kandungan antioksidan tinggi dalam kopi berkhasiat untuk menurunkan pengendapan kalsium di arteri koroner jantung. Ditambah lagi kandungan kafein dalam kopi diketahui bisa membantu protein P27 dalam mengatur sel-sel mitokondria. Sel ini merupakan dapur energi dari sel-sel di jantung. Reaksi seperti itu bisa mendorong sel-sel jantung bekerja lebih efisien.  

Selain itu minum kopi secara teratur juga bermanfaat untuk mencakup kebutuhan antioksidan harian. Tadi sudah dikatakan jika kopi kaya akan kandungan antioksidan di dalamnya. Dengan minum kopi secara rutin, terutama di pagi hari, tubuh akan mendapatkan asupan antioksidan yang cukup untuk mengatasi radikal bebas. 

Rutin minum secangkir kopi di pagi hari juga berkhasiat untuk melancarkan pencernaan. Menurut berbagai hasil penelitian, minum kopi bisa meningkatkan fungsi organ pencernaan dalam perut dan menjaga sistem pencernaan. 

Hal ini disebabkan kopi memiliki kemampuan untuk menstimulasi cairan di dalam lambung. Sehingga mampu mempengaruhi sistem pemecahan zat makanan dan penyerapan nutrisi oleh tubuh. 

Minum kopi secara rutin di pagi hari juga diklaim baik untuk metabolisme tubuh. Selain itu dikatakan juga mampu membantu menurunkan berat badan. Menurut ahli nutrisi bernama Sarah Flower, kafein yang ada pada kopi memiliki kemampuan untuk meningkatkan metabolisme tubuh. 

Pasalnya zat ini mampu menghasilkan energi dan sedikit panas. Sehingga membuat proses pencernaan makanan dan pembakaran lemak di dalam tubuh menjadi lebih cepat dibanding biasanya. Itulah kenapa minum kopi dikatakan mampu memaksimalkan metabolisme dalam tubuh. 

Selain itu, minum kopi juga dikatakan bisa membantu menurunkan berat badan. Alasannya kandungan asam klorogenat yang ada pada kopi. Asam ini diketahui bermanfaat untuk memperlambat penyerapan karbohidrat serta mengurangi lemak yang akan membuat nafsu makan menjadi berkurang. Itulah kenapa setelah minum kopi banyak yang merasa malas untuk makan. 

Rutin minum secangkir kopi di pagi hari juga dikatakan mampu menambah energi serta meningkatkan fokus. Pasalnya kandungan kafein dalam kopi dikatakan bisa meningkatkan adrenalin. Oleh sebab itu tubuh pun menjadi lebih berenergi. Di sisi lain, kafein juga dikatakan bisa membangunkan sel-sel dalam otak agar lebih fokus. 

Manfaat Kopi untuk Kecantikan

Selain dikenal kaya akan menata untuk kesehatan tubuh, kopi juga dikenal memiliki sejuta manfaat untuk kecantikan. Misalnya saja bisa membantu mengangkat sel-sel kulit mati. Hal ini disebabkan kopi ternyata bisa digunakan sebagai scrub atau lulur alami untuk mengangkat sel-sel kulit mati. 

Bahkan dikatakan jika rutin melakukan scrubbing dengan kopi bisa membuat kulit terlihat lebih bersih, cerah, serta terasa lebih halus. Selain itu, kulit Anda pun akan memancarkan aroma kopi yang memiliki sifat menenangkan. 

Manfaat lain dari kopi untuk kecantikan adalah menghilangkan lingkaran hitam dan mata bengkak. Berdasarkan berbagai hasil penelitian, ternyata kafein pada kopi bisa membantu melebarkan sekaligus melancarkan aliran darah jika diaplikasikan pada dark circles

Khasiat kopi untuk kecantikan lainnya adalah bisa dijadikan sebagai obat herbal untuk jerawat. Melakukan exfoliating dengan masker kopi bisa mengatasi masalah kulit berjerawat. Hal ini dikarenakan kopi bisa membantu mengangkat kotoran yang menyumbat pori-pori. 

Selain itu, pada kopi juga terdapat caffeic acid. Sebuah zat yang berperan sebagai antibakteri sekaligus antiinflamasi. Zat ini dikatakan bisa melindungi kulit dari berbagai kotoran dan bakteri yang berpotensi merusak kulit. 

Selain itu kopi juga dikatakan memiliki kemampuan menenangkan kulit terbakar karena terkena paparan sinar matahari. Banyak yang menghabiskan waktu di luar ruangan terkadang membuat kulit terbakar karena paparan sinar matahari. 

Dan salah satu cara mudah untuk mengatasinya adalah dengan mencelupkan handuk pada kopi yang diberi es. Setelah itu tempelkan handuk pada area kulit yang terbakar tadi. Hal seperti ini bisa memberikan efek shooting dan calming pada kulit. 

Manfaat kopi untuk kecantikan lainnya adalah bisa membantu mengurangi selulit. Munculnya selulit kerap kali dianggap mengganggu penampilan. Adanya selutut membuat kulit terlihat tidak rata atau tidak mulus.

Nah, dengan rutin melakukan scrubbing di area kulit yang mengalami selulit bisa membantu menyamarkanya. Pasalnya kopi bisa membuat kulit lebih kencang. 

Kopi juga dikatakan bisa membuat kulit tampak glowing. Melakukan face scrub atau body scrub dari kopi bisa membuat kulit tampak lebih glowing. Alasannya kopi bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah pada beberapa bagian tubuh. 

Pada saat tubuh mendapatkan sirkulasi yang baik, sel-sel kulit secara otomatis akan mendapatkan pasokan oksigen dan nutrisi yang cukup. Pada akhirnya bisa membuat kulit tampak bersinar alami. 

Selain itu kopi pun dikatakan bermanfaat juga untuk mengencangkan kulit dan perawatan anti-aging. Sifatnya yang ampuh dalam mengangkat kotoran pada kulit, kopi memiliki kemampuan merangsang pertumbuhan regenerasi sel. 

Artinya rutin melakukan scrubbing tidak hanya membuat kulit tampak lebih bersih dan cerah. Lebih dari itu, sekaligus juga membuatnya kencang. Bahkan dikatakan juga jika kopi bisa membantu menyamarkan garis-garis halus pada wajah. Sehingga wajah Anda akan awet muda. 

Ternyata sebesar itu khasiat dari kopi. Selain untuk kesehatan, kopi juga memiliki manfaat yang besar untuk kecantikan. Nah, khusus untuk kesehatan, Anda bisa memulainya dengan rutin minum secangkir kopi di pagi hari.





Source link

0 comments on “Manfaat Minum Secangkir Kopi di Pagi Hari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *