Thursday, 01 October, 2020

Manfaat Teknologi di Bidang Bisnis dan Investasi



Ajaib.co.id – Manfaat teknologi di berbagai bidang kehidupan telah dirasakan banyak orang. Terutama untuk generasi milenial yang merasakan peralihan antara periode manual dengan era digital. Sebagai generasi yang melek digital, milenial terbiasa memanfaatkan smartphone dan komputer.

Manfaat teknologi informasi semakin terasa dengan berkembangnya jaringan internet. Kamu pasti sudah terbiasa menggunakan koneksi internet dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi saat terjadi pandemi COVID-19, sebagian besar kegiatan bekerja dan belajar dapat dilakukan dari rumah dengan bantuan teknologi.

Aktivitas bisnis dan investasi yang belum memanfaatkan teknologi sebaiknya segera berbenah mengejar ketinggalan. Bagaimanapun gaya hidup masyarakat telah berubah menjadi digital savvy. Inovasi dalam bidang teknologi sebaiknya dilakukan jika ingin terus bertahan dan berkembang

Selama ini, penggunaan teknologi masih didominasi oleh perusahaan besar. Investasi pada sistem teknologi informasi dianggap terlalu mahal dan belum perlu bagi UKM. Padahal,  manfaat teknologi di bidang bisnis dan investasi juga penting untuk UKM dan investor perorangan. 

Adanya pandemi COVID-19 seperti menyadarkan kita bahwa sudah saatnya digitalisasi bisnis dan cara investasi. Berikut ini 7 manfaat teknologi untuk bisnis UKM dan investasi perorangan.

Akses Informasi Terbuka Lebar

Teknologi memungkinkan kita untuk mendapatkan akses informasi yang lebih luas. Informasi ini sangat penting untuk kelangsungan sebuah bisnis. Ada berbagai jenis informasi yang dibutuhkan untuk meningkatkan bisnis dan investasi.

Pada zaman dahulu, untuk melakukan survei kepuasan pelanggan atau survei selera pasar biasanya digunakan dari rumah ke rumah. Bisa juga dengan menyebarkan angket di pusat keramaian. Tentu saja cara ini sudah tidak efektif dilakukan pada era digital ini.

Dengan memanfaatkan teknologi, kamu bisa melakukan survei secara online. Respon yang kamu dapatkan bisa lebih banyak tanpa harus mengeluarkan usaha lebih keras. Kamu juga bisa mengatur siapa saja responden yang potensial dan laporannya bisa tersaji secara lebih tepat dan akurat.

Selain untuk survei, kamu juga bisa menggunakan mesin penjelajah seperti Google untuk mencari berbagai informasi yang kamu butuhkan. Misalnya kalau sedang mencari penyuplai di kotamu, kamu bisa mencarinya lewat halaman internet. Kamu juga bisa memantau perkembangan investasi dan sentimen pasar lewat internet.

Biaya Bisa Ditekan

Bisnis UKM dan investor perorangan biasanya dikelola oleh tim kecil dengan modal yang terbatas. Masalah biaya sering kali menjadi pertimbangan utama dalam setiap pengambilan keputusan. Itulah sebabnya masih banyak UKM yang belum memanfaatkan teknologi karena dianggap butuh biaya mahal.

Dengan berkembangnya teknologi dan semakin banyaknya jasa penyedia layanan berbasis internet, tidak perlu biaya mahal lagi untuk mendapatkan manfaat teknologi. Apalagi, biaya-biaya operasional dan pemasaran bisa ditekan dengan penggunaan teknologi ini. 

Biaya operasional dan biaya pemasaran menjadi lebih murah dengan menggunakan teknologi. Contohnya jika biasanya diperlukan biaya  transportasi untuk sekadar koordinasi dan mengirim materi promosi, sekarang bisa dikirim secara online. Untuk pemasaran juga tidak perlu lagi membuat baliho besar dan membayar sewa tempat display yang mahal. Pemasaran melalui media sosial terbukti lebih efektif dengan harga terjangkau.

Meningkatkan Penjualan

Penjualan dapat meningkat dengan memanfaatkan teknologi. Gaya hidup masyarakat saat ini cenderung tidak mau repot dan menginginkan layanan delivery order.Kamu bisa menambahkan layanan pemesanan berbasis online untuk menjawab kebutuhan pelanggan masa kini.

Dengan peranan teknologi seperti media sosial, kamu bisa melakukan promosi yang lebih gencar. Spesifikasi produk-produk yang ditawarkan bisa dijelaskan secara lebih rinci dan menarik untuk gaet calon pembeli. Sehingga penjualan dapat meningkat dan mencapai target yang ditetapkan.

Koordinasi Lebih Efisien

manfaat teknologi lainnya yang bisa dirasakan adalah lebih efisiennya proses koordinasi dan komunikasi, baik internal maupun dengan relasi bisnis. Dengan sistem informasi yang canggih, koordinasi antar tim akan lebih efisien.

Bisnis UKM sulit untuk berkembang jika komunikasi dan koordinasi antara karyawan tidak sinkron. Oleh karena itu, sebuah bisnis memerlukan teknologi informasi untuk mewadahi koordinasi antara karyawan serta pimpinan.

Standarisasi Pelayanan Pelanggan

Dengan adanya teknologi, pelayanan pelanggan akan lebih mudah untuk diakses dengan standarisasi yang jelas. Pelanggan dapat dengan mudah melakukan proses pembelian, mulai dari pemesanan, pembayaran, dan menyampaikan saran serta keluhan. 

Pelanggan akan merasa lebih dekat dengan berbagai layanan yang bisa diakses dengan mudah dan cepat. Jawaban untuk pertanyaan, saran, dan keluhan pelanggan pun dapat dibuat sesuai dengan standar. Kamu juga bisa menggunakan chat bot untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang umum. Jika pelanggan masih ingin menyampaikan keluhannya, mereka bisa berkomunikasi dengan bagian customer service.

Akses Lebih Luas untuk Pasar Baru

Adanya teknologi memungkin bisnis UKM untuk menggaet pasar yang lebih luas. Lingkup pemasaran bukan lagi di daerah sekitar bisnis berdiri saja, namun bisa menjangkau pasar di luar area tersebut.

Saat ini sudah banyak bisnis UKM yang merambah pasar ekspor. Produk-produk yang diekspor ini sudah mampu bersaing di pasar internasional. Bisnis UKM bisa terus berkembang ke pasar yang lebih luas dengan memanfaatkan teknologi.

Transaksi Lebih Praktis

Peran teknologi menjadikan proses transaksi menjadi lebih praktis. Kamu bisa membayar tagihan kepada vendor dengan mudah dan tidak perlu menghitung fisik uang secara cash. Kamu juga menerima pembayaran dari pembeli lebih praktis karena langsung masuk rekening bank. Pencatatan keuangan menjadi lebih akurat dan memperkecil risiko terjadinya fraud.

Begitu ketika kamu ingin melakukan investasi, kamu bisa bertransaksi lebih praktis dengan memanfaatkan teknologi. Kamu tidak perlu menghabiskan waktu dengan datang ke kantor manajemen investasi untuk membuka rekening. Cukup dengan aplikasi berbasis fintech, proses investasimu lebih lancar dan dapat dikontrol secara real time.

Manfaat teknologi di bidang bisnis dan investasi sangat penting, bukan? Oleh karena itu, kamu perlu terus melakukan inovasi dalam bidang teknologi pada bisnis UKM yang kamu kelola. Demikian juga dengan cara investasi yang kamu lakukan. Sebaiknya kamu memanfaatkan kecanggihan teknologi dengan investasi melalui aplikasi Ajaib.

Manfaat teknologi dapat kamu rasakan dengan berinvestasi melalui Ajaib. Ajaib merupakan perusahaan sekuritas ternama yang telah memiliki pengalaman, dan tentu saja sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan atau OJK. Jadi kamu nggak perlu khawatir.

Dengan menggunakan aplikasi Ajaib, kamu bisa melakukan transaksi pembelian dan penjualan reksa dana dan saham. Semua prosesnya sangat mudah praktis. Kamu bisa melakukannya dari rumah atau dari mana saja dengan menggunakan smartphone. Pokoknya anti ribet, deh!





Source link

0 comments on “Manfaat Teknologi di Bidang Bisnis dan Investasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *