Thursday, 01 October, 2020

Marketing Adalah Kunci Keberhasilan di Bisnis



Mengenal Istilah Marketing dalam Dunia Bisnis

Ajaib.co.id – Kamu pasti sering mendengar istilah marketing atau pemasaran di dalam kehidupan sehari-hari. Saat ini, sudah banyak orang yang bekerja di bidang marketing, seperti digital marketing, manager marketing, marketing officer, dan lainnya. Marketing adalah kegiatan bisnis yang di dalamnya meliputi perencanaan, penentuan harga barang dan jasa, promosi, serta kepuasan konsumen.

Pengertian Marketing

Marketing adalah rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk memasarkan produk, baik barang ataupun jasa, dengan berbagai cara agar produk disukai dan digunakan oleh khalayak luas.

Marketing juga disebut perpaduan berbagai aktivitas yang saling terkait dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan konsumen atau pasar. Dengan adanya informasi tersebut, perusahaan dapat menciptakan atau mengembangkan suatu produk, harga, pelayanan, dan mempromosikan produk yang dibutuhkan oleh konsumen terpenuhi dan perusahaan mendapatkan keuntungan.

Kegiatan Marketing

Setiap kegiatan marketing yang dilakukan, pastinya akan berpengaruh terhadap kelangsungan bisnismu. Marketing juga tidak memandang seberapa besar bisnismu berjalan. Jika tidak ada marketing di dalam bisnis, maka konsumen tidak akan mengetahui produk atau jasa yang dihasilkan dari bisnismu. Sehingga, penjualan produk bisnismu menjadi rendah.

Sebaliknya, jika bisnismu melakukan kegiatan marketing dengan baik, maka para konsumen bisa mengetahui produk atau jasa yang ditawarkan oleh bisnismu. Dengan begitu, banyak konsumen yang akan tertarik dengan produk kamu. Kamu bisa membangun penguatan merek (brand equity) terhadap produk yang kamu jual.

Fungsi Marketing

Setiap perusahaan mengandalkan marketing dalam upaya mengenalkan produk/jasa dan menghasilkan penjualan dan pendapatan bagi perusahaan. Itulah sebabnya proses marketing menjadi sesuatu yang krusial bagi semua bisnis. Di bawah ini adalah beberapa fungsi marketing yang harus kamu ketahui.

1. Fungsi Pertukaran

Melalui kegiatan marketing, barang dapat dikenal dan diminati suatu pasar. Dalam hal ini fungsi pertukaran adalah pembelian produk yang dilakukan konsumen dengan menukar uang dengan produk yang ditawarkan.

2. Fungsi Distribusi Fisik

Produk yang dihasilkan produsen tidak langsung tiba di depan konsumen begitu saja, ini melalui proses distribusi. Distribusi fisik melalui berbagai proses, mulai dari pengambilan, klasifikasi, penyimpanan, packing, hingga pengiriman ke lokasi terdekat dengan konsumen.

3. Fungsi Perantara

Kegiatan marketing juga berfungsi sebagai perantara antara produsen dengan konsumen yang dilakukan dengan berbagai cara, misalnya melalui pencarian informasi, pembiayaan, klasifikasi produk, dan lain-lain.

Secara garis besar, tiga poin di atas merupakan fungsi utama dari marketing. Selain itu, beberapa fungsi lain dari kegiatan marketing adalah sebagai berikut:

  • sales, aktivitas penjualan produk yang menghasilkan keuntungan bagi perusahaan.
  • alat promosi, aktivitas memperkenalkan produk atau perusahaan kepada khalayak luas dengan tujuan agar produk atau perusahaan tersebut diminati masyarakat.
  • riset dan pengembangan, proses marketing yang menyerap berbagai informasi bermanfaat mengenai tanggapan masyarakat terhadap produk sehingga perusahaan dapat melakukan peningkatan kualitas produk.
  • mewujudkan konsep marketing communication, peran marketing dalam menjalin hubungan baik dengan masyarakat atau perusahaan lain.

Mengenal Dunia Online Marketing

Saat ini, online marketing adalah salah satu strategi marketing yang dilakukan para perusahaan untuk menarik target audience menjadi pelanggan. Sebab, sebagian besar masyarakat menggunakan media sosial sebagai alat komunikasi. Dengan banyaknya pengguna media sosial di Indonesia, kamu bisa memanfaatkan peluang ini untuk memasarkan produk bisnismu. Kamu bisa menarik konsumen untuk membeli produk secara langsung dengan cara memasarkan produk melalui media sosial.

Media sosial yang bisa kamu manfaatkan adalah Instagram, Facebook, dan Twitter. Seperti yang kita ketahui, ketiga media sosial ini banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Agar pemasaran produkmu berjalan lancar, kamu harus mengetahui perilaku konsumen di media sosial. Misalnya, mengetahui kapan mereka aktif mengakses media sosial. Bagi kamu yang masih bingung kapan waktu untuk memasarkan produkmu melalui online marketing, ini adalah penjelasannya:

1. Online Marketing Melalui Facebook

Banyak perusahaan yang menganalisa waktu terbaik untuk memasarkan produk mereka melalui Facebook. Meskipun kamu sudah menggunakan Facebook Ads, namun tidak ada salahnya untuk menerapkan online marketing. Inilah waktu terbaik untuk memasarkan produk bisnismu melalui Facebook:

  • Saat jam kerja 10.00 WIB-15.00 WIB
  • Khusus hari Rabu pada pukul 12.00 WIB-14.00 WIB
  • Kamis adalah waktu terbaik untuk memasarkan produkmu di Facebook, tepatnya pada pukul 13.00 WIB-14.00 WIB
  • Posting produk saat pagi hari dan malam hari dinilai kurang efektif
  • Untuk hari Sabtu, jumlah pengguna Facebook yang aktif lebih sedikit dibanding hari lainnya.

Jika dilihat dari data di atas, diketahui bahwa jumlah pengguna Facebook akan aktif pada siang hari saat hari kerja. Sebab, jam tersebut digunakan oleh mereka untuk beristirahat dan makan siang. Akhir pekan pun kurang efektif untuk memasarkan produk, karena mereka lebih sibuk beraktivitas dan tidak sempat memegang smartphone.

2. Online Marketing Melalui Instagram

Tidak hanya Facebook, kamu juga bisa menggunakan Instagram untuk meningkatkan jumlah konsumen bisnismu. Selain menggunakan Instagram Ads, kamu bisa meraih traffic pengunjung dengan mengunggah produk di waktu yang tepat. Mengelola posting-an Instagram untuk bisnis membutuhkan perencanaan yang tepat. Waktu terbaik untuk memasarkan produk bisnismu di Instagram adalah:

  • Minggu (17.00 WIB)
  • Senin (19.00 WIB dan 22.00 WIB)
  • Selasa (03.00 WIB dan 22.00 WIB)
  • Rabu (17.00 WIB)
  • Kamis (07.00 WIB dan 23.00 WIB)
  • Sabtu (12.00 WIB dan 02.00 WIB)

Waktu tersebut tidak didasarkan pada jumlah like, namun hal itu terkait dengan berapa banyak orang yang melihat posting-an tersebut.

3. Online Marketing Melalui Twitter

Waktu terbaik untuk memasarkan produkmu di Twitter adalah Senin dan Kamis, tepatnya pada pukul 13.00 WIB dan 15.00 WIB. Kamu bisa memanfaatkan waktu tersebut sebagai jadwal yang paling ideal untuk mengunggah produkmu di Twitter.

Sementara itu, waktu yang paling buruk untuk memasarkan produkmu di Twitter adalah akhir pekan, tepatnya pada pukul 20.00 WIB ke atas dan Jumat pada pukul 15.00 WIB ke atas. Agar lebih efektif, jangan lupa untuk mencantumkan gambar di setiap tweet produk. Penggunaan gambar juga dinilai lebih efektif untuk menarik perhatian konsumen dibanding tulisan.





Source link

0 comments on “Marketing Adalah Kunci Keberhasilan di Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *