Wednesday, 30 September, 2020

Membuat Tanda Tangan Digital dengan Beberapa Aplikasi Berikut



Ajaib.co.id – Perkembangan dunia digital yang kini semakin meningkat penggunaannya, tidak terkecuali pada tanda tangan digital atau elektronik. Jika dulu kamu harus memberikan tanda tangan secara fisik yaitu menggunakan pulpen dan membubuhkannya di atas kertas, kini itu semua bisa dilakukan dengan menggunakan platform digital.

Penggunaan tanda tangan digital juga mampu membantu kampanye dalam mengurangi penggunaan kertas atau disebut paperless. Sudah banyak perusahaan yang mengandalkan peran digital untuk memenuhi kebutuhan berkas dengan dokumen digital sehingga penggunaan tanda tangan digital juga menjadi pilihan ketika dibutuhkan.

Lalu, bagaimana sebenarnya cara menggunakan tanda tangan digital itu sendiri? Apakah tanda tangan digital bentuknya sama persis dengan tanda tangan secara fisik? Nah, kamu bisa menyimak penjelasan berikut ini.

Membuat Tanda Tangan Digital

Pada dasarnya, untuk membuat tanda tangan digital cukup mudah dilakukan. Ada beberapa layanan atau platform digital yang menyediakan fitur untuk membuat tanda tangan elektronik secara mudah.

Cukup dengan mengunjungi beberapa situs yang menyediakan fasilitas membuat tanda tangan secara digital. Nantinya kamu akan diminta untuk membuat tanda tangan yang dapat dilakukan dengan menggunakan mouse tentunya. Walaupun membuat tanda tangan elektronik dengan mouse agak sedikit sulit dibanding menggunakan pulpen secara langsung, namun kamu bisa terus mengulanginya hingga bentuk tanda tangan yang diinginkan sudah sesuai.

Setelah kamu selesai membuat tanda tangan yang sesuai dengan keinginan, kamu bisa menyimpannya dan mengirimkan langsung melalui emaill. Nantinya, tanda tangan elektronik yang sudah kamu buat dan disimpan dapat dipergunakan satu waktu ketika dibutuhkan untuk menandatangani surat-surat penting.

Tanda tangan elektronik yang sudah kamu simpan tersebut dapat digunakan pada beberapa berkas. Kamu tidak perlu membuat tanda tangan lagi di situs layanan tanda tangan elektronik pastinya. Cukup melampirkan tanda tangan elektronik tersebut di beberapa file yang diinginkan, maka tanda tangan elektronik pun sudah pasti kamu dapatkan.

Beberapa Aplikasi Tanda Tangan Digital yang Bisa Diakses di Smartphone

Nah, untuk kemudahan dalam membuat tanda tangan elektronik pastinya kamu ingin cara tersebut bisa diakses melalui smartphone kesayangan pastinya. Hal ini dilakukan agar kamu tidak perlu repot-repot membuka laptop atau pc. Cukup dengan smartphone saja, kamu bisa mengakses tanda tangan elektronik, baik membuat, menyimpan, atau menggunakan tanda tangan elektronik tersebut.

Berikut beberapa aplikasi tanda tangan digital yang dapat kamu gunakan melalui smartphone secara mudah:

SignEasy

Salah satu aplikasi tanda tangan digital yang dapat kamu gunakan adalah SignEasy. Aplikasi ini memiliki fitur yang memudahkan setiap penggunanya untuk membuat dan menggunakan tanda tangan kapanpun ketika dibutuhkan. Misalnya saja suatu pengguna yang membutuhkan tanda tangan untuk menandatangani dokumen, dia cukup memasukkan email di kolom permintaan yang tersedia, lalu nantinya pengguna akan mendapatkan email berisi link tanda tangan elektronik.

Hal ini juga bisa digunakan secara sharing dengan orang lain yang membutuhkan tanda tangan seseorang pengguna aplikasi SignEasy. Hal ini yang membuat aplikasi ini tidak membatasi para penerimanya pada satu orang saja, namun bisa untuk beberapa orang sekaligus pada satu dokumen. Oleh karena itu, aplikasi ini dapat mengumpulkan banyak tanda tangan dan bisa digunakan kapan pun. 

Selain itu, aplikasi ini juga didukung dengan berbagai format dokumen yang dapat digunakan untuk tanda tangan elektronik seperti Microsoft Word, Microsoft Excel, Text, PDF, Pages, JPG, dan PNG. SignEasy juga dapat diakses secara offline alias tanpa internet untuk memudahkan penggunaannya di mana pun dan kapan pun.

Adobe Fill & Sign

Aplikasi tanda tangan digital berikutnya adalah bagian dari Adobe yaitu Adobe Fill & Sign. Jika kamu biasa menggunakan beberapa software Adobe, tidak ada salahnya untuk juga mencoba aplikasi Adobe Fill & Sign untuk membuat tanda tangan secara digital. Aplikasi ini sama halnya dengan beberapa software Adobe yang sudah terintegrasi dengan Creative Cloud sehingga file yang sudah ada akan tersimpan secara aman dan rapi pastinya.

Fitur yang ada di aplikasi ini salah satunya adalah pemindai dokumen fisik yang bisa langsung dilampirkan tanda tangan pastinya. Selain itu, tampilan dari aplikasi ini juga sangat menarik sehingga dapat memudahkan kamu untuk menggunakannya.

Sign Doc

Aplikasi tanda tangan berikutnya yang dapat kamu gunakan adalah Sign Doc. Aplikasi ini menawarkan variasi warna tinta pada tanda tangan kamu yang tidak hanya berwarna hitam saja, namun ada biru, merah, jingga, dan masih banyak lainnya. Fitur yang ada di dalam aplikasi ini tentu dapat kamu gunakan untuk memindahkan posisi lampiran tanda tangan secara pas.

Setelah dirasa sudah tepat, kamu bisa langsung mengunci posisinya agar seketika tersentuh dan mengubah kembali posisi tanda tangan. Selain itu, aplikasi ini juga didukung fitur canggih lainnya seperti pemindai, pembaca sisi-sisi berkas, memotong bagian-bagian tertentu, dan masih banyak lainnya. Jangan lupa untuk menyimpan file tanda tangan dengan menghubungkannya pada dropbox atau drive kamu pastinya.

Just Sign

Aplikasi berikutnya ini masih berhubungan dengan aplikasi SignEasy karena dibuat oleh satu pengembang. Hanya saja ada beberapa hal yang membedakan aplikasi Just Sign dengan SignEasy seperti fitur Just Sign yang dibuat untuk lebih spesifik dalam membuat dan mengedit tanda tangan. Aplikasi ini juga dapat dihubungkan dengan aplikasi atau software lainnya seperti Microsoft Word, Excel dan lain sebagainya.

Kamu juga dapat memberikan resolusi pada file tanda tangan digital, baik JPG maupun PNG setelah selesai dibuat dan diedit.

SignNow

Salah satu aplikasi tanda tangan berikutnya yang dapat kamu gunakan melalui smartphone adalah SignNow. Aplikasi SignNow ini dapat membantu kamu bekerja secara paperless karena dilengkapi berbagai fitur seperti kolaborasi satu file, adanya mode kiosk, terdapat pemberitahuan atau notifikasi bagi pengguna yang terhubung ke satu dokumen, dan proteksi data-data penting.

Akan tetapi, aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi berbayar jika kamu ingin menikmati fitur-fitur yang ada. Namun, pada penggunaan awal akan diberikan secara gratis pada 3 dokumen pertama yang digunakan untuk tanda tangan.

Nah, keberadaan tanda tangan digital tentunya bisa menjadi solusi kamu yang sibuk dan melakukan proses tanda tangan secara cepat. Tidak hanya tanda tangan saja yang dapat dibuat secara online melalui aplikasi, namun investasi kini juga bisa dilakukan secara online dengan menggunakan aplikasi Ajaib.

Ajaib merupakan platform investasi online yang dapat membantu kamu berinvestasi di instrumen reksa dana dan saham. Dengan berinvestasi melalui aplikasi Ajaib, kamu dapat mempersiapkan rencana keuangan untuk kebutuhan di masa mendatang. Cukup dengan mengunduh aplikasi Ajaib di smartphone untuk memulai investasi kamu sekarang.





Source link

0 comments on “Membuat Tanda Tangan Digital dengan Beberapa Aplikasi Berikut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *