Friday, 18 September, 2020

Mengenal Asuransi Jasindo yang Dimiliki Pemerintah Indonesia



Sumber: Jasindo

Ajaib.co.id – Asuransi Jasindo merupakan salah satu perusahaan asuransi yang dimiliki pemerintah Indonesia di bawah kendali Badan Usaha Milik Negara. Perusahaan asuransi tersebut berdiri sejak tanggal 2 Juni 1973, tapi sebenarnya sudah hadir di Indonesia sejak tahun 1845. Jasindo dahulu dimiliki oleh perusahaan asuransi Hindia Belanda dan Inggris yang digabung dari dua perusahaan. Perusahaan tersebut adalah NV Assurantie Maatschappij de Nederlander dan Bloom Bander.

Sejarah Sepak Terjang Asuransi Jasindo di Indonesia 

Setelah Indonesia merdeka, perusahaan asuransi tersebut dinasionalisasi dan berubah menjadi perusahaan asuransi yang punya dua cabang besar. Ada PT. Asuransi Bendasraya, perusahaan asuransi yang menggunakan rupiah dalam operasinya dan PT. Umum International Underwriters (PT.UIU) yang menggunakan mata uang asing dalam operasinya. Lalu, secara resmi kedua perusahaan tersebut bergabung menjadi PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) atau disingkat menjadi Jasindo pada tahun 1973.

Sepak terjang Asuransi Jasindo tidak hanya ada di dalam negeri, tapi namanya juga sudah sampai di luar negeri. Hal ini dibuktikan dari kantor cabang yang berada di Malaysia, tepatnya di daerah Labuan. Kantor tersebut melayani peserta asuransi non Indonesia. Hingga saat ini Jasindo semakin berkembang mengikuti perkembangan zaman, dan berhasil menjadi salah satu perusahaan asuransi terpercaya di Indonesia. 

Sekarang Jasindo sudah memiliki lebih dari 1.000 karyawan yang tersebar di seluruh Indonesia. Kantor pusatnya berada di Jl. Letjen. MT Haryono Kav. 63. Diperkirakan sebanyak 11% market share asuransi yang ada di Indonesia dikelola oleh Jasindo. Kebanyakan mereka yang menggunakan produk asuransi berasal dari perusahaan-perusahaan besar. Jasindo dikenal dapat mengelola asuransi klaim besar dengan sangat baik.

Macam Produk Asuransi yang Disediakan Jasindo

Asuransi Jasindo dikenal dengan produk-produk asuransinya yang beragam dan unik. Produk asuransinya tidak disediakan oleh asuransi lain, jadi itulah yang membedakan Jasindo dengan perusahaan asuransi lainnya. Jasindo berhasil melakukan inovasi produk yang berbeda dan dibutuhkan untuk proteksi secara menyeluruh. Asuransi Jasindo memiliki produk yang dibagi menjadi dua, yaitu produk retail dan produk korporasi.

Hal itu karena di kehidupan ini kita semua membutuhkan proteksi dari risiko apa saja yang bisa timbul. Risiko tidak bisa dihilangkan, tapi bisa ditanggulangi dan diringankan. Oleh karena itulah asuransi ada untuk melakukan proteksi tersebut. Inilah berbagai macam produk Jasindo yang tersedia untuk para nasabah. 

Produk Asuransi Retail

Jasindo Health

Jasindo menyediakan asuransi kesehatan yang dapat membantu kamu untuk tetap sehat ketika dibutuhkan. Klaim yang bisa kamu lakukan dengan asuransi ini adalah medical check up, rawat jalan, rawat inap, perawatan gigi, melahirkan, kacamata, dan manfaat lain yang punya batasan seperti jantung dan kemoterapi.

Jika peserta meninggal, keluarganya bisa mendapatkan santunan kematian.

Jasindo Sekolah

Asuransi ini dikhususkan pada mereka yang bersekolah. Mulai dari murid SD hingga mahasiswa bisa memiliki asuransi ini. Perlindungannya untuk anak-anak sekolah yang mengalami kecelakaan ketika mereka menuntut ilmu. Jasindo memang beda. Jika kebanyakan asuransi sekolah untuk membayar biaya pendidikan, Jasindo melakukan proteksi agar mereka yang bersekolah tetap bisa sekolah dengan nyaman.

Jasindo Agri

Merupakan asuransi yang dikhususkan pada petani, nelayan, dan peternak. Mereka yang berkarir di dunia agraria membutuhkan proteksi karena hal-hal yang bisa terjadi karena pencurian kapal, kematian mendadak hewan ternak, rusaknya lahan pertanian karena bencana alam, dan masih banyak lagi. 

Jasindo Travel

Merupakan asuransi yang dikhususkan bagi kamu yang melakukan perjalanan baik di dalam dan di luar negeri. Proteksi yang diberikan berupa medis, santunan kecelakaan, dan proteksi darurat lainnya. 

Jasindo Kebakaran

Merupakan produk asuransi yang dikhususkan untuk memproteksimu dari bencana kebakaran. Mulai dari kebakaran harta benda yang tidak disengaja, kebakaran karena tersambar petir, kebakaran karena jatuhnya pesawat terbang, dan kebakaran yang diakibatkan ledakan.  

Jasindo Lintasan

Merupakan produk asuransi yang dikhususkan pada kamu yang melakukan perjalanan melalui darat, laut, dan udara. Kamu pun bisa bepergian dengan nyaman dan aman. Proteksi yang diberikan berupa santunan karena meninggal dunia, cacat tetap, dan biaya pengobatan. 

Produk Asuransi Korporasi

Jasindo Rekayasa

Merupakan salah satu produk Jasindo yang unik. Asuransi ini diperuntukkan bagi badan usaha yang sedang melakukan sebuah proyek pembangunan. Misalnya saja pembangunan jalan tol, pembangunan MRT, pembangunan lintasan kereta api, dan pembangunan lainnya yang biasanya membutuhkan teknik rekayasa.

Jasindo Tanggung Gugat

Ini merupakan produk Jasindo unik yang lainnya. Memberikan proteksi pada mereka yang terkena tuntutan hukuman dari pihak ketiga. 

Jasindo Surety

Produk asuransi ini diperuntukkan bagi pihak yang saling bekerja sama dalam melakukan usaha. Bentuknya seperti jaminan yang diberikan pada pemilik proyek kepada pihak pelaksana proyek agar bekerja sesuai dengan ketentuan. Apabila terjadi kerugian, pemilik proyek akan mendapatkan jaminan yang dibuat dari asuransi ini.

Jasindo Aviation dan Satellite

Salah satu kelebihan Jasindo adalah perusahaan asuransi ini berani melakukan diferensiasi dalam produknya. Produk ini adalah buktinya. Proteksinya diperuntukkan terhadap aktivitas penerbangan berupa proteksi kecelakaan, kerusakan pada pesawat terbang. 

Lalu, untuk satelit, Jasindo memberikan perlindungan bagi peluncuran satelit milik Indonesia ke luar angkasa. Seperti yang dilakukan pada peluncuran Satelit Palapa beberapa tahun lalu. 

Jasindo Bidang Kelautan

Jasindo menyediakan juga asuransi yang dikhususkan untuk berbagai macam kegiatan usaha dan transportasi yang dilakukan di lautan. Misalnya seperti kecelakaan kapal dan kecelakaan yang terjadi di proyek di lautan.

Jasindo Minyak dan Gas

Merupakan asuransi milik Jasindo yang memberikan proteksi segala kegiatan yang berkaitan minyak dan gas yang dilakukan di laut maupun di daratan.





Source link

0 comments on “Mengenal Asuransi Jasindo yang Dimiliki Pemerintah Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *