Tuesday, 29 September, 2020

Mengenal Perkembangan Industri Kreatif yang Ada di Indonesia



Sumber: shutterstock.com

Ajaib.co.id – Perkembangan industri kreatif di Indonesia terus mengalami peningkatan. Hal ini berarti Indonesia mampu bersaing pihak asing dengan melakukan inovasi dari segi ekonomi kreatif. Mengingat era globalisasi ini membutuhkan ide kreatif bagi para pelaku ekonomi. Nah, industri kreatif di Indonesia sendiri sudah didukung oleh pemerintah melalui BEKRAF atau Badan Ekonomi Kreatif.

Di mana, adanya badan tersebut dapat memfasilitasi setiap pelaku ekonomi untuk berinovasi dalam menghasilkan bisnis yang berada di industri kreatif. Lalu, apa sebenarnya yang dimaksud dengan industri kreatif itu sendiri? Produk seperti apa yang menjadi inti dari industri kreatif dalam persaingan ekonomi dengan negara asing?

Pada dasarnya, industri kreatif menghasilkan sebuah produk yang berbeda dari produk pada umumnya atau memiliki keunikan yang merupakan hasil kreativitas. Bahkan produk dari sektor ekonomi kreatif bisa menjadi pelopor untuk menghasilkan produk yang baru dan berbeda. Nah, untuk lebih jelasnya, kamu bisa menyimak penjelasan mengenai industri kreatif berikut ini.

Apa Itu Industri Kreatif

Industri kreatif merupakan suatu proses dalam menciptakan ide dan kreativitas yang dilakukan oleh sekelompok orang maupun individu untuk menghasilkan sebuah karya serta dijadikan produk ekonomi. Produk ekonomi tersebut tentunya dapat menghasilkan keuntungan dengan tidak mengeksploitasi sumber daya alam.

Industri kreatif juga hadir untuk membantu dalam menciptakan lapangan pekerjaan baru yang dapat meningkatkan kesejahteraan di beberapa daerah. Hal ini berarti ekonomi kreatif memiliki peranan penting dalam perkembangan perekonomian suatu negara, bahkan secara global. Selain itu, sektor ekonomi kreatif juga menghasilkan beberapa sektor industri baru.

Lahirnya industri kreatif jelas memberikan dampak positif atau manfaat yang sangat besar bagi negara khususnya bidang perekonomian. Di mana, melalui sektor ekonomi kreatif suatu negara dapat bersaing dengan negara-negara lainnya. Industri kreatif juga dapat memacu tingkat kreativitas dan inovasi dalam menghasilkan sebuah karya atau produk.

Misalnya saja di Indonesia, tenaga kerja di negara kita didominasi oleh usia produktif sehingga sektor ekonomi kreatif dapat menjadi wadah bagi mereka untuk menciptakan ide dan kreativitas yang baru. Melalui industri kreatif, tentunya Indonesia dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan bisa menjadi negara maju.

Beberapa Sektor Industri Kreatif di Indonesia

Di Indonesia sendiri, sektor ekonomi kreatif terbagi menjadi beberapa sektor yang tidak jauh berbeda dengan industri pada umumnya. Berikut penjelasan mengenai beberapa sektor ekonomi kreatif yang ada di Indonesia:

Sektor Arsitektur

Sektor jenis ini berkaitan dengan desain bangunan, konstruksi bangunan, pengawasan konstruksi, hingga konservasi pada beberapa bangunan warisan. Pada dasarnya, sektor arsitektur mencakup seluruh aspek yang ada di bidang arsitektur. Selain itu, sektor arsitektur juga dibedakan berdasarkan levelnya yaitu makro dan mikro.

Level makro biasanya menangani urusan konstruksi bangun secara menyeluruh meliputi perencanaan pembangunan, pembuatan town planning, landscape arsitektur, dan masih banyak lainnya. sementara level mikro biasa untuk melakukan konstruksi dalam skala kecil mencakup pembuatan arsitektur taman hingga desain interior.

Sektor Desain

Sektor desain juga dikategorikan ke dalam bidang kreatif yang berhubungan dengan desain interior, desain grafis, dan desain produk. Untuk membuat suatu desain yang diharapkan, tentunya klien yang membutuhkan pembuatan desain akan melakukan konsultasi kepada pihak pembuat desain dan bekerjasama dengan jasa riset pemasaran serta jasa pengepakan.

Sektor Periklanan

Sektor yang satu ini berkaitan dengan jasa periklanan untuk kebutuhan iklan. Di mana, kebutuhan untuk memproduksi dan mendistribusikan iklan yang dilakukan dengan proses riset dan pengembangan, serta hal yang berkaitan dengan hasil dari produksi. Nantinya iklan akan dipublikasikan melalui beberapa media meliputi media elektronik, media cetak, poster, pamflet atau brosur.

Sektor Fashion

Sektor ekonomi kreatif berikutnya adalah fashion. Di mana, sektor fashion berhubungan dengan produk pakaian, aksesoris pakaian, konsultasi pembuatan pakaian, hingga pendistribusian produk fashion yang diciptakan.

Sektor Pasar Barang Seni

Sektor pasar barang seni yang merupakan hasil dari aktivitas seni ini juga masuk ke dalam sektor ekonomi kreatif. Di mana, barang-barang seni ini biasanya akan diperdagangkan berdasarkan keunikan, kelangkaan, serta nilai seni yang ada. Pasar barang seni akan diperjualbelikan melalui lelang, pembukaan galeri, hingga melalui internet. Beberapa barang seni yang masuk ke sektor ini di antaranya seni rupa, lukisan, alat musik kerajinan, film, dan automobile.

Sektor Kerajinan

Sektor kerajinan juga masuk ke dalam sektor ekonomi kreatif yang meliputi proses kreasi, produksi, hingga pendistribusian produk kerajinan. Di mana, produk kerajinan dibuat oleh tenaga pengrajin mulai dari desain, proses pembentukan, dan penyelesaian. Selain itu, kerajinan biasanya menggunakan bahan-bahan alami untuk pembuatannya seperti rotan, bambu, serat alam atau buatan, dan kayu.

Sektor Video, Film dan Fotografi

Sektor ini berkaitan dengan produksi gambar, video, dan film. Biasanya meliputi pembuatan suatu film, produksi film, proses pemasaran, hingga hasil film atau gambar yang dibuat dapat dinikmati dan menghasilkan nilai.

Sektor Kuliner

Sektor kuliner juga masuk ke dalam industri kreatif yang memiliki pasar cukup luas dan bermacam-macam. Sektor kuliner ini meliputi pembuatan kuliner khas suatu daerah dan pemasaran produk khas daerah tersebut. Sektor ini juga mampu bersaing dengan ritel modern sehingga cukup menjanjikan dalam menghasilkan keuntungan.

Sektor Industri Kreatif Berbasis Teknologi

Perkembangan teknologi yang terus meningkat juga melahirkan industri kreatif dengan memanfaatkan teknologi. Hal ini menjadikan sektor teknologi juga masuk ke dalam industri kreatif. Ada beberapa sektor ekonomi kreatif yang berbasis teknologi di antaranya:

Beberapa tahun belakangan, konsumsi permainan terus meningkat, baik melalui perangkat smartphone, PC atau laptop, hingga game console sehingga permainan masuk ke dalam sektor ekonomi kreatif berbasis teknologi.

Sektor ini berkaitan dengan kreasi musik, menciptakan dan membuat lagu, serta produksi rekaman. Hal ini juga didukung dengan kehadiran software musik yang dapat diakses melalui PC atau laptop untuk memudahkan kreasi musik.

  • Sektor Layanan Komputer dan Perangkat Lunak

Sektor ini berkaitan dengan pengembangan teknologi yang meliputi jasa layanan komputer, pembuatan website, pengolahan data, periklanan berbasis internet, desain sistem dan portal.

Sektor pertelevisian juga masuk ke dalam sektor ekonomi kreatif, di mana proses pembuatan program, produksi, dan pengemasan acara untuk kebutuhan televisi.

Perkembangan sektor ekonomi kreatif di Indonesia sendiri terus meningkat. Pasalnya, beberapa sektor yang menjadi bagian dari industri kreatif tersebut merupakan bukti bahwa prospek industri tersebut memiliki masa depan yang baik. Hal ini juga dapat memberikan dampak positif terutama pada terbukanya lapangan kerja baru.

Selain sektor ekonomi kreatif, di era globalisasi ini kamu juga harus melek dengan produk keuangan berupa investasi di beberapa instrumen. Apalagi kini investasi bisa dilakukan semakin mudah melalui aplikasi Ajaib. Ajaib merupakan media investasi online yang dapat membantu kamu berinvestasi di instrumen reksa dana dan saham. Yuk, download aplikasi Ajaib di smartphone kamu dan mulai untuk berinvestasi sekarang.





Source link

0 comments on “Mengenal Perkembangan Industri Kreatif yang Ada di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *