Tuesday, 29 September, 2020

Peluang Usaha Sampingan di Tahun 2020



peluang usaha sampingan

Ajaib.co.id – Tahun 2019, beberapa peluang usaha sampingan yang sangat digemari dan memiliki angsa pasarnya tersendiri tak jauh dari usaha-usaha yang berkaitan dengan gaya hidup. Misalkan saja menjamurnya usaha-usaha kuliner berupa makanan dan minuman.

Tak berbeda jauh dengan tahun 2020, ada banyak peluang bisnis yang menguntungkan dari segi investasi kuliner dan gaya hidup. Ditahun shio tikus ini, diprediksi banyak usaha-usaha yang mengalami goncangan dalam kondisi ekonomi yang tidak stabil. Namun hal ini dapat diantisipasi dengan kesiapsiagaan kamu dalam memprediksi peluang usaha sampingan yang tak habis dimakan zaman.

Melalui pangsa pasar lokal, kamu dapat memulai beberpa peluang usaha sampingan yang tak habis dimakan jaman dan pastinya menguntungkan dengan mengamati selera pasar, yakni melalui usaha di bidang gaya hidup atau lifestyle. Nah, tak perlu berpanjang lebar, inilah beberapa rekomendasi peluang usaha sampingan yang masih bersinar di tahun 2020, antara lain :

Produk Tradisional

Seiring kemajuan zaman, tidak dipungkiri orang-orang mulai sadar dengan ragam kampanye untuk mencintai lingkungan. Istilah ‘back to nature’ menunjukkan bahwa masyarakat saat ini lebih aware dengan segala hal yang berbau natural atau bentuk pengolahan tradisional.

Produk tradisional dinilai lebih mengurangi dampak kimiawi yang meracuni tubuh, karena mengandung bahal yang natural dan alami. Layaknya orang yang hidup pada zaman dahulu kala yang memiliki usia panjang, tubuh kuat dan sehat. Hal itu dikarenakan segala pengolahan makanan dan minuman tanpa pengawet ingin diaplikasikan di era saat ini.

Peluang usaha sampingan produk tradisional seperti ramuan herbal, jamu dan obat-obatan herbal saat ini sedang memiliki pamor yang cukup baik dimata konsumen. Manfaatkan kesempatan ini untuk membuka peluang usaha sampingan kamu.

Cafe

Café adalah sebuah tempat yang menjual makanan dan minuman. Dewasa ini bentuk usaha kuliner seperti café umumnya menyasar pada kaum muda. Khususnya yang menyukai ragam teknik penyajian makanan dan minuman yang unik dan sesuai isi kantong.

Tak hanya itu, fasilitas penunjang di dalam café berupa wi fi, tv cabel dan lokasi yang instagramable membuat konsumen betah berlama-lama untuk nongkrong di café. Maka dari itu, peluang usaha sampingan dengan mendirikan café adalah hal menguntungkan.

Namun satu hal yang penting untuk kamu ketahui adalah usaha café tidak membutuhkan modal yang sedikit, oleh karena itu, cobalah untuk mencari patner dan lokasi yang dekat dengan fasilitas umum seperti kampus, mall, perkantoran atau sekolah.

Agribisnis

Peluang usaha sampingan selanjutnya adalah di bidang pertanian dan perkebunan. Mengingat saat ini konsep ‘healthy life’ menjadi jargon gaya hidup masa kini. Taka da salahnya untuk mencoba peluang usaha sampingan yang mengedepankan produk dengan tema ‘healthy life’.

Peluang usaha ini bisa berupa menggali potensi alam dengan teknik budidaya tanpa bahan kimiawi, atau proses yang dimuliakan. Misalkan saja beras organik dan sayur mayur organic. Bagi kalangan tertentu, menggunakan produk organic adalah salah satu bentuk menjaga kesehatan tuhub sehingga produk ini masih memiliki pasar tersendiri.

Usaha Kreatif

Usaha kreatif merupakan suatu hal yang sangat menjual saat ini, baik di pasar domestic maupun internasional. Melalui usaha kreatif, beragam kerajinan dan produk lokal hasil karya anak bangsa bisa menembus pasar global dan memiliki banyak peminat.

Beberapa usaha kreatif yang bisa dikembangkan menjadi peluang usaha sampingan adalah kerajinan tangan, interior desain, fashion dan masih banyak lagi. Apalagi saat ini pemerintah sangat mendukung bentuk usaha kreatif melalui Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), sehingga kamu tak perlu khawatir akan kehilangan pasar.

Jasa Publisher

Jasa publisher kian berkembang pesat, ditambah lagi saat ini Indonesia sudah memasuki perdagangan bebas dimana banyak negara yang membutuhkan publikasi dalam bisnisnya di Indonesia. Beberapa bentuk pekerjaan publisher yang masih bersinar di tahun 2020 adalah jasa pembuatan content writer, web developer dan usaha marketplace.

Hanya bermodalkan koneksi internet, kamu sudah bisa memulai bisnis ini. Untuk memulai bisnis ini pun mudah, kamu tidak perlu memiliki moal besar dan hanya perlu membuat website yang menjelaskan mengenai jasa apa saja yang kamu miliki. Dengan begitu, kamu bisa menghasilkan uang dari situ.

Les Privat

Di tengah pandemi seperti saat ini banyak orang tua yang kebingungan untuk mengajarkan anaknya belajar di rumah. Selain tidak memiliki banyak waktu untuk si kecil di rumah, ada beberapa orang tua yang memang tidak bisa menggunakan internet atau gadget untuk melakukan daring dari rumah.

Ini bisa menjadi salah satu kesempatan bagi kamu untuk mendapatkan penghasilan tambahan di tengah pandemi. Untuk menjalankan bisnis ini pun kamu tidak perlu memiliki modal, kamu hanya perlu skill atau keahlianmu dalam bidang mengajar dan waktu untuk membuka jasa ini. Biasanya untuk setiap pertemuan orang tua murid bisa memberi harga yang bervariatif. Setidaknya kamu bisa mendapatkan kurang lebih Rp300 ribu per anak setiap bulannya. Lumayan bukan?

Jasa Penerjemah

Saat ini Indonesia sering didatangi investor asing atau pengusaha asing, juga melakukan pertukaran dagang hingge ke luar negeri. Meski begitu, banyak pebisnis Indonesia yang sudah mendunia belum memiliki keahlian dalam bidang bahasa Internasional. Nah, bagi kamu yang memiliki keahlian di bidang bahasa Internasional, kamu bisa membuka jasa sebagai penerjemah.

Biasanya, perusahaan membutuhkan jasa penerjemah untuk berbagai kebutuhan, mulai dari menerjemahkan company profile perusahaan, materi promosi, hingga menerjemahkan setiap kali ada pertemuan dengan orang asing. Untuk fee yang bisa kamu dapatkan pun bervariasi dan jumlahnya pun cukup besar.

Membuka Toko Online

Bagi kamu yang hobi berjualan dan mempromosikan produk, kamu bisa menjual produk secara online dengan memanfaatkan social media atau marketplace. Untuk memulainya, pastikan kamu menentukan terlebih dulu produk apa yang akan kamu jual. Ada banyak kategori produk yang bisa kamu jual melalui online, mulai dari produk fashion, perlengkapan rumah, makanan dan minuman kering, sepatu, perlengkapan sekolah, perlengkapan dapur, dan sebagainya.

Setelah kamu menentukan produk yang dijual, barulah kamu tentukan siapa target market kamu dan media apa yang akan kamu pilih. Jika kamu memilih marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee, dan lain-lain, kamu harus siap melakukan perang harga. Karena biasanya, pelanggan akan memilih produk dengan harga yang murah.

Sedangkan, jika kamu memutuskan untuk memulai bisnis melalui social media, pastikan kamu memiliki foto produksi yang menarik, sehingga pelanggan bisa tertarik dan ingun membeli produk yang kamu jual.

Investor

Menjadi investor juga menjadi salah satu peluang usaha sampingan yang tidak membutuhkan effort untuk menjalankan dan mengelolanya seperti bisnis. Ini bisa menjadi salah satu peluang usaha yang tidak memerlukan keahlian marketing dan promosi.

Hanya bermodalkan uang sebesar sekian Rupiah kamu sudah bisa menjadi investor. Namun, ketika kamu memutuskan untuk menjadi investor, pastikan kamu memahami bagaimana cara mengelola investasi dengan baik dengan mempelajari strategi yang ada.

Investasi sendiri ada berbagai macam, mulai dari deposito, reksa dana, saham, dan sebagainya. Jika kamu ingin mendapatkan keuntungan yang besar, kamu bisa menjadi investor saham. Namun, untuk memulainya kamu harus benar-benar memahami strategi dalam menentukan emiten yang cocok. Jangan sampai, kamu salah analisa dan salah mengambil strategi yang justru membuat investasimu anjlok.

Sedangkan, bagi kamu para pemula, kamu bisa memulai investasi reksa dana. Di mana, jenis investasi ini memiliki risiko yang tidak terlalu besar seperti saham, dan memiliki return yang lebih tinggi dibanding deposito di bank. Dengan reksa dana, kamu juga tidak perlu pusing memikirkan analisa dan strategi, karena dana yang kamu miliki akan dikelola dengan baik oleh manajer investasi tepercaya.

Untuk memulai investasi reksa dana ataupun saham ini kamu bisa memulainya langsung di Ajaib. Hanya dengan modal awal Rp10 ribu untuk instrumen reksa dana, dan Rp100 ribu untuk instrumen saham, kamu sudah bisa memulai investasi di Ajaib dan mendapatkan return terbaikmu. Jadi tunggu apalagi? Investasikan dana kamu sekarang juga di Ajaib!





Source link

0 comments on “Peluang Usaha Sampingan di Tahun 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *