Wednesday, 14 October, 2020

Pentingnya Baca Prospektus dan Fund Fact Sheet Reksa Dana



Ajaib.co.id – Tahukah kamu ada lebih dari 3.000 produk Reksa Dana di Indonesia? Bicara khusus untuk Reksa Dana Pasar Uang dan Reksa Dana Saham saja, jumlahnya sudah sangat banyak. Bagaimana kita tahu bahwa reksa dana pilihan kita sudah baik?

Salah satu cara kita menyeleksi atau memilihnya adalah dengan membaca prospektus dan fund fact sheet Reksa Dana. Dengan memerhatikan kedua hal tersebut, kamu bisa lebih mudah mengatur strategi investasi dan memilih portofolio efek dengan benar dan tepat.

Apa Isinya Prospektus Reksa Dana?

OJK mewajibkan calon investor Reksa Dana untuk membaca dan memahami prospektus Reksa Dana sebelum berinvestasi Reksa Dana. Kalau kamu ingat, kewajiban tersebut terdapat dalam formulir pembelian Reksa Dana pertama kali.

Apa saja yang ada di prospektus Reksa Dana? Simak penjelasan ini:

1.   Informasi mengenai manajer investasi yang akan mengelola dana kamu.

2.   Informasi mengenai bank kustodian dan nomor rekening.

3.    Informasi mengenai potensi risiko dalam investasi Reksa Dana.

4. Informasi mengenai biaya-biaya dalam Reksa Dana, misal biaya pembelian (subscription fee), biaya penjualan (redemption fee), biaya pengalihan (switching fee), biaya autodebet (jika ada), biaya transfer dan lainnya.

5. Informasi mengenai jenis dan kebijakan perusahaan manajemen investasi dalam mengelola Reksa Dana

6.   Informasi mengenai kewajiban dan hak investor.

7.   Penjelasan mengenai prospektus yang pertama atau pembaruan.

8. Laporan keuangan Reksa Dana.

Apa Isinya Fund Fact Sheet Reksa Dana?

Bagi investor pemula, untuk memulai investasi dan ingin melakukan pembelian Reksa Dana, membaca fund fact sheet adalah hal wajib. Di mana, kamu bisa menemukan berbagai hal mulai dari bagaimana pengelolaan dananya, apa portfolio efeknya, hingga kemana saja alokasi investasi yang akan kamu dapatkan. Di bawah ini adalah beberapa isi lengkap dari fund fact sheet.

1.   Informasi jumlah dana kelolaan dan unit penyertaan. Kamu dapat mengetahui Nilai Aktiva Bersih, Unit Penyertaan pada akhir bulan lalu. Biasanya fund fact sheet terbit satu bulan setelahnya.

2.   Informasi harga dan kinerja Reksa Dana, yang ditunjukkan dalam satuan waktu 1 bulan, 3 bulan, year to date (dari awal tahun sampai hari ini), 1 tahun, 3 tahun dan sejak penerbitan (since inception).

3.   Informasi pembanding kinerja atau performance benchmarking antara produk Reksa Dana dengan suatu indeks.

4.   Informasi portofolio Reksa Dana, yang berisi mengenai alokasi aset dalam portofolio.

Fund fact sheet adalah laporan bulanan kinerja Reksa Dana yang esensial untuk kita pahami sebelum berinvestasi. Mengapa ini penting? Karena fund fact sheet berisi informasi tentang kinerja Reksa Dana tersebut, tujuan keuangannya, tingkat risikonya, sampai dengan ke mana saja uang dari Reksa Dana itu ditempatkan.

Setiap bulannya, MI menerbitkan fund fact sheet untuk memberitahukan kepada publik bagaimana kinerja dan status terkini dari produk tersebut.

Struktur Biaya

1.   Learning Capital – Fund Fact Sheet

2.   Termasuk NAB, subscription fee, tanggal diluncurkan, minimum pembelian, dan lain-lain

3.   Launch Date, atau tanggal peluncuran Reksa Dana ke pasar modal.

4.   Unit Price, atau harga jual untuk 1 unit Reksa Dana. Harga mengalami fluktuasi setiap harinya.

5.   Subscription Fee, atau biaya yang kita bayarkan ke MI setiap kita membeli Reksa Dana.

6.   Redemption Fee, atau biaya yang kita keluarkan setiap kali menjual Reksa Dana kita ke MI.

7.   Switching Fee, atau biaya yang dikeluarkan dari total investasi yang dipindahkan dari produk Reksa Dana satu ke yang lain dalam satu kelolaan MI yang sama.

8.   Management Fee, atau biaya pengelolaan biaya. Berupa persentase dan diambil dari total pengelolaan biaya investasi pada spesifik produk Reksa Dana (karena ada kemungkinan management fee untuk setiap produk berbeda), dan diambil per tahun dari total investasi yang dikelola.

Karakteristik Investasi

1.   Learning Capital – Reksa Dana MNC Dana Ekuitas, fund fact sheet 30 Juli 2020.

2.   Kemudian kita lihat profil risiko dari produk ini.

3.   Investment Objective, atau tujuan investasi. Ini penting sekali dibaca, karena kita dapat mencocokkan apakah tujuan investasi kita sama dengan tujuan investasi MI melalui produk ini.

4.   Asset Allocation, atau alokasi dana yang dikelola. Menunjukkan aliran dana yang diinvestasikan dan jarak batas persentasenya. Pada MNC Dana Ekuitas alokasi investasinya adalah Saham 89.78%, Deposito 7.12%, Kas 3.1%

5.   Portfolio Breakdown, pembagian dana yang dikelola secara persentase pada saat laporan ini diterbitkan. Pada saat ini MNC Dana Ekuitas mengandung 89.79% saham dan sisanya di deposito/ kas.

6.   Top Equity Holdings, adalah 5 penempatan dana yang dikelola terbesar ketika laporan ini diterbitkan.

Kinerja Reksa Dana

1.   1 bulan, 3 bulan, dan 6 bulan itu adalah kinerja produk tersebut dihitung dari tanggal penerbitan laporannya.

2.   Sedangkan kalau YTD (Year To Date) atau tahun berjalan adalah kinerja dari awal tahun laporan diterbitkan, sampai dengan waktu laporan diterbitkan. Jadi dapat dibaca seperti ini, dari bulan Januari (awal tahun finansial) sampai dengan Juli, kinerja yang dihasilkan adalah -22.22%.

3.   Kalau misalnya laporan ini diterbitkan pada bulan Juli, maka imbal hasil yang tercatat adalah dari Januari sampai dengan Juli pada tahun yang sama.

4.   Namun bisa saja disebutkan bahwa laporan finansial yang berlaku semenjak Desember, kalau tidak disebutkan maka dapat diambil kesimpulan dari bulan Januari.

5.   Since Inception adalah kinerja dari produk ini sejak pertama kali dibeli sampai dengan laporan tersebut diterbikan.

Itulah beberapa hal tentang prospektus dan fund fact sheet yang harus kamu ketahui sebelum membeli produk Reksa Dana. Nah, bagi kamu yang ingin membeli dan memulai investasi Reksa Dana, kamu bisa memulainya sekarang juga di Ajaib.

Melalui Ajaib, kamu bisa membeli berbagai jenis instrumen Reksa Dana, mulai dari Reksa Dana pasar uang, pendapatan tetap, campuran, hingga Reksa Dana saham. Di mana, semua investasi yang kamu pilih bisa disesuaikan dengan tujuan investasi kamu. Jadi tunggu apalagi? Yuk mulai investasi Reksa Dana sekarang juga di Ajaib!





Source link

0 comments on “Pentingnya Baca Prospektus dan Fund Fact Sheet Reksa Dana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *