Tuesday, 29 September, 2020

Potensi & Kelemahan Dana Cepat Koperasi Simpan Pinjam



Potensi & Kelemahan Dana Cepat Koperasi Simpan Pinjam

Ajaib.co.id – Membahas tentang dana cepat, pasti tidak ada fasilitas seperti ini yang dikeluarkan oleh bank swasta maupun pemerintah, karena sifatnya yang berbeda dengan prinsip bank yang selalu memprioritaskan liability (pertanggungjawaban) dan kehati-hatian. Sejauh ini ada 2 jenis dana cepat yang umum ditemui yaitu:

  • Dana cepat dari badan leasing swasta dengan skema jaminan BPKB mobil dan motor pribadi.
  • Dana cepat dari koperasi simpan pinjam, yang memiliki fleksibilitas lebih dibanding KTA bank, namun tingkat bunga relatif bervariasi.

Banyak masyarakat yang lebih memilih dana cepat koperasi simpan pinjam karena terkenal akan sisi kekeluargaan dan gotong-royong untuk saling membantu anggotanya, demi kesejahteraan bersama sesuai prinsip dasar koperasi yang diatur dalam UU No 17 Tahun 2012. Sementara badan leasing sering diasosiasikan dengan perilaku kriminal debt collector yang mengintimidasi keselamatan debitur.

Fleksibilitas Dana Cepat Koperasi Simpan Pinjam Terkini

Fasilitas dana cepat koperasi simpan pinjam umumnya ditawarkan dengan skema menyertakan agunan, bunga bervariasi antara 0,6% – 4%, dengan beberapa kemudahan seperti Tanpa BI Checking, Tanpa Survei, pengajuan praktis via Whatsapp, dan proses cepat 30 menit hingga 2 hari.

Prinsip Dasar Koperasi Simpan Pinjam

Sesuai Undang-Undang Koperasi, prinsip dasar koperasi simpan pinjam adalah memiliki anggota bersifat terbuka dan sukarela, dikelola secara mandiri dan demokratis. Otoritas tertinggi terletak pada Rapat Anggota. Keuntungan koperasi adalah Sisa Hasil Usaha (SHU) yang dibagi adil merata sesuai kesepakatan Rapat Anggota. Modal koperasi terdiri dari:

  • Simpanan Pokok yang dibayarkan 1x di depan oleh anggota koperasi. 
  • Simpanan Wajib tiap bulan.
  • Simpanan Sukarela mirip tabungan dengan jumlah dan waktu bebas.
  • Dana cadangan sisa hasil usaha yang tidak dibagikan digunakan untuk menambah modal usaha koperasi.
  • Modal untuk pinjaman yang dilakukan oleh pengurus koperasi ke bank dan lembaga penyalur dana lainnya.
  • Hibah atau donasi yang diberikan pihak tertentu kepada koperasi.

Syarat Pengajuan Pinjaman Dana

Untuk mendapatkan pinjaman secara online melalui koperasi simpan pinjam, kamu harus memenuhi beberapa syarat seperti:

  • Berstatus anggota atau calon anggota
  • Mengisi formulir pinjaman (bisa via WA)
  • Foto Copy KTP suami istri apabila sudah menikah (bisa via WA)
  • Foto Copy KK, rekening listrik, slip gaji dan agunan (bisa via WA)

Setelah kamu melengkapi beberapa syarat di atas, kamu harus melalui beberapa langkah lanjutan agar dapat menerima pinjaman tersebut seperti:

  1. Pengurus koperasi mempertimbangkan pengajuan pinjaman sesuai prosedur.
  2. Jika disetujui, pencairan pinjaman dan lama pengembalian dana cepat sesuai kesepakatan akad pinjaman koperasi.

Perhitungan Bunga Dana Cepat Koperasi Simpan Pinjam

a. Mekanisme Bunga Flat

Digunakan dalam pinjaman jangka pendek, perhitungan nominal bunganya selalu sama setiap bulannya.

b. Perhitungan Bunga Menurun (RC)

Bunga berjalan tiap bulan dipengaruhi besarnya sisa pinjaman pokok. Makin kecil pinjaman, semakin kecil juga nominal bunga yang harus diangsur.

c. Perhitungan Bunga Menurun Efektif (Sliding Rate)

Bunga kredit hanya dihitung dari saldo akhir setiap bulannya sehingga bunga setiap bulannya semakin menurun.

d. Perhitungan Bunga Anuitas (Annuity Rate)

Mirip perhitungan bunga efektif namun dipengaruhi sisa pinjaman perbulannya. Bunga bulan menurun, nominal pokoknya naik. 

Kesimpulan Kelebihan & Kekurangan Pinjaman di Koperasi

a. Kelebihan

  • Mekanisme pinjaman mudah
  • Proses pengajuan dan pencairan cepat
  • Bisa tanpa jaminan
  • Suku bunga relatif rendah

b. Kekurangan

  • Keterbatasan permodalan
  • Daya saing lemah
  • Rendahnya kesadaran tiap anggota
  • Kurangnya tenaga profesional

Bagi Profesional Milenial yang cinta ide gotong-royong dan kekeluargaan, ini adalah pilihan finansial yang pas di hati. Namun, sebelum pinjam uang, perhatikan juga kemampuanmu untuk membayar cicilan tersebut ya. Jangan dirasa pinjaman online ini mudah, kamu mengabaikan cicilan di kemudian hari.

Alternatif Pinjaman Dana Cepat Online

Selain melalui koperasi, kamu juga bisa mendapatkan pinjaman dana cepat lewat beberapa aplikasi online. Ada banyak platform pinjaman online yang bisa membantu kamu mendapatkan dana secara lebih cepat dan aman. Apa saja itu?

1. Tunaiku

Untuk mendapatkan pinjaman tanpa jaminan dalam jumlah besar memang sedikit sulit. Apalagi situs dan aplikasi pinjaman kilat umumnya hanya meminjamkan dana maksimal Rp8 juta. Nah, bagi kamu yang ingin mengajukan dana lebih besar hingga Rp20 juta dan tanpa jaminan, kamu bisa mengajukannya di aplikasi Tunaiku dari Amar Bank.

Aplikasi ini menyediakan dana pinjaman hingga Rp20 juta tanpa jaminan. Proses pengambilan keputusannya pun hanya 24 jam, dan proses pencairan dananya maksimal 3 hari kerja, dengan tenor maksimal 20 bulan.

2. Cashwagon

Kebutuhan mendesak tidak melulu membutuhkan banyak uang, misalnya saja kamu butuh uang hanya untuk membeli kebutuhan sekolah anak yang hanya butuh 1-2 jutaan saja. Atau kamu butuh dana untuk pulang kampung sekeluarga dadakan karena ada keperluan penting. Nah, jika kamu butuh pinjaman untuk keperluan kecil tersebut, kamu bisa mengajukannya langsung di aplikasi Cashwagon.

Di aplikasi ini kamu bisa mendapatkan pinjaman dengan langkah yang sederhana dan proses persetujuan yang cepat, yaitu 24 jam sejak formulir online disubmit. Sedangkan untuk jumlah pinjaman yang bisa kamu dapatkan mulai dari Rp500.000 sampai Rp10 juta dengan tenor maksimal 40 hari.

3. Kredit Pintar

Jika kamu termasuk orang yang suka dengan penggunaan aplikasi, kamu bisa coba meminjam uang melalui aplikasi Kredit Pintar. Dengan layanan ini kamu bisa memilih jumlah dan tenor pinjaman sesuai kebutuhanmu dengan mudah.

Selain itu, cara mengajukan pinjaman pun cukup mudah, hanya dengan download aplikasi dan daftar dengan smartphone, kemudian isi data diri dan nomor rekening, kemudian kirimkan foto KTP dan selfie dengan KTP Anda. Lalu, proses verifikasi akan berlangsung, setelah itu pinjaman cair ke rekening.

Dengan aplikasi ini, kamu bisa meminjam uang maksimal Rp8 Juta dengan tenor pinjaman dari 2 bulan hingga 12 bulan, bunga kompetitif dan verifikasi yang kilat dimana uang cair dalam waktu singkat.

Nah itulah ketiga produk pinjaman yang bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan dana tunai atau melakukan kredit tanpa agunan dengan mudah dan cepat. Ketika kamu memilih kredit pinjaman atau layanan pinjam meminjam online, pastikan aplikasi atau situs tersebut telah terdaftar di OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir ketika terjadi hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Namun, agar hal ini tidak dibutuhkan dan kamu tidak perlu meminjam uang, ada baiknya kamu memulai investasi untuk mempersiapkan dana darurat di kemudian hari. Salah satu cara untuk mulai berinvestasi adalah dengan mendownload dan daftar langsung di Ajaib.

Di sini, kamu bisa memulai investasi reksa dana ataupun saham yang bisa disesuaikan dengan tujuan investasimu. Selain itu, Ajaib juga telah terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga kamu tidak perlu khawatir memulai investasi di aplikasi Ajaib. Yuk mulai investasi sekarang!





Source link

0 comments on “Potensi & Kelemahan Dana Cepat Koperasi Simpan Pinjam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *